Thursday, January 03, 2008

Sus


Description:
Udah lama gak makan kue sus, terutama sejak sadar kalo sus merdeka yang sedap itu tidak halal buat saya...hiks
Tapi gak sedih, bikin sendiri dong....hehe
Cuma emang bikinnya males banget...dasar...
Ini juga buat isiannya beli yang setengah jadi, tinggal dicampur air aja. Biar tambah sedap ditambah lagi whipped cream, jadi cream isinya terasa gurih dan lembut.
Hayu yuk....bikin sus...

Oh,iya...ini saya bikin juga satu variasi yang lain....kulitnya dibelah, trus dibalik atasnya, trus diisi vla dan diberi topping buah. Segar....



Ingredients:
Kulit (Sumber Primarasa):
100 gr mentega
200 ml air
1/4 st garam
150 gr tepung terigu serbaguna
4 butir telur

Isi:
100 gr rap instan (ato vla instan kemasan merk apa saja)
200 ml air dingin
100 ml krim kental, kocok sampai mengembang

Topping buah:
anggur, jeruk, peach, cherry

Directions:
1. Didihkan air dan mentega, masukkan tepung dan garam sekaligus, aduk hingga kalis, angkat dari api.
2. Panaskan oven 200 derajatC.
3. Setelah uap panasnya hilang, dengan menggunakan mikser, campur telur satu persatu hingga membentuk adonan kental.
4. Spuit adonan ke atas loyang datar yang diolesi sedikit margarine, panggang 20-30 menit hingga mengembang dan kering.
5. Angkat, lepaskan dari loyang, belah tepinya.
Notes:
Jangan buka oven selama pemanggangan, kalo dibuka sebelum waktunya, dijamin sus akan kempes dengan sukses

Isi:
campur rap dengan air dingin sampai mengental, campur dengan krim kental kocok, semprotkan ke dalam kulit sus yang sudah dingin.

8 comments:

Siti Mulyani said...

mba sus bikin sus.. hehehe
kmaren aku terakhir bikin gagall hiksss.. si susnya mleberrr...

Susi . said...

Telornya jangan kebanyakan, Nie....kalo 3 udah cukup kental, udah cukup, kadang kalo telornya gede, putih telornya banyak, suka jadi rada encer, makanya jadi mbleber...

Esti Harmiatri said...

Itu pake cetakan seperti apa ya? Pinggirnya jadi bagus. Tampilin dong foto cetakannya...

Bunda Estherlita Suryoputro said...

kayaknya cetkan pie ya ?

Susi . said...

Betul mbak Esther....biar seragam, saya pake cetakan pie....

Tina Amalia said...

nyontek ah kapan2 !!!

maria lubis said...

teh, di deket rumah saya ada tukang sus beken yang vla-nya nggak pake rum. enakkkkkkk ... tadinya saya sendiri nggak tau, malah dikasitau sama temen-temen kantor dulu. siapa tau mau nyobain, hehehe ... tapi harus mesen, nggak bisa dadakan.

evida kartini said...

cantik banget susnya.
ooh, sus merdeka gak halal??? baru tau saya
dulu pernah nyoba tapi gak gitu suka karena isinya krim
saya sukanya yang isinya vla