Wednesday, November 15, 2006

Home made Playing Dough

Tio seneng banget main playing dough, itu lho...adonan buat mainan. Bermain adonan itu bagus buat motorik halusnya, kata di buku sih...

Berhubung kalo beli mahal banget, trus khawatir sama kandungan bahan yang mungkin gak aman buat anak, aku cari2 di buku, dan akhirnya nemu resep ini dari buku Pregnancy and Baby care karangan Dr. Penny Stanway

Playing Dough
1 cup tepung terigu
1/2 cup garam halus (garam dapur)
1 sm minyak goreng
2 st cream of tar tar
1 cup air
beberapa tetes pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuatnya:
Aduk jadi satu, terigu, minyak, garam, air dan garam, jerangkan di atas api, aduk hingga kalis dan matang (hati-hati gosong)

Jika ingin warna-warni, bisa diwarnai setelah agak hangat, caranya: bagi adonan menjadi beberapa bagian, tetesi tiap bagian dengan pewarna makanan, uleni hingga kalis.

Simpan adonan di tempat tertutup rapat, adonan akan tahan hingga satu bulan.

Cetakannya bisa beli di toko mainan anak, ato bisa juga pake cetakan punya ibunya....hehehe

Slamat mencoba





7 comments:

vrisca stp said...

Makasih infonya ya mom..Pingin coba sabtu besok ahh.. :P
Cream tar-tar itu apa'an ya mom?? belinya dimana??? Hehehee.. ketahuan deh yg jarang masak.

sinta agathia said...

wah... txs bgt infonya.... worth to try neh...

fitri bunda'nya double "A" said...

aku dulu pernah nemu resep play dough yang aman kalo kemakan anak, 'cause anak-anak kan bisa aja tertarik ma warnanya yang cerah ceria kan ... cuma kalo play dough yang ini, kayaknya anak-anak gag pengen bakalan makan dech, kan asin banget tuch karena pake 1/2 cup garam ... he he he ...
btw, thanks for sharing ya Teh ... :))

ica Dimyati said...

waaaaaaaaaaaah asyik banget ya mamanya pinter bikin buat Tio ....hehheeh maaa aku donk mau dibikinin heheh

Susi . said...

COT itu asam tartarat, bentuknya bubuk putih, ada di toko bahan kue. Saya pernah bikin gak pake COT ini adonannya jadi lembek, memang fungsinya kalo bikin kue sebagai emulsifier. Kalo bisa sih jangan dihilangkan ya, Mom....

Susi . said...

Itu dia....makanya saya tertarik....pasti gak bakalan ada yang nekat makan. Kalo mainan sih saya prefer yang gak bisa di makan, kecuali memang kita sedang bermain di dapur bikin kue bersama.

Inci Amal said...

saya copy ya mba susi, thank's lho sharingnya.