Thursday, December 17, 2009

Avatar


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Hampir kecele waktu mau nonton film ini, dikira Avatar the last airbender yang diadaptasi dari versi kartun produksinya Nickelodeon. Ternyata ini Avatar kerjaannya James Cameron yang bikin Titanic. 




berikut sinopsisnya dari 21cineplex:

Jake Sully (Sam Worthington), mantan angkatan laut Amerika yang terluka dan cacat akibat perang. Ia terpilih untuk berpartisipasi  dalam program Avatar, yang memungkinkannya bisa berjalan kembali. Jack menuju ke Pandora, sebuah hutan nan subur yang penuh dengan berbagai macam makhluk hidup, sebahagian indah dan sebahagian lagi menakutkan. Pandora juga rumah bagi suku Na’vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki Pandora untuk meneliti kandungan mineral yang ada disana, suku Na’vi memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman
Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Karena manusia tidak dapat menghirup udara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk-mirip-suku Na’vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Di Pandora, dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanita muda Na’vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).
----------------------------------------------------------------------
dan ternyata saudara-saudara............filmnya kereeeennnn banget.
Film science-fiction yang dibarengi fantasi ala film animasi benar-benar membuat saya terpana. Terpana karena James Cameron berhasil menghadirkan suasana hutan fantasi beserta isinya yang memikat hati, terutama hati saya yang sudah bertahun-tahun tidak menginjakkan kaki ke hutan belantara. Hutan Pandora ini mengingatkan saya akan hutan hujan tropis dengan segala jamur yang bisa "glow in the dark" sekaligus juga mengingatkan saya dengan hutan terumbu karang, karena si biji-bijian dari pohon besar di sana bergerak seperti ubur-ubur dan bentuk-bentuk jamurnya yang meyerupai aneka jenis binatang karang yang aslinya memang cantik.
Belum lagi gunung terapungnya....waa....beneran keren....kepikiran gitu bikin gunung terapung. Kata miss Harisa yang menemani saya, idenya original.....hmmm....
Bahkan manusia Na'vi sendiri juga unik, dengan mata, telinga, gigi, hidung dan juga buntut menyerupai kucing, tapi tubuhnya langsing seperti suku Masai di Afrika hanya saja kulitnya berwarna biru cyan plus rambut panjang yang ternyata berfungsi sebagai antena penghubung dengan makhluk-makhluk Pandora jika dibutuhkan
Bagi pecinta ungu, pasti panik liat film ini. Nuansa ungu mendominasi dari awal sampai akhir, bahkan makhluk kombinasi antara hiu martil dengan badak( eh...ternyata dia punya nama Hammerhead Titanothere) juga ada bercak keunguannya makhluk yang keren kan???
Ikatan Na'vi dengan makhluk tunggangannya betul-betul personal, karena saat mereka menunggang direhorse (kuda berkaki 6) atau ikran, pikiran mereka tersambung melalui "antena" hewan dengan kuncir panjang suku Na'vi ini. Tidak saja dengan hewan, koneksi serupa juga terjadi di seluruh hutan, sehingga hutan membentuk satu jaringan/network seperti internet, wah....betul-betul mengingatkan saya akan kuliah ekologi jaman dulu kala dan permainan yang dibuat Joseph Cornell melalui bukunya Sharing Nature with Children
Pokoknya kalo mau dibahas semuanya, cukup buat dibikin buku
Pulang nonton, langsung browsing ke http://www.avatarmovie.com ternyata ya....si James Cameron itu niat banget bikin bahasa Na'vi, sampai nyewa ahli bahasa buat menciptakannya, juga pelatih bahasa untuk melatih para pemainnya. Bahkan untuk segala hal tentang Pandora, dibuatkan khusus site pandorapedia, jadi bisa cari-cari keterangan tentang semua mahkluk di Pandora
Hanya saja, Sigourney Weaver sepertinya masih terbawa gaya Ellen Ripley di film Aliens, sementara Sam Worthinton kereeennnn banget....hehehe.....sama cool-nya dengan di film Terminator salvation kemarin itu.
Pesan moralnya sih mirip-mirip dengan film yang release tahun ini.... jaga keseimbangan alam, sejalan dengan isu global kan? tentu saja dibarengi dengan setia kawan, dan cinta sejati....hihihi....hati-hati yang mau bawa anak kecil, karena film ini memang ditujukan bagi remaja, jadi ada sedikit adegan mesra.
Terharu banget dengan adegan penutupnya......jadi.....nanti senin nonton lagi dong.....untuk menikmati film 3Dimensinya
*segini dulu aja yang keinget....nanti ditambahin lagi*

20 comments:

yulianto yin said...

hehehehe...langsung dibikin review-nya hehehe..
benerkan apa yang kubilang...Avatar ini keren hehehe...
film ini sudah heboh dari tahun lalu hehehe...bahkan sudah dielu-elukan sebelum filmnya kelar karena film ini film pertama yang menggunakan Motion Capture Technology...film keduanya adalah Tintin.
Oya ide gunung melayang itu tidak terlalu orisinil hehe karena Hayao Miyazaki sudah membuatnya di Laputa: Castle in the Sky dan film animasi perancis Dragon Hunters.

antie nugrahani said...

sukaaaaaaa :D

Neneng Ceriwis said...

... mending nonton di imax atau di bioskop biasa yaaaaa.... :D

Yayan a.k.a Fathin said...

Sejauh aku baca review temen MP yang lain, gak ada yang gak terpesona dengan film ini. *penasaran*

Caroline Atmadja said...

jadi pingin nonton

UmmiMia Mia said...

waduh, idem, aku pikir Avatar si Aang itu, yg ada panah di jidatnya

EkaM Irawan said...

Wah filmnya bagus ya Ibu Tio..
liat promonya sempet ragu2 karena keliatan serem, ah nonton yg 3Dnya ah...

yohana halim said...

pengeeen ^_^ TFS

Maya Siswadi said...

ahh...kapan punya kesempatan nonton bioskop ya...**ngayal.com**

Ike Hermawan said...

tfs, teeeh...:D emang pengen nonton tapi masih ngantriiiiii...:D

Harisa Permatasari said...

ah, jake sully... *masih ngacay tiap inget dia* :p
dan maksutku idenya original bukan spesifik soal gunung terapung, tapi the whole idea of this movie...
it feels so Fresh... :p

Q s said...

udah nonton yang 3D dooooong...
kewweeeeeen....
tapi lebih keren lagi kalo ceritanya cuma tentang suku Nav'i dan hutannya aja
gak usah ada tentara dan mesin2 perusak itu :(

Yunita Caroline said...

setujuuuhhh, ngasi 5 bintang....
mo nonton 3D-nya juga niyy.....
btw, si pemeran jake sully beneran lumpuh?
oh iya, aku nangis pas adegan rumah pohon di tembak...makin ga pengen beli motor ...

maria lubis said...

cari sumpel telinga aaaaah ... buat sakya
hihihihiiiii

Ida Wajdi said...

ooow, kupikir pandora itu sejenis planet yang mirip bumi :))

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

oh, aku kira juga Avatar yang based on comic dan salah satu pemerannya Dev Patel sebagia pangeran Zucko itu. Ternyata yang lain toh....thanks reviewnya...mmmm diberi bintang 5 yah, kudu nonton neh..

arum barmadisatrio said...

kemaren juga mau nonton ini di bsm.....tapi akhirnya nonton new moon aja......

dinny kus andiany said...

pengennnn nungguan nenek k bandung heula

fickle boon said...

ini temen temenku juga nanyain kayak gini nih...
pemeran jake sully-nya sehat wal'afiat lohhh Mbak :) *Salam kenal*
keren banget efek kakinya bisa kecil begitu yah

imgar imama said...

kerenn..