Wednesday, November 21, 2007

Kangen.....

Saking sebelnya lihat tayangan sinetron di televisi Indonesia yang gak kenal waktu (dari pagi sampe pagi lagi...please deh..)
kok saya malah jadi kangen sama satu tayangan yang mulai "punah" dari televisi Indonesia....Telenovela.

Awal tahun 90 sampe 2000 kayaknya gak ada satupun televisi yang bebas dari telenovela (kecuali metro tivi tentunya)

Biar dulu sebel, dikit-dikit telenovela, tapi setelah sekarang gak ada, kangen juga. Kalo diliat dari cerita sih, sama aja sama sinetron jaman sekarang...rada gak masuk di akal, tapi toh menghibur juga sih, yang pasti, bikin ketagihan.

Saya masih inget sama telenovela yang saya tonton pertama kali judulnya Wild Rose di RCTI tiap jumat siang...hehe masih hafal banget deh. Dulu masih dubbing bahasa Inggris, jadi para pembantu masih belum berminat nonton.
Setelah cerita si Rossy itu selesai, mulai banyak deh telenovela2 lain dan serunya, kali ini ceritanya lebih mudah diikuti karena didubbing dalam bahasa Indonesia.

Ada 2 judul yang beneran jadi favorit ibu-ibu yaitu Maria dan Esmeralda.
Kedua telenovela itu "terpaksa" saya tonton, soalnya waktu itu semua perempuan (ibu dan 2 adik perempuan saya) di rumah,  nonton 2 telenovela tersebut.

Ceritanya sama aja sih, gadis miskin yang terpikat lelaki kaya, tapi setelah menikah, disia-siakan, ya udah deh, sepanjang cerita menderita melulu akibat disiksa lahir batin oleh tokoh antagonis dalam cerita tersebut, tiada hari tanpa air mata deh...tapi happy ending.

Biarpun saya gak nonton tiap hari, karena jadwal kuliah yang padat, tapi tetep bisa ngikutin ceritanya, karena intisari cerita satu episode emang cukup dirangkum dalam satu kalimat saja...hehe. "Bumbu"nya aja yang kebanyakan, yang membuat satu episode jadi panjang.

Gara-gara telenovela, di masa itu jadwal rapat dan arisan ibu-ibu gak boleh sampai mengganggu jadwal nonton telenovela.
Saya ingat banget, tiap rapat KIKK (keluarga istri karyawan dan karyawati) di kantor bapak saya, para ibu selalu memilih waktu yang gak bentrok sama telenovela. Pokoknya, paling lambat jam 3 sore, rapat harus sudah selesai karena jam 1/2 5 sore ada Esmeralda, jadi harus ada space waktu buat masak dulu sebelum nonton.

Akibat dasyatnya pengaruh telenovela di masyarakat karena berhasil membuat penontonnya "nyandu", sejumlah tokoh masyarakat sempat mendemo keberadaannya dan kritik keras di media-media, tapi biasa deh... anjing menggonggong kafilah berlalu, lha wong penontonnya banyak, iklan mengalir deras, ya telenovela jalan terus....tancap bleh..

Sekian tahun hidup dengan telenovela, hanya ada sekitar 5 judul yang saya tonton (kalo sempet), Maria, Alicia, Esmeralda, Gadis Pemimpi, dan Betty la Fea

Betty la fea adalah telenovela terakhir yang saya tonton....masih gak masuk akal juga sih ceritanya, tapi hehe lumayan lah, menghibur hati melihat usaha Betty menyemangati tim "buruk rupa" di kantor tersebut untuk selalu percaya diri dan menerima diri apa adanya.

Sekarang....udah gak ada telenovela...kok ya kangen...kangen sama cerita cintanya yang gak masuk akal itu, juga percakapan para tokohnya yang "menggelikan" akibat di dubbing ke dalam bahasa Indonesia, tapi ternyata menghibur juga.

Oh...telenovela...I miss u....

photo taken from : http://www.serials.ru/galleries/en/maria_la_del_barrio

14 comments:

Nita Aryanti said...

Hehehe..telenovela..Iya dulu sampe eneg liatnya. Kynya yg pertama malah yg tokohnya Isaura. tayang di mana ya..Sepertinya di TVRI

Agnes Tri Harjaningrum said...

Hayyaa hihi duuh susi, bikin aku kangen jg neh ama Maria mercedes hehe, tp daku mah dulu emang niat nonton ditungguin ko, demen hehe, cuma yg berikut2nya sih boseen ...

belly pancasakti said...

saya cuma nonton satu aja, wild rose itu, zaman kuliah, selebihnya setelah jadi ibu2 malah lewaaat..:)

Susi . said...

Oh...Isaura itu telenovela ya...hehe abis dulu masih smp apa sd gitu pas ada isaura...

imgar imama said...

skrg kan indonesia juga jagoan bikin sinetron yang kaya telenovela itu. tayang setiap hari. full dengan intrik. ceritanya gak selesai-selesai.. :D

imgar imama said...

skrg kan indonesia juga jagoan bikin sinetron yang kaya telenovela itu. tayang setiap hari. full dengan intrik. ceritanya gak selesai-selesai.. :D

Yenny Syahbuddin said...

he..he.. jadi inget pas kuliah ada tukang jual ayam bakar yang digelari maria mercedes sama temen2 se-kos, abis lapak jualannya kan cuma tenda kecil cuma penampilan yang jual ..., hmm...pake sepatu hak tinggi

Ena Lubis said...

hmmm.. waktu kuliah seneng ama Gadis pemimpi tuh.. lucu soalnya... ^_^

yohana halim said...

telenovela yang terakhir gw tonton judulnya kalo gak salah "paulina" gitu,...tayang di TPI......itu juga gak ngikut banget semua serinya....

Siti Mulyani said...

aku juga pernah nonton telenovela..hihi jaman sma dulu kalo skolah siang pagi2 nonton telenovela..paling inget sampe skrg Rosalinda..si ratu telenovela Thalia..yg sempeta tergila2 dan terkagum2 sama body dan rupanya yg cuantikk.

yulia sekar said...

hahaha...suka banget ama si rossi...lugu..,greget..
kangen juga..

jon jon said...

ada yang punya lagu alicia ama esmeralda ga???? up load tin donk

Cowboy danCow said...

escrava isaura !!...setiap minggu di TVRI jam 12.30 setelah dari "gelanggang ke gelangang"...:D

Aini Puteri said...

sama mak.. aku juga kangen banget sama telenovela...

kapan sih di puter lagi dan jadi banyak kaya dulu ya