Tuesday, July 10, 2007

BF....oh BF......

Sedikit cerita.....soalnya udah lama gak posting....sebenernya udah dari kemarin mo cerita tapi malu, pemula aja tapi sok-sok-an ikut lomba...... tgl 28 Mei kemarin saya ikutan lomba menghias black forest di Giant BSM.

Iseng aja, soalnya hadiahnya voucher 500 ribu.Trus yang dilombakan adalah kerapihan, kebersihan, keindahan.....dan benar tidaknya bahan-bahan yang dipakai.Jadi di meja disediakan aneka coklat dari mulai coklat chip, coklat bubuk, coklat serut, sampe coklat blok, trus cake coklat, cake vanila, ada chery merah, chery hitam, butter cream, whipped cream dll, jadi kita harus memakai bahan standar untuk black forest....

Sempet keder....apalagi suami juga gak terlalu mendukung.... katanya iseng banget ikut lomba begituan (soalnya saya emang gak suka ikut lomba rame2 gini kecuali di sekolah ato di RT RW), trus peserta lain itu ternyata hampir semuanya tukang kue, yang rata-rata udah sering terima pesenan black forest.......

sementara diriku???Bikin black forest pertama umur 12th, gagal total, karena pengetahuan yang masih kurang, udah gitu kapok gak pernah bikin lagi. Tahun lalu bikin BF buat ultah suami, gagal juga..... kuenya keras banget, trus hiasan serutan coklatnya gagal total, jadi kuenya berubah jadi fruit cake (ada ceritanya di sini ).

Baru berhasil waktu Tio ultah.... tapi itu juga dihias edible emage jadi emang hiasannya standar banget, setelah itu gak pernah bikin lagi.

Akhirnya lomba dimulai....deg-degan....apalagi liat peserta gelombang pertama yang kayaknya udah....set...set...set... ngoles2nya enak banget.....udah pada oke lah.....

Peserta lain juga bawa suporter banyak banget, kalo saya sih akhirnya gak bawa suporter, karena ayah Tio hari itu terbang ke Aceh, trus kakek nenek Tio lagi jalan2 entah ke mana, oom dan tantenya Tio juga sama.

Pede aja, cuma bawa Tio doang.

Yang saya kerjakan duluan, ngebelah cake jadi dua, trus dioles pake air cherry hitam, baru ditimpa sama whipped cream, baru cherry hitam disusun di atasnya. Duh, yang namanya tangan, gemeteran banget, soalnya ditonton banyak orang, plus diliatin ama juri. Setelah ngoles selapis Whipped cream lagi, terus ditumpuk lagi pake cake, trus seluruh kue dioles whipped cream.

Pas sentuhan terakhir, setelah coklat serut ditempelkan ke seluruh kue, tau-tau....cherry merah buat hiasannya diabisin semua sama peserta yang di sebelah.....hgrrrg....bete banget. Untung udah punya persiapan, bawa cherry bertangkai dari rumah, akhirnya si kue selesai dalam waktu 10 menit.

Setelah selesai semua, karya peserta dideret, trus dinilai dengan cara dicek betul tidaknya bahan hiasan yang dipakai, jadi kuenya dipotong buat lihat betul apa tidak di dalamnya ada cherry hitam dan dioles whipped cream.

Ternyata dari penilaian ini, ada dua peserta yang didiskualifikasi, yang satu lupa mengoleskan whipped cream di tengah kue, yang satu lagi tidak memakai cake coklat, tapi memakai cake vanila.

Lega....lolos di babak ini.Selanjutnya, hiasan luar, ternyata rata-rata sudah benar. Kemudian juri siap-siap berunding deh...Setelah menunggu sekitar 30 menit, pake deg-degan, akhirnya diumumkan deh pemenangnya....

Ternyata black forest yang dihias oleh saya yang berhak menjadi pemenang.....Alhamdulillah.

 Tio seneng banget, soalnya dia udah niat banget, pengen beli.... susu hehehe, dasar anak kecil.

Terus dewan juri menyatakan bahwa saya menang mutlak karena tidak ada kesalahan satu-pun dalam memakai bahan. Cake yang dipakai adalah cake coklat, cake dibelah dua, kemudian dioles air cherry hitam banyak-banyak, kemudian dioles whipped cream, diberi cherry hitam, baru ditutup cake, kemudian di seluruh kue dioles whipped cream, ditaburi coklat serut, kemudian di atasnya diberi hiasan cherry merah bertangkai.

Tak disangka, ternyata kebiasaan memperhatikan pakem pembuatan black forest klasik di buku-buku, juga memperhatikan di milis-milis masak, bisa bikin saya juara. Kemudian Pastry Chef dari Bakery Giant juga mengingatkan, mau dibentuk apapun juga, yang namanya black forest itu harus ada unsur cake coklat, lembab, cherry hitam, whipped cream dan coklat serut. Ini jadi satu masukan baru buat saya, jadi meskipun si BF ini kita modifikasi seperti apapun, komponen-komponen tersebut harus ada.

Nah ini dia hadiahnya......voucher belanja dari Giant senilai 500ribu rupiah..... hehehe.




Langsung belanja deh.....Tio jadi bisa beli karpet buat di kamar barunya.....terima kasih Giant.....

19 comments:

Coni Immanuel said...

Selamat ya mama Tio, hebat deh
ternyata lomba nya kayak ujian sekolah ya...
teorinya mesti diikutin :P
Jadi terinspirasi nih...
BF sini garing pisan :P

Stella Utomo said...

Selamat yah.....karpetnya bagus amat, pasti deh Tio senang sekali.... :-)

Sofie Dewayani said...

wah, selamat ya...kalo di bandung pasti saya udah pesen deh BF-nya :-)

"Aaada Orin!" Orin! said...

kuenya cakep, karpetnya juga cakepo, hebaaaaaaaaat

Susi . said...

Hehe....terima kasih......iya tuh....Tio udah naksir karpetnya dari lama banget..... kesampean deh.....

cyjo beruang said...

Selamat ya mbak.. ;)

molly maulina said...

Slamet yaa Ci hebat euy...mayan banget hadiahnya yaa...dooh tio seneng dong kecipratan hadiah ibu.
Jadi inget ttg BF, pernah ada temen pesen ke sy (ha ha baheula mah PD terima pesenan ) eh tauna rada komplen gitu deh krn hiasannya meleleh (padahal udh diwanti2 masukin kulkan begitu sampe rumah) ceuk nu mesen teh klo dia bli di toko anu gk pake masuk kulkas ha ha itu sih BF palsu dong klo pake BC mah yaa...

Ag P. said...

selamat ya

TomInta Family said...

ngiring bingah Bu............;)

erna komara said...

senengnya............., selamat ya.........,

Nining Soeryono said...

selamaat yaaaaaaa :D

Esti Harmiatri said...

Selamat ya dari hasil kerjanya akhirnya menang.

ei thea said...

selamet yaaaaaaaaa, hebring euy si teteh ....
trus komentar ayah Tio apa kekeke...

Siera 2505 said...

selamat...ibu menang anak senang hehehe

Haley GR said...

selamaaaaaaaaaattt!!!

Efi Andra said...

wah suprise ... congrat yach bu ... suwer baca cerita Teteh bikin merinding dan gemetaran seakan aku yang ikutan tanding... wah keren banget yach karpetnya....beli di giant juga mbak ...

indah astuti said...

wah...selamat teh uci...ikut deg2an ngikutin ceritanya.alhamdulillah hepi ending..

Susi . said...

Terimakasih semua......hehehe....mau tau apa komentar ayah Tio? "Juara satu? ah masa!"......hrggggg.....gemes banget...

Agnes Tri Harjaningrum said...

ck..ck..ck..hebat! Terbukti deh sus udah bakatmu. Ikut bangga nih sebagai teman cie :-)