Thursday, January 17, 2008

Suatu hari di Polwiltabes Bandung

Sebetulnya SIM saya baru habis masa berlakunya bulan depan. Berhubung minggu lalu Tio masih libur dan ada waktu senggang, ya bikin gak pa pa, diperpanjang lebih awal.
Sejak bikin SIM pertama, saya selalu melalui jalur resmi....memang lama, tapi cukup puas (kecuali 5 tahun lalu, karena kondisi saya yang baru melahirkan, perpanjang SIM dibantu oleh seorang polisi kenalan saya)

Sampe di Polwiltabes jam 8 kurang dikit. Cari parkiran susah bener...lupa kalo bisa parkir di halaman gereja katedral, jadi aja harus jalan dikit, da dapet parkir di ujung jalan jawa yang deket SMP 5.

Gak lupa bawa "perlengkapan perang" hehe... buku bacaan The Subtle Knife (lanjutannya Golden Compass), sebotol air mineral, permen, wafer, coklat, biskuit, buavita dan tissue...

Biarpun ada pengumuman ngejeblak segede begini
Sayang tulisan di sampingnya gak kefoto "Silakan mengurus sendiri SIM Anda, jangan gunakan jasa calo"

Teuteup...calo bergentayangan, dari mulai pedagang teh botol, polisi berpakaian seragam, pegawai yang berpakaian sipil, sampe bapak-bapak bertuliskan Provoost di lengannya, siap menyapa dengan ramah untuk menawarkan jasanya.

Saya memulai "perjuangan" dengan masuk ke klinik, di sisi kanan pintu masuk utama. Di sini udah ada sekitar 10 orang yang duduk di ruang tunggu. Saya mendaftarkan diri ke petugas perempuan dengan menunjukkan KTP. Masuk sini jam 8.05, pemohon SIM baru dipanggil jam 08.15, tapi yang masuk lewat pintu belakang (maksudnya gak pake daftar ke meja pendaftaran)... huh banyak banget.
Menyebalkannya, semua dilakukan terbuka, gak pake malu.

Saya baru dipanggil jam 08.55. Ditanya tinggi badan, trus menimbang... dan waks...cukup mengagetkan hasilnya, karena berat saya sekarang 50 kg, jadi dari semenjak melahirkan, naik 5 kg (naik 10 kg dari masa gadis)... gawat.. harus olahraga lagi nih.

Trus dites buta warna....lolos dong, karena memang saya gak buta warna. Kirain gratis...ternyata bayar Rp.10.000

Berbekal surat keterangan sehat, saya menuju loket 1 (sesuai papan petunjuk kan?). Ternyata loket 1 masih tutup dan sebelum masuk loket 1 ternyata harus ke loket 8 terlebih dahulu... waduh gimana sih... di papan petunjuknya gak ada perintah ke loket 8.

Loket 8 adalah loket asuransi, disini SIM, KTP dijepret jadi satu dengan formulir pendaftaran. Gratis? enggak lah... bayar lagi Rp.15.000. Yang agak bikin keki, di sini berkas harus dimasukkan map...saya bawa sendiri dong...ternyata si mapnya harus beli....idih....harganya Rp.2000, map warna biru ada tulisan polwiltabesnya.

Udah ke loket 8, baru ke loket 1. Loket 1 baru dibuka jam 09.15, tapi aktivitas sudah berjalan di dalamnya sejak jam 8 tadi (yang calo-calo), dan lagi-lagi semua kegiatan tersebut dilakukan terang-terangan...

Di loket 1, berkas diperiksa, terus menunggu dipanggil ke loket pembayaran.

Gak lama, sekitar jam 9.35, saya dipanggil buat bayar biaya perpanjang SIM Rp. 60.000 (kalo bikin baru Rp.75.000), trus dapet kuitansi.

Dari kasir, masuk ke ruang teori. Biar statusnya bukan bikin baru, tetap harus masuk untuk menyegarkan kembali ingatan tentang etika berlalu lintas.
Ruangannya besar, saya menunggu hingga pukul 10.00 sampai ada polisi yang merefresh tentang etika berlalu lintas. Yang menarik.... yang antri bikin SIM kan bejibun...tapi yang masuk ruang teori, saya hitung, gak sampe 50 orang.... Pantes aja lalu lintas berantakan, wong pemilik SIMnya jangan-jangan gak ngerti soal etika berlalu lintas.

Selama kurang lebih 30 menit, kami diingatkan kembali tentang etika berlalu lintas, cara penyampaiannya menarik, tidak membosankan, tapi sayang...kok dikit yang mau meluangkan waktu untuk duduk di sini.
Selesai ceramah, waktunya mengisi formulir, dan kami diminta datang ke loket 7 jam 11.15 untuk difoto. Kalo pemohon baru lanjut ke tes tertulis dan ujian mengemudi.

Tiba-tiba ada pengumuman.....mesin pencetak SIMnya rusak, jadi hari ini hanya bisa diselesaikan hingga pemotretan, SIM diambil hari jumat (karena hari kamisnya libur).
Argh...ada-ada aja...

Ruang tunggu foto sudah penuh sesak waktu saya tiba. Untung masih kebagian tempat duduk. Jadi sambil duduk baca buku, bisa sambil buka bekal.
 Lagi-lagi saya dikesalkan oleh kelakuan para pemohon SIM yang menggunakan jasa calo secara terang-terangan. Terang-terangan mereka langsung masuk ditemani oleh petugas-petugas berseragam... hrgggg (langsung bertanduk)
Kapan coba, negri kita bebas dari yang begini-beginian....

Setelah menanti dengan sabar, akhirnya saya dipanggil untuk difoto jam 11.45. Udah foto, langsung pulang....soalnya SIM baru jadi lusa.

Balik ke parkiran mobil...eh...si tukang parkirnya menolak dikasih uang parkir Rp.1000... alasannya.... pake mobil mercy kok bayar parkir seribu....gubrak.... Gak tau dia... kalo itu Mercy adalah mobil pinjeman....karena VW kodok saya lagi "diopname".

Paling tidak hari ini saya hanya menghabiskan uang sebanyak Rp. 89.000 (+parkir) untuk memperpanjang SIM. Nanya-nanya ke orang lain... perpanjang SIM via calo Rp. 225.000.... wow fantastik kan... berapa duit gak jelas yang hilang ke kantong oknum-oknum di sana....


 

23 comments:

molly maulina said...

gile yaa udh mulai calo2 lagi..
waktu taun 2005 kemaren...mo perpanjang sim..krn waktu terbatas udh niat jelek mo pake calo ha ha tauna gk ada calo seekorpun...:P
udh deh urus sendiri..gk lama koq 1/2 hari aja itu jg krn smepet sy tinggal jalan2 ke yogja sunda heula alesan laper + laper mata hihi...
skrng udh balik lagi ke 'asal ' yaa :(?

Deshinta Arrova Dewi said...

seru banget
salut deh, Susi udah pergi sendiri dan mengurus segala sesuatunya sendiri..:-))

Wiwie ... said...

3x bikin sim di situ juga, data tinggi badanku ga pernah bener, terakhir malah lebih tinggi 10cm dari aslinya. bisa begitu ya? :)

Bunda Estherlita Suryoputro said...

tahun lalu sim aku mutasi dari bontang ke bandung emang hanya sejam....
pake calo polisi...
cepet dan antre bentaran ajah...
kalau pake jalan lurus bisa2 aku gak kemana mana selama di bandung ,
apa boleh buat deh...

kadang emang calo neh nyebelin tapi kalau kepepet kayak aku , ada untungnya juga...

Regina B said...

mestinya sih, cepet bikinnya. cuma ya itu lah kebanyakan jam ngeteh dan ngopinya. di tempat fotonya entah ada berapa org yg ngerjain. padahal mah ngefoto jg cepet toh udah digital dan diset ini. ;p

waktu aku bikin sim di jkt pake jalur resmi sih dan lumayan cepat.

Eva Handoko said...

Di Surabaya katanya ada SIM Corner, perpanjang SIM dg lokasi di Mall... cepat, teratur dan tanpa calo...
Di Jakarta juga ada sih Mobil2 perpanjangan SIM yg nonkrong di beberpa tempat.
Kalo di bandung ga ada ya....

va nukman said...

wah Ci, kodoknya masih idup tho?
warnanya masih putih?
:D

Siera 2505 said...

kl di jakarta bisa urus di polres atau mobil SIM, cuma 100rb langsung poto & jadi

Susi . said...

emang...pokoknya mah asal udah foto, tinggalkeun ka BIP biasanya juga. Tapi kemarin mesin cetaknya rusak, jadi pulang aja, diambil jumatnya

Susi . said...

hehe...abis sayang, masa duit 100ribu lebih mesti dikasiin ke orang lain.... mending dipake makan-makan :D

Susi . said...

namanya juga diukur rame-rame...yang penting mah kira-kira segitu...qiqiqiq

Susi . said...

Bener, mbak.....kalo punya waktu, segala saya urus sendiri, tapi tahun lalu, pas baru melahirkan, ya minta tolong orang juga, soalnya gak mungkin berjam-jam nangkring di situ sambil bawa bayi

Susi . said...

hehe, kalo di sini mah yang bikin lama kan banyak orang yang nyerobot antriannya

Susi . said...

Ada, tapi cuma 1, dan gak tiap hari "ngider"

Susi . said...

Va...emang VW saya putih? qiqiqiq...hijau lagi...tapi sekarang udah dicat warna merah

Susi . said...

di bandung mobil SIMnya cuma 1....

lila shusilawati said...

3x bikin sim (plus gara2 kecopetan) selalu lewat belakang...
tapi gak pake calo kyk gitu. lewat temen soalnya...
(dapet temen polisi nya aja another story ya ci...)
klo lewat temen gw gak lewat depan loketnya malah. semua dari belakang loket.
jadi gw gak pernah liat tampang2 bete yg lagi antri. (actually klo gw liat mreka gw suka feeling guilty jg, gw kan motong kompas)

tapi temen ku skrg dah pindah tugas. next time mo cari mobil sim aja...

yohana halim said...

2 kali bikin SIM, aku pake biro jasa. tadinyanya aku pikir kalo mau bikin SIM memang kudunya pake biro jasa, ternyata nggak toh ? (hihihihihihi pertanyaan gak mutu...)

Susi . said...

siapa? si Iwan tea?

Susi . said...

gak perlu atuh neng, asal...punya waktu aja, dan sabar...makanya saya bawa bekel seabrek-abrek... dimobil masih ada setumpuk tintin, bisi kurang bacaan hehe

ary n. siswanto said...

TFS, mbak. Besok mau bikin sim jadi perlu info ini. tahu dari eva.:)

Susi . said...

silakan, mbak...soalnya kapoldanya baru, jadi masih rada bener...hehehe:D peace ah pak kapolda!

celestine yoviana said...

Alo semua,

Mau minta tolong nih... saya kebeneran sedang cari calo/biro jasa untuk memperpanjang SIM di bandung tanpa kehadiran saya disana, apa ada yang bisa bantu kasih info ? Soalnya saya kebetulan tinggal di Romania, dan SIM indonesia saya hilang...Saya mau apply SIM disini, tapi saya perlu SIM indo supaya ga perlu melalui tes / driving school lagi.....:(
Kalo ada yang bisa bantu pleaseeeeeeeeeeeeee.....kirim email ke celestineyoviana@yahoo.com atau posting disini juga ga pa pa kok...
makasih banyak loh semuanya...tolong dibantu yah ..:)