Sunday, January 27, 2008

Mengenang Pak Harto

Hmmm, klo udah meninggal, katanya gak perlu dikenang yang jelek-jelek, kenang yang baik - baiknya aja.
Seperti banyak orang awam lain, hal yang paling saya suka dari jaman pemerintahan Pak Harto adalah murahnya bahan kebutuhan pokok (termasuk uang sekolah), negara aman dan tentram, demo nggak semarak sekarang (please...jangan ada yang protes...hehe.... ini kan kacamata orang awam yang gak ngerti politik)

Semangat kebangsaan juga tinggi, sejak TK saya sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya, Tio? sampe sekarang saya masih susah payah mengajari dia lagu kebangsaan yang katanya "lagu apa sih ini, panjang banget"

Biarpun yayasannya banyak digugat orang,. tapi Yayasan Supersemar sangat berjasa bagi banyak mahasiswa kurang mampu, contohnya adik ipar saya. Dia hanya seorang anak tukang bakso keliling, tapi dengan semangat tinggi plus bantuan beasiswa dari yayasan supersemar, seorang anak tukang bakso yang kurang mampu seperti dia bisa menamatkan sekolah dokter gigi-nya. Teman kuliah saya pun yang kurang mampu banyak yang terbantu dengan beasiswa supersemar ini, biar jumlahnya hanya Rp. 40000/bulan tapi di tahun 90an, sudah cukup untuk membeli buku atau bayar SPP.

Program lain yang mungkin dirindukan oleh para ibu, POS YANDU. Pos Yandu membuat Indonesia mendapat penghargaan dunia, karena betulan meningkatkan kesehatan ibu hamil dan balita. Saya ingat saat itu, di kampung tempat saya tinggal, Pos Yandu selalu penuh oleh anak balita dan ibu hamil yang mendapatkan layanan gratis baik imunisasi maupun makanan tambahan bergizi (bubur kacang hijau atau biskuit marie).

Blom lagi KUD (Koperasi Unit Desa) yang waktu itu betul-betul jadi andalan petani di kampung saya untuk memperoleh modal bertani, beneran makmur deh petani di sekitar rumah saya.

Satu program lagi yang patut diacungi jempol adalah Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA), yang waktu itu ketuanya adalah Ibu Halimah Bambang Trihatmodjo. Sepertinya saat itu tidak terlalu sulit memperoleh bantuan GNOTA, selama memang betul si anak dari keluarga tidak mampu, bantuan langsung diberikan.

Klo liat sekarang, sedih kan...padahal program - program tersebut bagus banget, hanya karena dulu adalah ide dari pemerintahan pak Harto yang kemudian lengser, jadilah program yang sedemikian baik itu hilang begitu saja.

Pos yandu sekarang, tidaklah segala gratis, malah makanan tambahan yang diberikan sudah bukan lagi bubur kacang, tapi biskuit murahan seharga 500 perak yang saya juga nggak tega membiarkan Tio memakannya.

Beasiswa....hmmm....rada seret juga, tapi sekarang mencari mahasiswa miskin memang susah, soalnya gak ada orang miskin yang waras yang masih nekad buat kuliah...wong uang kuliah muahal banget.

GNOTA? entah udah kemana ceritanya....KUD...apalagi. Orang kampung saya sampai pada berhenti bertani, mereka menjual sawah, berikut rumah mereka, untuk kemudian tinggal di rumah petak kontrakan....ah sedih deh...

Satu hal yang saya gak pernah lupa tentang Pak Harto...
Saya pernah disetrap jaman SMA karena "kabur" saat diharuskan berdiri di pinggir jalan Merdeka (depan BIP) sambil melambaikan bendera merah putih untuk menyambut Pak Harto yang akan lewat. Saya kabur bukan mau senang-senang, tapi hari itu karena seluruh kegiatan belajar mengajar diliburkan, saya dan teman - teman memutuskan untuk pergi ke lembang mengadakan pelatihan untuk menjadi Penegak (hehe, saya kan pramuka)
Keesokan harinya saya dan teman - teman dipanggil guru urusan kesiswaan, ditanya alasan tidak hadir menyambut pak Harto, saya jawab begini " Pak, saya tidak hadir karena merasa acara menyambut presiden di tepi jalan bukanlah hal penting, lagipula, sudah banyak siswa yang menyambut presiden, sehingga saya dan beberapa teman memutuskan untuk pergi melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih penting lainnya."
Saya sangat ingat dengan wajah bapak guru tersebut, yang mulutnya terus menerus membuka menutup seperti ikan mas koki, sepertinya gak percaya ada anak yang berani jujur mengatakan bahwa menyambut kepala negara adalah tidak penting....hahaha...hingga akhirnya dia berkata dengan nada kesal "ya sudah, cukup penjelasannya....sekarang kamu skot jump 10 kali"..... Tapi...emang bener kan? berdiri di pinggir jalan seperti itu kurang penting?

24 comments:

Di' the Wonderwoman said...

Aku merasa kehilang figur bapak & kakek yg aku kenal sejak kecil. Biarpun banyak yg menjelek2an beliau, rasanya susah membenci seseorang yg sudah bersusah payah memimpin negara kita. Banyak kenang2an yg ada sangkut-pautnya dgn beliau. Bisa jadi, kalau kita mesti menuliskan riwayat hidup kita, mau tidka mau kita juga mesti bercerita ttg beliau. "Selamat jalan, Pak. Semoga Allah mengampuni, Pak."

Coni Immanuel said...

idem ditto dengan Dianadji.

Three Little Pigs TLP said...

Pak Harto meninggal ya? Kemarinan sempet baca soal kondisinya yang semakin parah. Akhirnya Beliau berpulang juga. Innalillahi wa inna illaihi rojiun...

Three Little Pigs TLP said...

Teh Uci.. bener.. berdiri di pinggir jalan kayak gitu kurang penting. Iceu juga pernah motong nyebrang jalan pas rombongan Sutiyoso apa siapa gitu mau melintasi jalan depan Plaza Indonesia. Orang masih jauuuuh banget, jauh deh belom keliatan gitu, cuman suara sirenenya sayup2 udah kedengeran. Mobil2 udah berenti dan kebetulan lampu merah. Lah.. masak kita kayak kambing congek mesti nunggu, emang niat Iceu nonton Sutiyoso lewat gitu? Iceu nyebrang deh.. eh dipelototin sama pak pulisi yang gendut brewokan item kebakar matahari. Yey.. kenape Pak, orang nyebrang pas lampu merah kan bener ye? Amit deh.. memperlakukan gubernur aje udah kayak dewa.

Pottre Medure said...

Komentarku tentang pak Harto, mbak: Oh well, nobody is perfect. :) So may Allah SWT has mercy on him, amin. :)

imgar imama said...

Innalillahi wa inna illaihi rojiun...

Dark Dark said...

Nggak pernah ada manusia sempurna...
Presiden juga manusia, kan.... sama aja nggak sempurnanya seperti kita...
Suka atau tidak suka, senang atau tidak senang....
Bagaimanapun beliau pernah menjadi pemimpin kita...
Innalillahi wa inna illaihi rojiun...

Susi . said...

bener, Di....sebetulnya banyak kok jasanya, Kompas hari ini ada khusus liputan tentang Pak Harto....cuma kadang orang lebih senang "mengumbar" yang jeleknya aja

Susi . said...

hihi...emang akunya bandel aja...

Susi . said...

setuju...mau presidennya siapa aja, dia hanya seorang manusia....

Di' the Wonderwoman said...

Padahal...kalau dirinya yg ditunjuk jadi pemimpin, bisa nggak berbuat yg sepertiganya aja kayak Pak Harto?

Widya Hidayat said...

Setuju banget mba...
Aku juga udah bikin review nya di MP ku...
Selamat Jalan pak Harto..

Siti Mulyani said...

Innalillahi wainalilahi rojiun, selamat jalan Pak Harto..smoga Allah menempatan tempat terbaik, smoga dosa2nya diampuni..terima kasih atas pengabdian nya pada negara ini...

Yenny Syahbuddin said...

he..he..jadi inget juga dulu waktu aku kelas 1 SD, pak harto mau datang ke kampungku, kita latihan ngibar-ngibar bendera kecil dan mejeng dipinggir jalan dari jam 7 pagi, pak hartonya lewat jam 10 , btw terlepas baik dan buruknya, beliau adalah mantan pemimpin kita yang tetap harus kita hormati...

molly maulina said...

Innalillahi wa inna illaihi rojiun...

ngalamin jg tuh ngibar2 bendera kecil tp di IKIP jaman TK deh..,
waktu itu sih rasanya bangga aja lho..blio dadah2 ke kita dari dalam mobil :">

Edsel's Mum Chien said...

thanks banget ya info mengubah imageku ttg beliau engga jelek semua .

Susi . said...

itu kan waktu TK, waktu SD juga masih seneng...tapi klo udah SMA? hehe...emang badung aja sih...

Melanie Iskandar said...

iya bener mba, pokoke setelah lengsernya soeharto, banyak banget perubahan yg terjadi di negeri kita, smua serba melonjak, semangat kebangsaan juga mulai kendor. Aduuuhh...gimana jadinya ya bangsa indonesia ini...heheheh jd curhat deh

Susi . said...

hmmm sebetulnya udah dari kemarin-kemarin pengen nulis, soalnya di MP kok lebih banyak yang nulis segala yang berkesan menggugat, mencaci dan cerita yang jelek-jelek.... jadi cerita yang positif juga dong....biar imbang, apalagi saya kebetulan sempat merasakan enaknya hidup di jaman pemerintahan pak Harto...

Maya Ekatrina said...

weleh weleh... kemarin di sepanjang jalan kuningan, ada juga tuh anak sekolah sd mana pada berdiri pinggir jalan dari pagi... kasihan ya.... wong yang di lambaikan tangan gak bisa mbalas aja, masih di suru berdiri desak desak di pinggir jalan...... tapi.... aku tetep berprinsip....beliau adalah putra bangsa terbaik... dari yang terburuk....yang selama ini ada.... "selamat jalan, pak!!!!"

vivi rahayu said...

Selamat jalan bp HM Suharto, setuju mbak....bagaimana pun beliau telah berbuat banyak tuk Indonesia *konotasi positif*.

Susi . said...

bener...tapi klo soal bediri di pinggir jalan...hehe ogah ah.... (ah emang pada dasarnya bandel aja...)

Susi . said...

betul..seperti kata mbak Dian....emang ada pemimpin lain yang bisa bikin kemajuan seperti Pak Harto buat dalam paling tidak 30 terakhir...*konotasi positif juga*

foni jumani said...

met jalan pak harto..aku lagi di india waktu itu engga tau pak harto meninggal.. padahal aku niatnya mau ksh penghormatan terakhir kalau beliau meninggal...