Monday, November 26, 2007

KBB #2: Chocolate Mousse Cake


Ini adalah kali pertama saya bergabung dengan Klub Berani Baking. Karena salah mengerti (saya pikir yang ikut KBB hanya pemilik blog di blogspot saja), maka say a ketinggalan KBB tantangan pertama.

 Tantangan kedua adalah membuat Chocolate Mousse Cake. Yang jadi hostnya adalah mbak Ema.

Pas terima resep langsung "jiper", bukan karena sulit bikinnya, tapi karena harga bahan-bahannya yang rada-rada "selangit" untuk ukuran di Indonesia. Maklum, sejak lebaran, kayaknya si bahan-bahan kue ini cenderung naik dan tampaknya gak ada rencana untuk turun.

Atas inisiatif Linda, maka kami member KBB yang di Bandung, sepakat untuk mebuatnya bareng-bareng, untuk menghemat bahan baku. Maka, berkumpul-lah kami bertiga, saya, Linda dan Yohana di dapurnya Yohana.

Yang pertama kami buat adalah alasnya, dari resep aslinya, dikatakan untuk loyang ukuran 26 cm, karena kami gak punya loyang ukuran segitu, dan rencananya akan dibuat dalam mika (karena bikinnya rame-ramejadi harus dibikin gampang membaginya), jadi pake loyang ukuran besar, trus sesudah matang, dipotong-potong sesuai besar mika.
Ini deh hasil kue yang dipotong-potong.

Tekstur cakenya seperti yang kami bayangkan, manis dan seret, soalnya gak pake lemak sama sekali, trus untuk ukuran kami sih, manis banget rasanya, jadi kalo besok-besok bikin lagi buat konsumsi sendiri, pasti dikurangin gulanya deh...

Udah gitu, mulai bikin moussenya. Karena konsumen kami bertiga adalah anak-anak kami sendiri, gak tega kalo pake telur mentah, jadi si kuning telur kami kocok di atas api biar yakin matang.


Bikin Moussenya juga nggak ada kesulitan, tapi kami memilih untuk mengganti putih telur dengan whipped cream, jadi hasilnya lembut dan gak gerindilan.


Tapi...pas dicicip...lho kok asin banget..... oh no.....ternyata kami pake salted butter, ya sutra lah.....yang penting atasnya diberi olesan yang manis....mudah-mudahan asinnya agak tersamar.
Karena mousse harus dibiarkan selama 4 jam di kulkas, kami langsung bubar sambil membawa cake mousse setengah jadi untuk dilanjutkan dikerjakan di rumah masing-masing

Dan...inilah hasil akhirnya.....cantik kan?

yah...lumayan deh, rasa asinnya agak tersamar oleh whipped cream dan lapisan coklat di atasnya. Pada dasarnya....gak sulit ternyata bikin chocolate mousse cake ini...cuma emang rada mahal dikit tapi...rasa sebanding dengan harga dong... Gak sabar nunggu tantangan berikutnya...BTW...resepnya aku taruh di sini ya....

18 comments:

Ema Yudistira said...

duuhhh dr ceritanya seru..apalagi hasil akhirnya...hebat nih yg di bandung....bisa bikin bareng...:) cantik mbak cake nya....:)

yusy sriwindawati said...

cantik banged dech...

Syanti Dewi Erawati said...

siriiikkkk tie ga sempet bikinn.... wah hebat bagus2 tuh ;))

Monike San said...

jadinya cantik banget lho..

Rini rienee said...

Ide bagus Susi............
Love, Rini

Hilyatul Aulia said...

look yummy

imgar imama said...

mauuu...

belly pancasakti said...

seru amat ya Ci? ngan bisa ngacai yeuh! :(

yohana halim said...

jenk.....yang punya dirimu jadinya cakep banget ya......emang beda tangan yang dah ahli n yang amatir kayak aku....hahahhahaha

Susi . said...

hehe...itu mungkin efek difoto di kebon pake kembang....kan sesuai saran ibu guru fotografi kita...berfotolah di luar rumah...

ezza mizushima said...

hmm... yummy.... banget kliatannya... ;)
keren bo...
waktu ezza bikin pake putih telur gak gerindilan tuh mba, lembut juga, lebih lembut malah drpd pake cream.

Monica Tan said...

Cantiknyaaaa....

Janti Cahya Purwadi said...

aku ikutan dong kalo ada acara kbb lagi...aku ikutan sediain bahan2nya boleh deh sama bagian bantu2nya...

Welly Ferdinand said...

Cantik ya dibuat pake mika gitu.. :) jadi ngiler..

Siera 2505 said...

cantik kuenya...

Nenden Sriwulandari said...

Kereeen abis....

arfi binsted said...

seru banget! jadinya cantik, ga berasa asin *iya lah wong cuma nontonin fotonya hihihihi* well done, Ci!!

Maya Ekatrina said...

woalah.... hebat...cantik buangetzzzz......