Monday, April 14, 2008

Manajemen Memasak Banyak

Hehehe...hidup bersama keluarga besar, harus terbiasa dong masak banyak.
Dari mulai Uyut, Nenek, Ibu, semua hobby masak. Kalo terus diturunkan pada saya, wajar kan...
Akibatnya keluarga kami sering "ditodong" untuk memasak.

Sewaktu kopdar NCC di Bandung kemarin, sedianya kami mau pesan nasi liwet, tapi dengan segala harga yang membumbung tinggi, sepertinya uang yang kami kumpulkan tidak cukup untuk memesan nasi liwet untuk sebegitu banyak orang.
Akhirnya setelah menghitung sana-sini, kami putuskan untuk memasak sendiri saja, tentu saja hidangan rumahan biasa, tidak ala restoran deh, toh hanya untuk 30 porsi saja.

Bikin 30 porsi buat saya sih sedikitbeneran.... soalnya kalo lebaran, saya biasa masak untuk porsi lebih dari 100 orang, soalnya selain masak untuk keluarga sendiri, saya juga memasak untuk keluarga suami di jakarta, dan keluarga2 lain yang numpang sekalian dimasakin...hehehe

Ada yang tanya...gimana sih manajemennya memasak begini banyak?

Sebetulnya gak sulit, ini step by stepnya:
Sehari sebelumnya, pagi-pagi belanja ke pasar.
Menunya Nasi, tahu goreng, ayam goreng, ikan asin, sayur asem, tumis jagung muda, tempe kecap, ulukutek leunca, sambel lalab +krupuk.

Daftar belanjanya : ayam 3 kg, tahu 30 potong, tempe 2 bungkus besar, beras 3 kg, ikan asin 3 bungkus (semula mau ngegoreng ikan asin sepat, sayang gak ada), labu siam 1kg, jagung manis 1 kg, jagung muda 1/2, buncis 1 kg, kacang panjang 1/2 kg, kacang tanah 1/4 kg, cabe gendot (yang gendut dan pedas) 1/2 kg, petai kupas 1 ons, bawang merah 1 kg, bawang putih 1/2 kg, bawang bombay 1/2 kg, kemiri 1 ons, cabai merah 1 kg, cabai rawit 1 ons, lalaban, bawang daun, daun melinjo dan buahnya, leunca 1 kg, oncom 1 potong besar,tomat 1/2 kg, krupuk palembang siap makan 1 bungkus besar.

Sampai di rumah, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai merah secara terpisah.
Ayam langsung diungkep pake bumbu kuning, dinginkan, trus simpan dikulkas buat digoreng besok pagi.
Tempe dipotong-potong dadu, trus digoreng, dinginkan, simpan di wadah kedap udara, masukkan kulkas juga.
Ikan asin digoreng, dinginkan, simpan di wadah kedap udara.
Sayuran disiangi, dipotong-potong, trus simpan di wadah kedap udara, simpan di kulkas.
Tahu segera dicuci, rendam dengan air matang, simpan di kulkas.

Siang menuju sore, saya masih sempat bikin 3 macam kue pesanan teman (klappertart, penylane Brownies dan Blueberrycheese roll)

Malamnya, jam 19.00 masih sempet pergi ikutan walking tour Urban-dung Legend sampe jam 22.30. Sampe rumah jam 23.15, langsung tidur, stel alarm jam 03.00.

Jam 03.00 bangun, trus langsung masak nasi pake 2 rice cooker.
jam 03.30 bikin bumbu pake bumbu2 halus kemarin.
Sayur asem : bawang merah, bawang putih, kemiri, sedikit cabe merah, daun salam, lengkuas, asam jawa, garam gula
Ulukutek Leunca : bawang merah, bawang putih, kencur, garam, oncom diulek jadi satu
Tumis jagung muda & Tempe masak kecap+cabe gendot: irisan bawang bombay, bawang putih cincang, garam dan tomat iris
Keluarkan semua bahan dari kulkas

Jam 4.15 bumbu sudah siap, istirahat bentar sambil nunggu sholat subuh.
Jam 4.30 Sholat subuh, trus jam 4.45 udah mulai masak

Saya pake kompor 4 tungku, semuanya langsung dimanfaatkan,
Tungku pertama bikin sayur asem
Tungku kedua numis jagung muda
Tungku ketiga bikin ulukutek leunca
Tungku keempat bikin tempe kecap

Jam 6, semua sayur sudah siap 

Lanjut sama menggoreng tahu dan menggoreng ayam.

Jam 7.30 udah beres menggoreng, tinggal bikin sambel. Kenapa terakhir, soalnya nunggu minyak bekas goreng ayam, buat numis sambelnya biar ada rasa-rasa ayamnya 

Jam 8.00 selesai, tinggal pergi nyoblos buat pilkada

Nah...kalo terus saya tetep telat sampe magentanya...hehehe, mohon dimaafkan karena mengangkut makanan berikut piring makannya gak cukup pake si kodok, jadi harus nunggu dulu pinjeman mobil yang agak besar yang sedang dipake jalan-jalan dulu 

Begitu deh rahasia dapur saya, karena sering jadi dapur umum, saya punya banyak stok kompor, piring, mangkok, gelas...hehehe, jadi kalo kepepet keluar semua, jadi bisa cepet...maklum semua ngerjain sendiri.

123 comments:

Alif-Aksa Nugroho said...

wuaaaa ilmunya bisa dicatet utk dipraktekkan nih

erna komara said...

huahaaaaaaaaaa, bentar lagi Uci buka catering.....,

Endah Quatri said...

waaaaaahhhh... emang salut dech buat mba ...

Bunda Estherlita Suryoputro said...

hehehe jadi inget jaman rantangan di bontang, biasa masak banyak 13 tahun begitu pindah ke AD hanya masak ber3 ajah puyeng...
selalu kalau gak kebanyakan ya kebanyakan bumbu...
apalagi bikin gado2 ama capcay
judule sampai sekarang gak pernah pas selalu kebanyakan...kayak masak buat se RT...
makanya kalau aku lagi rajin bebikinan sering ajah cari korban atau bikin acara biar ada yang ngabisin... heheheh
ntar kamu juga gitu Susi, kalau hanya ber 3 ajah, rasanya kayak lucu masak sedikit tuh... gak mantab...

Linda Fitriwati said...

hhhheeeebbbaaattt deh Uci

Linda Fitriwati said...

Mbak...saya mau dong jadi korbannya...hehehe

Sandra Buana Sari said...

waduw.. hebad.. aku mengatur masak berdua suami aja dah ngabisin banyak waktu.. pasti lieur kalau musti masak buat 100 orang

Regina B said...

gubraks kedubraks 100 orang? bawa army berapa orang?.... aku masak buat 12 orang aja kalang kaboet... di sini tanpa yg mbantuin jg sih, kecuali pas mertua dateng ngebantuin bagian bersih2...

ine elkaje said...

Ilmu management, ilmu matematika, ilmu kimia, segala macam ilmu di pake di dapur ya Susi.

Susi . said...

silakan...sekali praktek langsung ketagihan deh :D

Susi . said...

iya nih...doakan :D mau jadi partner, mbak Erna?

Susi . said...

sekarang juga lagi sedikitan....masak tetep banyak...trus di freezer...hehehe, kalo malesnya kumat tinggal diangetin :D

Susi . said...

hehe, jadi malu....kebiasaan keluarga sih....

Susi . said...

masak berdua sama masak buat 100 sana aja capenya :D

Susi . said...

iya, mbak Ine...kalo gak gitu gak akan beres....hihihi....

Tessi Oktavia said...

ilmu yang bermanfaat.... *takjub

Bayu Amus said...

iya nih, dah siap buka catering sus =)

Susi . said...

gak ada Regina, aku cuma sendirian....makanya males banget cuci2nya.... 100 orang sih dikit kalo cuma menu kayak di atas sihhh

Susi . said...

ayo praktekkan neng Tessi...

Susi . said...

siap kang Bayu...Insya Allah

Nakia Cakes said...

halah... aku buat bikin acara keluarga aja yg cuma 30 orangan doank aja udah pusing :(
nyiapin kue2nya 1 hari sebelumnya, rajang2 malemnya, pagi baru masak
itupun gak keburu kalo gak dibantuin masak nasinya
hebat banget nih emang ibu yg 1 ini :D

Dewi Joris said...

Hebat euy mbak Susi....tfs ya...jadi banyak belajar :-)

UmmiMia Mia said...

makasih ilmunya, belajar ah dari Susi, saya mah nyerah kalo 100 org, kalo masih 20-30 org masih bisa, tp yg gampang, telor belado :)

Maya Ekatrina said...

busyet, 100 orang.... duh yang baru puluhan aja di bantu asisten kayaknya gak kelar2, ini pake 100 orang pula...... gak deh..... ;P

antie nugrahani said...

waaakkkss.. perempuan super.... *kagum

Haley GR said...

segitu dimasak sendiri? ada yg bantuin gak?
pasti cepet ya kerjanya mbak... klu daku kerjanya lambaattt... kekekke...

Susi . said...

hehe..pan pake 4 kompor sekaligus.... padahal tanggannya cuma 2 :D

dewi widya said...

Mba Susi memang topnya masak memasak deh.......kalau aku mana mungkin masak banyak...sedikit aja sdh puyeng*#@@@.

Susi . said...

sama-sama mom Dewi...deu...laris manis ordernya :D

Susi . said...

masak buat 100 sama 30 sama aja....kalo prasmanan ya...kalo nasi box lain lagi...ngebungkusinnya itu yang lama :D

Susi . said...

hehe...blom dicoba kan? cobain dehhh

Susi . said...

kagum juga sama terjemahannya....kalo aku mah...kelaut aja deh....ehhh ke dapur aja dehh

Susi . said...

gak ada mbak Haley.... cepet soalnya ada 4 tungku, 4 wajan juga...emang boros gas boros minyak goreng...tapi cepet kan...

Susi . said...

percaya deh, Teh...banyak ama dikit sama aja capenya :D

Lies Adjeng said...

BuTiooooo..... saya gak kebagean ih kopdarnya...hiks....
saya ke Cianjur kemaren teh....
kapan lagi atuh ada kopdarnya?
teras bade nyuhunkeun alamat NCC tea...
hatur nuhuuun....

dinny kus andiany said...

Walah bisaan euyyyy

dewi wakkary said...

Ci, bisa buka warung nih.... lumayan banyak anak kos-kosan

fedi andina said...

Mbak saya mau dong dikursusin manajemen masak. Anak saya dua minggu lagi HUT mau bikin nasi kuning tumpeng sama lauk pauknya, untuk 20 orang gimana tuh enaknya ngatur waktu biar nggak panik?

ezza mizushima said...

HEBBAAAT deh...
hmm. saya sih masak bwt ber 2 aja jarang2.. sering males... hehehe..

arief ridwan said...

Jadi ingat masa kecil... ikut nimbrung motong-motong di dapur... apalagi kalo masak buat banyak... btw... Tio suka maen ke dapur bu?

ira indiana said...

ooooo jadi caranya begitu toh.....nuhun pisan Teh udah bagi2 elmu...

veronica indriani said...

very well organized.... hebat euy!

EkaM Irawan said...

weiiit
2 jempol deh..
kl aq, hbs gmasak itu langsung terkapar pas acara malahan..he3

Coni Immanuel said...

si ibu hebat ih.
buka katering aja atuh bu sekalian.

Tina Amalia said...

makasih tips rahasia dapurnya t'Si.... :D jadi bisa tau gimana caranya mengatur waktu yg selaluuu kurang... :D

Rita Sosrosoemarmo said...

halu salam kenal, wah jadi kagum deh.......hebat bener..........

Dina Sulaeman said...

TFS Mbak...
saya juga mau nekad masak nasi kuning buat 30 orang utk ultahnya Reza, abis kalo pesen kayaknya jadi mahal (menurutku ini buanyaaaaaaaaaaak pisan)...ini bisa jadi panduan yg pas nih:)

Nita Aryanti said...

TFS mbak. Ada step-step ya kudu dicontek nih. Selama di leeds saya sering juga masak dalam jumlah banyak...minimal ya 30 orang gitu dehh..Cara kerjanya ya mirip2 kaya manajemennya mbak susi juga. .

ellen widyasari said...

hehe..toss dulu sesama tukang masak..pernah thn lalu dapet pesenan nasi kotak buat makan siang n makan malam buat 150 orang selama 4 hari.selain pusing manajemen masak,manajemen nyimpen di kulkas n friser yg tdk begitu besar dan juga manajemen nyusun menu yg ga bole sama buat 8x makan.suami sampe cuti buat bantuin saya dan asisten memasak :)

Susi . said...

hihihi..ke diajakan atuh...

Susi . said...

harus bisa atuh neng Diny

Susi . said...

iya nih...semoga....sok atuh...buka duluan :D

Susi . said...

hihihi...20 mah sedikit :D nasi kuning lebih gampang lagi, telor, ayam, kentang,semua dibumbu kuning, kuahnya dipake masak nasi...beres kan, tinggal nambahin perkedel, urap/sambel lalab, kering kentang/kering tempe yang bisa dibikin jauh2 hari

Susi . said...

heu...kalo lagi males ya...males....

Susi . said...

sukaaa, tapi belakangan udah mulai bosen...ibu masak melulu cenah...

Susi . said...

sami-sami neng Ira...ulah hilap kopdar deui nya...

Susi . said...

terima kasih :D

Susi . said...

hehehe, tergantung sih...kadang ya tepar juga....

Susi . said...

maunya mah begitu neng....

Susi . said...

kalo diitung mah selalu kurang Teh...wilujeng....

Susi . said...

salam kenal juga :D

Susi . said...

iya bener...nasi tumpeng sekarang berapaan ya? buat 30 orang kayaknya sekitar 600ribuan ya?

Susi . said...

sama-sama...silakan

Susi . said...

toss, sama sih, saya juga paling dibantu suami :D

Coni Immanuel said...

sip lah,
ntar saya ikutan kerja ama bu tio.
jadi marketing online :P

cahaya hati said...

wiiihh hebat !! Manajemen top ... waktu tidurnya pendek sekali jadinya ya ...

belly pancasakti said...

masak banyak sendirian buat lebih dari 100 orang? ah, saya mah cukup dua kali setahun saja.. kalau idul fitri dan idul adha.. cukup, cukup :))

yohana halim said...

hiihihihihi....mbak esther.... jadi inget jaman dulu aku bru nikah.... karena tinggal di keluarga besar...biasa liat mamaku masak buat 20 orang tiap hari (2 kali sehari)..... giliran pas jadi pengantin baru, pertama kali masak capcay, jadinya sepanci gede....lha yang makan kan cuma aku doang (suami kerjanya masui di sukabumi)....allhasil anjing piaraan aku selalu kegirangan.....hehhehehehehe

yohana halim said...

iya...mbak susi tuh gerakannya cepet banget....sigap n kilat kayak di film "the flash" jaman dulu.... *saksi hidup kegesitan ibutio" hhehehehhehe

Dian P said...

hebaaaaaat....

Dian "Lain Sendiri" said...

Aku dulu juag pernah pengalaman masak buat banyak org, Sus. Selama 2 tahun aku pernah punya usaha cateringan yg suka disuruh masak buat pesta juga. Sama lah manajemen masak banyaknya, kayak kamu juga.

evida kartini said...

aku buat pengajian 10 orang aja reffoooottt banget kayaknya....
salut deh...patut dicoba nih tipsnya soalnya saya juga pengen punya keluarga besar :-)

Levinia K said...

ci...udah nyoblos terus lanjut bobo lagi ngga?? ga tepar tuh tidur jam 23.15 bangun jam 3 subuh...

Susi . said...

ya pulangnya terus bobo....hehehe

Susi . said...

hehehe...pan latihan buat lebaran...yang pasti lebih ribet

Susi . said...

emang kapan saya masak dikau tungguin?

Susi . said...

knapa brenti, Bu? lebih asyik jual kartu ya...

Susi . said...

dicoba deh...masak buat ber10 sama 100 sama-sama cape :D

Susi . said...

udah nyoblos terus kopdar....lupa capenya...tapi sampe rumah langsung ngorok...

fedi andina said...

Wah mbak terima kasih banyak!!!

Dessy Ojong said...

bener-bener anjung jempol..
Saya terkagum-kagum..

ardanti andiarti said...

kckckck....
hebaaatttttt....:)

Khadijah Quinn said...

teh susi, saya mah macana sambli ngabayangkeun...hebat pisan, kalo saya jadi teh susi mah langsung we pingsan

Dany Primanita Kartikasari said...

:)

Ira Silva said...

buset dah... Sus.. ntar gue ngetering ke elo aja kali yaaa?? heibad.. heibad.. *_* abis itu masih sempetnya ngeblog dengan rajinnya... emang lah.. kelebihan energi niyyy......*salut...

Agnes Tri Harjaningrum said...

euleeuh tidur ngan tilu jam sus, uyuhaan, hebat lah emang kudu begini ya klo mo sukses :-)

maria lubis said...

ibutio ... main ke rumahku yuk kalo lebaran, soalnya anak cewek si emak satu-satunya suka males ngebantuin masak, hahahahaaa

yuke virlianti said...

wah hebat... Ibu kaya adikku didin bangunnya subuh banget ya....sukses terus ya bu

Monica Tan said...

hebat deh...100 porsi booo....

ienas Tsuroiya said...

hebatttt!! Aku sih angkat tangan aja deh kalo disuruh masajk sebanyak itu. Selain dapurnya mungil, alat2 masak pun masih amat sangat terbatas:))

Btw, Ibuku juga sering masak buat banyak orang (150-an..) karena Abah kebetulan emang "hobi" mengundang makan orang2...Tapi kan selalu ada pasukan yg bantuin...

Jane Albertina said...

TFS...bisa dipake ilmunya nih klo suatu saat harus masak banyak...

fitri - said...

tamu nya pulang trus ng'MP deh , waduuuuuuuuuuh..selesai smua..minta pijet deh... qiqiiqiqi...

yohana halim said...

dari ngeliat sekilas kalo kita latbar atau pas kursus udah bisa nebak kok gerakan masaknya, hehehehehhhe

yohana halim said...

mbak susi....dulu kecilnya divonis heperaktif gak ama dokter anak-nya ? hehehehhehehe

Susi . said...

saya pingsannya udah duluan....waktu tau ternyata suami saya sodaranya 10... salah satunya temenmu itu lho...neng Iceu..... jadi ya...udah biasa kudu masak banyak2

Susi . said...

ngeblog mah buat mengalirkan kejenuhan....*alesan*

Susi . said...

pengalaman sekolah di ITB....tidur paling cuma 3 jam, sisanya bikin laporan dan belajar :D

Susi . said...

nah...kalo gitu, lebaran taun ini, pesen ke saya aja....

Susi . said...

iya itu ibu didin juga tukang katering

Susi . said...

hihihi malu dilintip Monica :D

Susi . said...

kalo dapur terbatas juga saya nggak masak banyak2...kecuali kepepet :D

Susi . said...

lha...bukannya pernah punya restoran?

Susi . said...

euh..gak ada yang mau mijetin...

Elly PS said...

Kriiiiiiiing...kriiiiiiing...teh Uci bisa tolong masakin buat arisan?
ga banyak 500org *twink2*

Susi . said...

boleehhhh hehehe

yanna yanna said...

hebat ...:)

Ema Rahmah said...

gak keberatan dong ya jadi konsultan permasakan saya?

maria lubis said...

sayangnya nggak bisa, uhuks uhuks ... huhuuuuuu
soalnya si emak pemegang rahasia masak-memasak keluarga lubis, huhuhuuu (semua ilmu dari mertua turun ke si emak, jadi tetap harus memasak, karena banyak sodara yang nyari, hihihiii)

maria lubis said...

aku juga pengalaman sekolah di ITB, tidur paling cuma 3 jam, sisanya main dan ngacapruk, hahahahahaaaaaaaa

lila shusilawati said...

hihihi, elo mang blajar masak 4 kompor dari jaman sma kan...?
lo pernah crita ke gw , trus gw cobain 2 tungku aja mabok.
di sini gw makin males masak loh, udah mah sendiri, males nyuci piring nya itu loh...

Susi . said...

:D

Susi . said...

enggak...ada komisi? :D

Susi . said...

makanya...pake cara saya...kalo suka masak banyak pasti alat masaknya juga banyak

Susi . said...

hahaha, aku waktu itu gaulnya gak di itb...anak-anaknya kurang asyik... bisa ketinggalan jaman dong saya...:D

Susi . said...

huehehehe, emang.... lha engkau apalagi...di rumah ciateul...6 tungku apa 8 tungku :D

ui uwie said...

aduh...bener nih mbak uci top markotop deh!! aku ga sanggup...ga sanggup..boro boro ngerjain kaya cerita diatas..ngebayangin-nya juga ach daku mending tidur dah!..btw thanks udah mau masak buat kopdar kemaren..ntar kalo ada kopdar ato acara aku tinggal pesen ke dikau aja..

Susi . said...

sokkk diantos neng yuyun...jadi percaya kan...kemarin beneran bikin sendiri gak beli :D

Ayi Purbasari said...

hebat hebat hebaaatttt
iraha-iraha catering ka susi aja kali yeee?
eh ci, ultah saya, pesen kuwe nya :D ke lah sms-sms (hihi narsis merayakan ultah sendiri)

ui uwie said...

percaya lah..siap2 di order yak!!

Susi . said...

teu nanaon...cenah mau tiramisu? tuh....papa auvaintan anu akhirna mesen tiramisu

Ine Diesel said...

Wah gak kebayang seberapa besar pancinya dan alat masaknya. Bangun jam 03.00 pagi. Salut!

Susi . said...

heheh...saya kan punya penggorengan segede parabola jaman dulu tea....

Unknown said...

Bu,mohon bantuannya klo menunya ayam serundeng/semur ayam, capcay, tahu tempe goreng, kentang mustopa, dan sambel. Untuk 30 orang... Gimana ya bu??