Monday, December 07, 2009

Tidak ada yang salah dengan Bella dan Edward

Oh...baiklah.....sepertinya ini sudah jadi puncak kekesalan saya.
Baca review di goodreads tadi  bikin saya geleng-geleng kepala.

Kembali sejenak ke tahun lalu....masih inget mungkin  dengan review saya tentang Roro Mendut? tak disangka dapet hadiah dari Gramedia berupa buku seharga Rp.130.000.

Bingung milih buku....langsung meluncur ke situs gramedia, lihat-lihat ada buku baru apa yang kira-kira bagus....dan entah kenapa saya langsung jatuh hati dengan cover buku Twilight. Tanpa pikir panjang, saya pilih buku ini sebagai buku hadiah. Meskipun lewat perjuangan panjang (karena entah kenapa, ini buntelan hadiah kok nyasar ke rumah tante lumba-lumba), akhirnya buku ini tiba di tangan saya, dan ketika membacanya....saya betulan tersihir.

catat pake tinta merah gede-gede.....waktu itu buku ini belum booming, jadi saya baca buku ini tanpa beban, tanpa pengaruh siapa pun dan tanpa tekanan dari pihak mana pun

Selesai membacanya....ow....buat saya buku ini sangat menarik.....reviewnya ada di sini.....mungkin nanti saya sedot ke sini juga.

Tapi entah kenapa....seiring waktu (tentu saja dengan didongkrak peluncuran film layar lebarnya) jadi ada dua kubu, yang satu menjadi kelompok pecinta Twilight dan satunya lagi kelompok pembenci Twilight. Sebetulnya soal suka gak suka, tiap buku atau film pasti ada saja sih....karena menurut saya itu soal selera, tapi lama-lama kok mulai ada kelompok yang memberi cap atau menghakimi pembaca Twilight Saga ini.

Rasanya sekarang saya sering membaca review atau tulisan seseorang mencela orang lain yang membaca Twilight Saga....dikatain gak punya otak lah, lebay lah, gak keren lah, sok -sok ngikutin trend lah. Saya sebagai penikmat bacaan apa saja mulai merasa terganggu..... memangnya  kenapa kalo saya suka dengan Twilight Saga ini? Toh tidak mengganggu siapa pun, bukunya aja saya beli sendiri pake duit sendiri bukan dapet minta ato korupsi (eh...kecuali buku pertamanya....hadiah dari gramedia).
Soal ikutan trend....saya baca buku ini sebelum trend Twilight muncul, dan bagi abege-abege yang kemudian ikutan trend dengan membaca buku ini, sangat saya hargai karena mereka sudah berusaha MEMBACA .....berhubung anak muda sekarang susah banget kalo disuruh membaca.

Ketika filmnya keluar.....gerakan anti Twilight rasanya semakin menggila.......OK.....saya agak setuju, karena memang menurut saya pribadi, filmnya agak kurang greget....kurang mengeksplorasi perasaan Bella dan Edward....tapi wajar sih....gak bisa seluruh isi buku dituangkan ke dalam film....dengar-dengar memang produksi perdananya dibuat low bugdet karena gak yakin bakal sukses. Tapi buat saya sebagai penikmat film , ya, so so lah, cukup asyik buat dinikmati, apalagi keluarga Cullen itu keluarga yang keren (menurut saya lho)

Repotnya........ketika film keduanya dirilis....lagi-lagi muncul review yang menghakimi penonton New Moon, bahwa para penonton Twilight Saga: New Moon hanya mengikuti trend.... sehingga sebuah film yang buruk bisa jadi box office............... tuwewewwwww..... beneran emosi saya bangkit. Saya betulan heran dengan para komentator itu.....kalo sudah tau jalan ceritanya seperti apa (tentunya si komentator sudah nonton Twilight kan, atau diam-diam tanpa mau mengaku mungkin sudah baca buku New Moon) kenapa masih ditonton juga? Kalo mau nonton sekedar buat mencela juga gak apa-apa.....tapi gak usah melabeli semua penontonnya adalah orang-orang bodoh pengikut trend yang gak punya otak. Buat saya ini soal selera.....dan ini soal pilihan.......gak suka ya gak usah ditonton. Yang penting.....gak usah berkesan memaksa orang untuk ikut-ikutan gak suka dengan Twilight saga.

Hal ini juga terjadi dengan film 2012..........saya baru sempat nonton justru setelah demam Jacob melanda....jadi 2012 kosong kan? Buat saya film ini juga keren.....visual effectnya bagus, dan tidak peduli dengan komentar banyak blogger yang mengatakan film ini terlalu gak masuk akal, saya tetap kasih bintang 4. Memang ada bolong di sana sini, tapi keseluruhan buat saya bagus.........atau mungkin karena saya hanya orang dengan kemampuan otak yang terbatas sehingga cuma bisa menilai semua karya orang lain itu bagus? Maklum.....saya sendiri belum bisa memproduksi film atau buku yang bagus baru bisa menikmati saja.

Membaca review rekan saya Fathin di sini, juga membuat saya akhirnya bertanya-tanya.... apakah orang-orang yang berkata jelek itu benar-benar mengatakannya dari lubuk hati yang terdalam atau karena mengikuti trend? Karena ada trend di kalangan blogger bahwa 2012 tidak bagus, takut disangka otaknya korslet   karena cuma dia yang menganggap film 2012 itu bagus, maka ikut-ikutan bilang jelek.

Sepertinya hal ini sedikit bisa dibuktikan, ketika saya menemukan review seseorang di Goodreads tentang buku Twilight, yang mengaku kalau semula dia menganggap buku Twilight itu bagus dan menarik, tapi setelah melirik ke lemari buku teman-temannya, dan rata-rata menyebutkan bahwa Twilight itu novel vampir yang lebay, maka dia mengganti reviewnya dengan mengganggap Twilight sebagai buku yang gak worthed

ah....speechless......

yang pasti.....saya masih cinta dengan Edward Cullen sampai sekarang....... catat ya.....Edward Cullen, bukan Robert Pattinson

108 comments:

Yenni Hartati Svensson said...

Teh susi,malam minggu kmarin aku dan uda dah nonton film twilight yang pertama, asli aku senang banget ma filmnya. ngga sabar pengen ngeliat yang kedua. Tapi mesti nunggu 1/2 thn nih ampe ada diinternet. soale pengen nonton dibioskop, sama erik yang masi kecil aduh ngga yakin bakal ok, katanya siuda karna berhubung filmmnya baru jadi mesti tunggu beberapa bulan ato 1/2 tnn ampe bisa download diinternet.
Keren ngga sesi yang kedua teh, kayanya yang kedua cinta segi tiga ya.. secara ngeliat trillernya diyoutube, siindiana juga jatuh hati ama Bella.

antie nugrahani said...

sebenernya sah-sah aja sih ya kalo ada yang suka atau ga suka, asal alasannya original, bukan KW, hihihi...

Sri Sarining Diyah said...

aku juga baca sejak tahun kemarin, waktu Gramedia ngasih kado parcel berisi buku2 keren, termasuk buku2 vampir ini hihihi...dan aku langsung jatuh cinta...

S Nataly said...

thanks for sharing the objektif point of reader ya Sus ( duhh..nama kita kebetulan samaan nih ..jadi ngerasa kayak manggil nama ndiri..hehhehe). Saya juga gitu..masih dalam taraf penggemar hal2 yg orang lain bisa produksi/hasilkan..jadi ya saya jadi penikmat sejati saja..kalo soal suka & ga suka emang bener tuh kata kamu..soal selera.. sama seperti buku kite rider & slumdog Milioner yg menurut beberapa orang bagus di Buku instead of di film.. again..semua berbalik ke soal selera ajah kok..
saya juga member di goodread jenk.. ;)

Echy NS said...

Ahaa...ada yg napsu hiihi, sabar bu, sabar...:D

Rini Nurul Badariah said...

Saya tidak suka filmnya bukan karena pengaruh siapa-siapa lho, Teh. Kalau para penontonnya menyukai, termasuk keponakan-keponakan saya yang masih ABG itu..ya, monggo saja. Nontonnya juga bukan pakai uang saya, hihihi..Peace.

shanti saptaning said...

saya niy mb Susi, masih dalam proses belajar bahwa mengapresiasi buku dan film sebagai karya seni, harus dibedakan. maksudnya kalau bukunya bagus, kemudian ketika diadaptasi jadi film kenapa kita kurang greget, itu bukan salah filmnya juga. jangan terlalu berharap film harus sama "plek" sama bukunya, karena spt yg mb Susi bilang, memvisualisasikan bhs tulisan kan kadang terkendala juga.
jadi kalau nonton film adaptasi dari buku, saya siy ekspektasinya gak harus ngebandingin sama bukunya. ya dinikmati aja ...
toh alasan saya nonton film kan nyari hiburan, entah dari segi cerita, segi visual effect, dan pemandangan pemain2nya ..hehehe.

UmmiMia Mia said...

aku blum baca bukunya, dan belum nonton filmnya, pernah baca aja sekilas, tahun lalu di femina, ttg penulisnya dan sinopsis twilight serta lanjutan2nya..tapi saya selalu menikmati kalau ada yang resensi buku dan film, tapi resensi yang netral aja. TFS ttg twilight ini

imgar imama said...

saya gak suka twilight karena gak suka sama film2 vampire. haha..
saya gak enjoy nonton 2012 karena nonton nya di depan dan cape sampe2 ketiduran.

wietski selaludihatimu said...

yg ini aku ketinggalan bgt. Dulu waktu harry potter baca sblm booming, skrg bukunya aja blm baca. Wah, harus mengejar ketinggalan neh

Jody Setiawan said...

hehehehe...

suka atau ga suka, sah2 saja.

tapi yg suka menulis harusnya belajar dari Twilight supaya buku2nya bestseller... hehehehe

Dewi Rieka said...

hehe mba,aku malah ttarik baca twilight abis nonton pelemnya..ngga tau ya, mungkin krn ttarik sm edward..hehe..iya,itu smua soal selera..

arum barmadisatrio said...

kalo aku sih suka...........apalagi ke4 bukunya hadiah ultah dari suami tercinta (yang tahu istrinya suka ngayal jadi penulis). tapi terus terang aku nggak suka endingnya di buku ke 4

Harisa Permatasari said...

kalo masalah selera mah emang ga bisa diganggu gugat....
*kasih butio segelas air dingin* :D

dalus gembalus said...

terimakasih postingnya...:D moga2 yg hobi menghakimi itu mau membuka mata dan belajar toleran... :))
saya emang suka sama film twilight (yang pertama). buat saya filemnya asik aja gitu ditonton. saya ga ngerti aja orang yg gengsi atau apa deh untuk nonton twilite karena males dicap 'abegeh'. buat saya, sesuatu itu harus dilihat dulu, baru dinilai. tapi yg new moon sih kurang seru menurutku. bukunya males baca, soalnya buat saya terjemahan indonesianya gak enak aja gitu. :p

Yayi Poerwoko said...

memang selera nda bs dipaksakan..
ada aj yang klo ditanya, "emang kenapa nda suka?"
jawabannya lempeng, "ya nda suka aj pokoknya. titik.."
hihi.. begitulah...

daku baca twilight series and enjoy aj.. klo pelmna..er.. nda begitu suka...

yulianto yin said...

wahahaha...butio meradang idolanya disilet hehehehe....Yo go girl!! (halaaah hahaha). Tapi kalo aku pribadi sih ngga gt suka buku twilight (aku bacanya juga waktu belum booming hehe..dibawain ama kobo pas main kesini)...terlalu roman untuk seleraku hehe (IMHO....toloooong aku jangan disilet2 butio... :P), makanya aku ngga baca buku lanjutannya...hehe.
Tapi ya itu...semua hanya masalah selera hehe

kobo chan said...

setuju ama ibutio...... gak suka buku atau filmnya sih sah-sah aja, yg gak enak emang krn jadi menghakimi orang yg suka

*ngebayangin nasib orang-orang yg suka baca petruk dan gareng :P*

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

hehehehe...lebay but can not stop reading it.
Aku juga udah baca sebelum booming, yang versi Inggrisnya. Menyenangkan sih, idenya keren, unconditional love story dan gaya penceritaan yang deskriptif, yang seperti biasa tidak bisa divisualisasikan dalam versi film, bagaimana hati-hatinya Edward supaya tidak melukai Bella yang pastinya bakal fatal, bagaimana perasaan Bella yang campur aduk mengetahui bahwa Edward adalah vampir. About three things i was sure about Edward. one, he is a vampire, two, there was part of him, thirst of my blood,three I'm unconditionally, irrevocably fall in love with him...(busyet...mpe hafal).
Twilight dan New Moon OK, tapi sayangnya mba Stephenie Meyer terjebak lebay dan deskriptif berkepanjangan di buku Eclipse dan Breaking Dawn, betapa pocket moneynya Alice itu lebih banyak dari rata-rata gross Income American citizen, baju hanya untuk sekali pakai, pesta yang super duper mewah, deretan mobil mewah yang ostentatious, padahal di buku Twilight diceritakan, kalu keluarga Cullen itu berbagi mobil supaya tidak menarik perhatian.
Tapi wajar sih, JK Rawling juga sama di serial Harry Potter.
Anyway terlepas suka dan tidak suka, ini masalah selera, gak pada tempatnya menghakimi orang lain, ada yang suka music rock, ada yang suka dangdut...yang jelas sih buku ini selingan yang menyenangkan bisa bikin ibu-ibu tuwir kek aku merasa muda lagi...hehehehehe.
Owiya, ada satu quote-nya Edward saat melamar Bella " Isabella Marie Swan, I promise to love you now and every single day of forever, will you marry me?"....klepek-klepek.....:-D

mila savitri said...

terus terang aku emang pembaca yang payah...udah lama pengen tapi ketunda2 mulu...ampe akhirnya keluar filmnya dan eeeh keluar pula buku n film sekuelnya...*maybe soon trikuelny*...tadinya aku agak2 cuek n gak tertarik liat filmnya...secara bacanya aja ketunda mulu...tp kmrn sempet ngintip twilight di HBO...huhuuuy...jadi susah untuk berpaling dari layar....*walopun sambil masak n ngurus anak*...walhasil AKU PENGEN LIAT LAGI tuuu hahaha....
klo 2012, jujur aja deh, justru terlalu ramai orang ngebahas aku malah males nonton (apa udah kebanyakan denger komen negatif orang ya?)...paling ntar nonton dvdnya aja deh, gitu deeeh...

Laksmi Juwita said...

weeeh jadi pingin baca bukunya, udah pernah mau beli sih, tapi gak jadi karena lebih seneng baca yg detektip2an ;))

Linda Fitriwati said...

Kalo saya seneng lihat si Robert inosen gitu hehehe

Yayan a.k.a Fathin said...

Aku gak baca karena... bukunya mahal, gak ada duit buat beli, pinjeman juga gak ada hihi. Lagian bukunya tebel ampun-ampunan, ditengah kemerosotan minat baca, Twilight bukan pilihan yang tepat. Tumpukan bukuku aja gak berkurang-kurang. Tapi bukan berarti aku gak suka sih. penasaran sama kisah vampire itu. Majalah-majalah film tentang mereka aku baca. Buku dibalik layar pembuatan filmnya aku lirik-lirik di Gramed :D

Iya, semua kembali pada selera, namun ada baiknya perbedaan cara pandang itu disampaikan dengan baik ya mbak...

Caroline Atmadja said...

Aku juga baru selesai baca 4 bukunya bulan lalu, menurut aku bagus, menurut temanku jelek, ya terserah aja deh asal kita bisa menikmatinya terserah orang bilang apa... jadi pingin lihat koleksi buku Mbak Susi nih....

Ida Wajdi said...

aku baca semua seri twilight saga. nonton filmnya juga karena curious aja, tanpa ekspektasi gimana-gimana. terlepas dari anggapan bahwa si ini lebay si ono bodoh, si itu menye-menye, twilight saga tetap menghibuuur. :D

lila shusilawati said...

qiqiqiqiqi...
kenapa jadi pada rempong gitu ya say...?
gw nonton dulu film nya, gak sengaja. jadi suka trus baca bukunya dan jatuh cinta ama stef mayer. she like new JK (Rowling) 4 me.. sama kayak harry potter, film nya gak bisa menjelaskan feel en emosi yang di dapet kalo baca bukunya. tapi namanya juga durasi...
dan gw nonton twilight 7 kali, new moon 3 kali, di BIOSKOP..!!! pake duit gw sendiri kok..
klo di bilang lebay, im proud to be one deh...

wietski selaludihatimu said...

sewa aja bukunya, yg kutahu ada di lt. Dasar mayapada tower sudirman jakarta, atau sepertinya ada di perpus diknas sudirman jakarta

Siti Mulyani said...

wah jadi makin penasaran ..tahnks rviewan nya teh

Neneng Ceriwis said...

Walau ngga suka sama twilight saga, tapi saya cinta edward cullen juga. Hihihihihihih.... neng mah mikirnya si cerita kurang menggigit, alias sepertinya biasa aja sama novel-novel roman biasa. Cuma bedanya ini vampir. Hehehehehehe... Tapi teuteup ga ngerti istimewanya dimana. :p

kemaren baru sempet nonton film twilightnya. Pas nonton, sama kecewanya sama waktu nonton Harpot. Isi bukunya banyak yang menghilang. Tapi ya mau gimana lagi. Cuma pas nonton ntu pelem, langsung mengerti kenapa banyak yang tergila-gila sama Robert Pattinson.

dewi wakkary said...

hahahaha..... ibu pasti jatuh cionta pada pandangan pertama nih? hehehe.... jujur aja pas buku Twilight keluar aku kok males bacanya secara vampire gitu ceritanya. Pada suatu saat akhirnya nggak sengaja beli yang versi inggrisnya. dan saudara-saudara terhanyut akhirnya dari kata per kata. nggak sabar sampai buku ke empat dilahap cuma 7 hari. baca ceritanya berasa kita ada di dalamnya deh.ceileeee....

Evimeinar Nasution said...

terus terang saya bukan penggemar film twillight
skrg malah lg pengen baca my sister's keeper dan filmnya udah release

Susi . said...

menurut saya sih lebih asyik film sekuelnya.....lebih berwarna, karena ada cinta segitiga yang tidak disangka-sangka, lebih seru....biarpun sudah bisa ditebak endingnya :D

Susi . said...

yah....seperti dirimu itu.....aku tahu twilight bukanlah genre kesukaanmu :D

Susi . said...

sama, mbak Ari....aku langsung jatuh cinta sama Edward sejak pandangan pertama *ups....kapan pandang-pandangannya*

Susi . said...

iya....selera gak bisa dipaksakan.....tapi tampaknya ada trend untuk mengikuti selera teman.....itu yang repot :(

Susi . said...

sudah tenang setelah direndam air dingin :D

Susi . said...

iya....percaya.....karena saya tahu selera Rini dari list bacaan dan list filmnya :D yang seratus itu :))

Susi . said...

iya....betul....kita nonton kan untuk mencari hiburan....misalnya jalan ceritanya kurang sreg dengan kita, paling tidak pemandangannya bisa dinikmati, seperti film King dan Cinta dalam sepotong roti.....ceritanya kurang sreg bagi saya, tapi pemandangannya cukup indah, atau kalo di film Twilight.....Mr. Swan sudah cukup menghibur mata.....hihihi

Susi . said...

sama-sama, mbak Mia.....masalahnya....kemarin itu saya mendapat link resensi film Twilight saga: New Moon yang dibuat oleh seorang penulis kenamaan, tapi kok terasa "menyerang" penontonnya.....karena beliau tidak suka dengan jalan cerita dan filmnya

Susi . said...

rata-rata lelaki memang gak suka film ini :D kalo aku gak enjoy sama angel and demon dengan alasan sama.....nonton di depan....hehehe

Susi . said...

tenang saja.....buku best seller ini biasanya tak lekang oleh waktu.....*sok puitis banget*

Susi . said...

iya.....buat saja cerita romance model baru lagi....pasti laku.....silakan Jody.....barangkali mau nulis romance juga :D

Susi . said...

tertarik sama Edward atau Robert Pattinson? :))

Susi . said...

iya....mungkin karena ceritanya agak melebar kesana-kemari, jadi keburu "ilfil" saya juga bacanya

Susi . said...

sudah disiram pake air dingin tadi pagi sama tandem :))

Susi . said...

sama....saya juga kurang suka cerita di buku kedua ini....entah karena terjemahannya atau memang ceritanya.....bikin ngantuk :D btw....saya nonton film twilight ini dua-duanya dengan nenek satu cucu yang gak punya teman nonton, karena anak-anak gadisnya gak mau ketahuan nonton twilight berdua ibunya :D

Susi . said...

gak suka memang sulit dideskripsikan :D

Susi . said...

gehuuuuu.......si Bella itu memang perlu sedikit disilet-silet.....tapi kenapa aku pembaca dan penontonnya ikutan disilet juga......... Aku memang tidak berharap dirimu suka, Gehu....karena ini genre favoritku *pasang mahkota queen of romance lagi*

Susi . said...

huhehehehe............emang kenapa orang yang baca petruk dan gareng?

Susi . said...

huwaaa......beneeerrrr.....*toss ah* membuat hidup menjadi lebih bergairah kembali bukan???? :))

Susi . said...

hehehe...tapi aku gak merasa rugi nonton 2012 di bioskop....soalnya visual effectnya kereeennnn, beneran saya nikmati dari awal hingga akhir kehancuran bumi :D wilujeng nonton twilight saga deh :D

Susi . said...

dulu juga saya cuma suka buku detektif....tapi seiring berjalannya waktu....jadi melebar keman-mana :D

Susi . said...

kalo saya lebih suka memandang Mr. Swan yang ternyata lebih keren penggambaran di film daripada di bukunya (haha)

dwi wulandari said...

aku baru baca & ngeborong semua seri bukunya setelah nonton filmnya mbak... dan aku bener2 jatuh cintrong sm edward cullen... edward cullen yaa bukan robert pattinson... hehehehe... kalo aku sih lebih greget twilight dari pada new moon.... tp aku tetep suka dua2nya...

Susi . said...

wah....di sana gak ada taman bacaan yang menyewakan buku ya? *poor Fathin....peluk-peluk* udah gak ada sewaan DVD, gak ada sewaan buku pula.....nanti kapan-kapan dibuntelkan ke sana ya *nyari-nyari penyumbang*

Susi . said...

bener....yang menikmati kan kita sendiri :D

Susi . said...

terutama perut penggilesan itu ya, Ida :)) *komporin Daus*

Susi . said...

aku aja dulu nonton pretty women sampe 3 apa 4 kali gitu ya....emang napa sih? kan gak minta-minta ke orang lain juga duitnya :D

yani prasetio said...

hohohohoo.......... bertambah 1 lagi emak2 temen gw pencinta si Cullen....... welcome the club Sus....:)

Susi . said...

Fathin tinggal di sebrang pulau sana, mbak :D

Susi . said...

sok atuh, wilujeng antri di bioskop :D

Susi . said...

iya.....menurut saya juga begitu.....ini seperti harlequin romance dalam versi 518 halaman :D dan Edward Cullen itu memang cool......biarpun dadanya sekeras dan sedingin marmer.....hihihi *asa meluk batu meureun*

Susi . said...

berasa ikut bertualang bersama keluarga Cullen? :D

Susi . said...

kalo saya kemarin ngebut baca the time traveler's wife....sudah release juga filmnya tapi entah kapan masuk ke Indonesia

Susi . said...

saya juga....malah agak ngantuk baca buku new moon itu, tapi lebih ngantuk baca Breaking Dawn....hehehe.....tapi teteup.....cinta Edward apa pun yang terjadi

Susi . said...

yuk....mari.....hehehe

ninik harmini said...

hehehe lucu jg ngbayangin mb uci ngamuk2..
emang y mb.. mau baca buku atau nonton film mah smua masalah selera.. yah mau ikutn komen monggo, tp jg lantas mencap seseorang begini begitu..
hehe hayo biarkan anjing menggonggong, kita tetap membaca buku..
aku jd penasaran pengen baca twilight orchestra, sbenerny ga suka vampir2n atw monster2n, tp jd penasaran aj kayak apa sh bukuny yg kt orang bagus dan jelek itu..

Susi . said...

kalo Ninik suka romance....buku ini cocok untukmu :D

Yunita Caroline said...

aku ga nonton twilight, nonton new moon diajakin TEMEN COWOK...huahahaha....yg ada, aku rasa lebay sih :D but, that's me (yg udah keilangan sedikit sisi romantisnya...hehehe)
utk yg queen of romance, cocok lah niy film...hihihihi
tapi aku suka banget sama HQ dan Chicklit loh...gmn dong?

Yunita Caroline said...

aku ga nonton twilight, nonton new moon diajakin TEMEN COWOK...huahahaha....yg ada, aku rasa lebay sih :D but, that's me (yg udah keilangan sedikit sisi romantisnya...hehehe)
utk yg queen of romance, cocok lah niy film...hihihihi
tapi aku suka banget sama HQ dan Chicklit loh...gmn dong?

Ferina Permatasari said...

huahaha.. ibutio emosi...
aku baca twilight karena cover edisi bahasa inggrisnya yang keren. jatuh cinta sama Edward, makin jatuh cinta pas ada Jacob... (tapi gak jatuh cinta sama Bella-nya)...
*blom nonton New Moon..* soalnya males liat Robert Pattinson yang suka sok cakep.. mendingan ngebayangin aja sambil baca..

S Nataly said...

Baru denger ada trend yg mengikuti selera temen .. seriously?? beneran nih? aneh banget ..kesannya ga punya pendirian banget..hehehe :)

natnat thea said...

oh aku gak suka bella, butio. hihihihi

omuniuum omuniuum said...

boit : ngga' suka twilight dan 2012. tapi no problemo, emang soal selera kok. suka koil tapi banyak yang ga suka juga. suka roro mendut, bukunya yang beli banyakan beli twilight saga. jadi ? biarkan saja ibu tioooo... orang cuma bisa ngomooong.. :D

Susi . said...

itu kan masalah selera, Nit....di antara sesama penggemar HQ juga seleranya beda-beda kan :D ada yang suka Nora Roberts, ada yang suka Diana Palmer...tapi ada juga yang gak suka Johanna Lindsey :D

Susi . said...

daripada kecewa ya, Fer :D

Susi . said...

betul....dan yang nulis resensi twilight ini baru saja mengaku kalau selama ini dia juga terbawa arus dalam memuja trilogi The Lord of the ring....sekarang baru sadar kalau dia gak suka, tapi selama ini takut dihakimi sama penggemar TLoTR.....aneh banget kan.....kenapa harus mengikuti selera orang *kasihan mereka*

Susi . said...

memang dia semakin menyebalkan di eclipse....tapi aku tidak menyalahkan tindakannya di new moon *bahas terus* Naaaattt....satu baris lagi nihhhhhh (lmao) *tunggu emailku*

Susi . said...

aku juga suka roro mendut, tapi kalo twilight lebih laku, kan Boit senang juga....hahaha.....*mulai pasang tutup kuping*

dyotami febriani said...

biarin ah d katain lebay n tlalu hype, yg penting cinta ama Edward Cullen! Tapi yg versi novel, bukan yg d filem. Ga tlalu suka Robert Pattison hahaha

Susi . said...

toss ah :D

Uci - said...

Waktu baca new moon emang males, tp stlh ntn filmnya skrg malah semangat lanjutin eclipse :)

Susi . said...

ayo semangaatttt......cukup seru pertempurannya.....tapi Bella kenapa semakin menyebalkan (spoiler) hehehe

Neneng Ceriwis said...

kalimat paling nancleb teh nu di buku mana ya... yang dia bilang teh *kira-kira* "saya ini lahir di jaman kuno, jadi etiket saya juga masih kuno". Buku ketiga meureun ya?

alfi yasmina said...

mina milih Jacob aja hahhahahhaha *tetep*

alfi yasmina said...

menurutku paling bagus yang Breaking Dawn, banyak bagian Jacobnya :p dan brondong lucu sidekicknya Jacob itu...

Aryna Aryn said...

wakakakak, kayanya saya tau review siapa di goodreads.

ehem, saya termasuk yg ngga suka Twilight, tapi ngga pernah menghakimi pembacanya, itu kan selera orang, masa mau dilarang, hanya aja, gambaran Ed yg ketinggian itu unreal aja buat saya. (Kebetulan saya ada buat review Twilight juga di multiply)

Film Twilight, teen movie banget, tapi sekiranya ngga boring
Film New Moon, at least udah ngga berasa teen movie dan esensi buku lebih dapet tapi sorry aja, nyaris tidur nontonnya.

I just don't like the book. I don't like Bella & Edward, but I like Kristen Stewart & Taylor Lautner :D

And I'm team Jacob


Ngga ada yg salah dengan Bella & Edward, tapi banyak orang yg udah membaca buku lebih berat dengan karakter lebih tangguh dan nyata kecewa. The Book is so popular, they expected something different, but they did't find it in Twilight. It's not the book or the fans problem. It problem for they who is expecting more than just a love story (yeah like me)

Ally Fier said...

baru tahu kalau Kelompok Pembenci Twilight sampai segitunya
(lmao)
Mereka pasti pada masang tampang ngejek yah kalau baca kalimat
"beneran deh meleleh pas baca Twilight"

fickle boon said...

echan baru akan review nanti malam :D baru aja kelar nonton hhehehehe

maria lubis said...

aku akhirnya nonton twilight di hbo, ya lempeng aja, seperti nonton film-film lainnya
tapi sepakat sama mahmin, jacob kewen *apalagi di nyumun ya, katanya sixpack? nyammm ... hahaa*

alfi yasmina said...

belum nonton nyumun, yah, mahlum? wajiiib. keren perubahan dari jacobnya jadi serigala.

Restiani Tan said...

couldn't more agree with you, i luve Edward Cullen also.

Susi . said...

iya...siapa tuh namanya....*jadi lupa* werewolf muda yang baik....hihihi.....aku kan mengerti selera Mina *kirim buku yang berlumuran darah*

Susi . said...

hehe...makanya saya menikmati saja bukunya....namanya juga fantasi, memang unreal *tetep cinta Edward*

Susi . said...

mungkin karena penggemar twilight yang baru-baru itu sering bikin postingan yang lebay.....hehehe....waktu ada liputan di tivi tentang serial twilight itu, memang lebay banget orang-orang yang diwawancaranya :D *jadi inget klub pembenci Bella yang didirikan tahun lalu * :))

Susi . said...

heuheu...reviewnya blom keluar, aku dah tau kira-kira isinya kok *bongkar plurk*

Susi . said...

peyutnya ada tahunyaaaaa :))

Susi . said...

kan blom ada yang jagain lumlum....kecuali lumlum dibawa masuk bioskop :D

Susi . said...

fufufufufu........ternyata di sini aku banyak teman :))

fickle boon said...

udah diripiu kok :D

Susi . said...

iya...aku kan dah mampir....echan kan udah kasih pengumuman kalo suka sama soundtracknya :D

fickle boon said...

kyahahahaha..oh iya yah :P

Aryna Aryn said...

ada klub pembenci Bella, dimana :D

Susi . said...

huhehehe....waktu itu Ally yang bikin.....bener gak, Ally? waktu itu kami gak suka Bella di New Moon :)) tapi memaafkannya di Eclipse :D

Ally Fier said...

udah bubar. hahaha. Soalnya yang dibelain (baca:Edward) toh anteng2 aja ngeliat apa yang dilakukan Bella.
^_____^

panda surya said...

wah baca ripiuna sayah jadi pengen baca buku twilight atuh....:-p
bisa minjem ibutio?? *wink2* *sayah pandasurya tea..*

Susi . said...

Boleh panda po ya manis dan lucu:-D mau kapan ketemuan:-D

arum barmadisatrio said...

ahhh aku sih baca2 aja....udah selesai keempat2nya jauh sebelum pada bikin kubu2...gitu