Tuesday, June 17, 2008

Mahalnya sebuah Pelajaran

Ini masih cerita sambungan yang ini dan yang ini.

Saya memutuskan membatalkan keberangkatan ke Ancol hari selasa tanggal 10 Juni, sepulang Tio sekolah.

Sebetulnya, saya gak pengen diam-diam, tapi demi kebaikan bersama, saya pilih tidak ribut-ribut waktu saya mengundurkan diri.
Pertimbangannya...kalo saya ribut-ribut, maka saya akan "dituduh" sebagai "penghasut" oleh pihak sekolah, yayasan dan travel.
Saya toh sudah "mengompori" orang tua murid lain sejak tanggal 2 Juni lalu, untuk memboikot kegiatan ini, tapi toh yang berani ikut dengan saya hanya 3 orang, jadi untuk apa saya sekarang ribut-ribut...malah menambah keruh suasana.

Hari selasa tanggal 10 Juni saya mengundurkan diri, hari kamis tanggal 12 Juni, salah satu perwakilan orangtua (tentu saja bukan saya) dipanggil pihak yayasan, yang mengkonfirmasi bahwa pihak yayasan dan travel sudah "mengalah" dengan keinginan ibu-ibu, bahwa bis yang dipakai adalah 2 bis kapasitas 45 orang plus satu pregio untuk guru.
Pihak yayasan "menyayangkan" sikap Mamanya Tio yang malah mengundurkan diri, padahal pihak yayasan dan travel sudah "berkorban" mengurangi keuntungan.
Saya hari itu cuma nganter Tio, trus pergi survey dengan Ulu ke pasar baru, jadi saya gak tau kejadian itu.
Pulang dari pasar baru, saya memang dapet telpon dari salah seorang orangtua, katanya saya siang tadi jadi omongan satu sekolah, karena udah ribut-ribut minta bis segala macem, eh malah mundur. Saya dituduh calo Jackal lah...inilah...itulah.... ahhh saya gak ambil pusing lah..sebodo amat.

Ehh besoknya, urusan saya memutuskan gak jadi ikut ke Ancol berbuntut panjang. Sampe di sekolah pagi itu saya langsung diserbu ibu-ibu orangtua murid lain.
Ada yang sedih, karena dia gak bisa "setega" saya dengan memilih gak ikut, ada yang marah karena saya dituduh "tidak setia kawan", ada yang ngejutekin karena saya dianggap "curang" karena diam-diam mengundurkan diri.

Hari itu menyebalkan sekali, karena saya dipojokkan, seakan saya "cuci tangan" soal piknik itu. Didepan semua orangtua murid (kami memang berkumpul, karena itu hari terakhir sebelum keberangkatan ke Ancol tanggal 17 Juni) saya menyatakan bahwa saya memang benar memutuskan untuk tidak ikut ke Ancol. Uang piknik dikembalikan 100%, seperti janji pihak yayasan, saya sangat hargai itu.

Tapi kalo ditanya alasannya, kenapa kok akhirnya menyerah, setelah berjuang sekian lama....saya menyatakan, tidak ingin menderita di Ancol nanti, karena terus terang saja, saya sudah melihat gelagat tidak baik dari pihak travel, dan sebelum menyesal, saya pilih mundur. Saya jelaskan juga (padahal gak perlu dijelaskan sihhh), kalo saya nggak ribut-ribut, supaya tidak ada tuduhan saya menghasut orangtua murid.

Sebetulnya aneh juga kan....saya mengundurkan diri diam-diam, tapi kok seluruh sekolah kok sudah tau....lhaa....siapa coba yang "ember" membocorkan ke seluruh orangtua....

Dannnn.....apakah yang terjadi, siangnya.....mendadak terjadi perubahan bis yang dipakai...semula yang dipakai adalah 2 bis berkapasitas 45, mendadak siang itu diubah jadi 2 bis berkapasitas 59 orang

Beberapa orangtua kembali meminta saya untuk membantu mereka untuk mendapatkan haknya kembali.....lhaa....gimana sih....tadi pagi aku dicaci, siangnya kok dibaik-baikin lagi....
Saya bilang...saya kan sudah mengundurkan diri, ngapain saya ribut-ribut lagi sekarang. Gak banyak omong saya langsung pulang, gak pake pamit...biarkan para orangtua lain belajar membela haknya.

Hari Sabtu malam...seorang orangtua murid menelpon, katanya saya diminta datang sama ketua yayasan hari senin tanggal 16 Juni buat "membersihkan nama saya"
Hahhh....saya bilang buat apa? Menurut teman saya, ternyata pihak sekolah dan yayasan selama ini tersinggung karena merasa dianggap bodoh oleh Mamanya Tio.....
Halah....kenapa juga mereka gak berani nelpon saya langsung, kok pake orang lain buat ngundang saya.

Berhubung hari senin 16 Juni sudah janjian sama teman-teman Jalansutra Bandung buat Samsut Levinia....saya memilih pergi ke Warkop Purnama ajah, ngapain dateng ke Yayasan buang-buang tenaga...saya gak merasa salah, saya juga selama ini ngomong baik-baik, selalu minta maaf setelah berdebat, dan begitu keluar ruangan kepala sekolah, saya sih gak pernah dendam yang terus dipikirin.
Saran dari semua kenalan saya  (Mamana Trixie juga ikut mendukung) plus suami dan mama saya juga sama....gak usah lah pake "membersihkan nama" segala...toh nanti juga keliatan siapa yang bener siapa yang salah.

BTW...Tio akhirnya gak jadi ke Ancol, kan rencananya saya mo kesana berdua Tio pake kereta dari Bandung, tapi karena hari minggu habis ikut tur Kereta Api bersama BandungTrails, ternyata Tio merasa lelah, jadi keberangkatan ke Ancol kami batalkan.

Pagi ini.....(pikniknya kemarin tanggal 17 Juni)..seorang nenek  wali muridnya Bella, temen sekelas Tio menelpon.
"Mama Tio...aduhhh pikniknya kemarin seru banget....rasanya puas deh....puas kecewanya"
Ternyata seperti sudah diduga....bis yang dipakai tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Kalo minjem istilah neneknya Bella, itu bis kok sama kualitasnya dengan orang kampung sini kalo piknik.
Blom lagi urusan makan, sarapan yang dijanjikan ternyata tidak ada, alesannya, menu hari ini tertukar dengan menu rombongan besok....hahhh....kok bisa.
Dapat dibayangkan, anak-anak kelaparan, karena sarapan tidak ada, hanya ada bolu kukus beberapa potong.
Sampai Ancol, ternyata untuk masuk wahana, antrian sangat panjang....jadi selesai menonton baru pukul 14.30, dan makan siang baru dibagikan pukul 15.00 yang tentu saja, seperti sudah diduga sebelumnya, menu tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

BTW...si Pak Agus yang orang travel yang katanya profesional itu....datang ke ancol lengkap dengan istri dan kedua anaknya... idihh....ikutan piknik sekeluarga ternyata.

Karena dijanjikan nonton Police Academy yang katanya adalah bonus karena kualitas bis dikurangi (padahal....itu tiket police academy sudah dibundel bareng tiket masuk...pembohong benar itu travel, boleh di cek ke Ancolnya), maka rombongan baru pulang pukul 18.00.
Jam segitu sudah menjelang makan malam dong, jadi akhirnya bis berhenti di kampung Arab (wah...dimana ya, kok saya gak tau) untuk makan malam....tentu saja bayar sendiri karena tidak termasuk harga travel. Tapi... berhubung jumlah rombongan hari itu ada banyak sekali, jadi rombongan TKnya Tio sudah tidak kebagian makan...akhirnya bisa ditebak...rombongan pulang dengan kelaparan, dan baru tiba di Bandung pukul 23.00

Alhamdulillah...saya gak sempet mengalami hal seburuk itu....tapi ikut sedih mendengar ketidaknyamanan itu....sedih juga, karena nama sekolah jadi semakin buruk di mata orangtua murid....sedih juga, awal yang baik dulu...waktu saya memutuskan untuk menyekolahkan Tio di sini, harus berakhir kurang baik seperti ini.

Ya sudahlah....yang pasti pelajaran hari kemarin itu merupakan pelajaran  yang amat sangat mahal yang harus dibayar oleh pihak sekolah.

Saya sangat tidak suka harus bilang...."Tuh...kan...apa kata saya"....tapi memang sepertinya itulah yang akhirnya terjadi.

137 comments:

antie nugrahani said...

oh, masih ada sekuelnya.. hihihihi... baca dulu ah :D

perca endah said...

ooh......
menyebalkan sekali..:(

Uci MomKavin+Ija said...

ya ampyunnnn

makasihh buat pelajarannya yaaa

Gunawan Widjaja said...

untung teh uci kekeuh

indry hadiutami said...

ya ampun... kasian banget anak anak yang jadi korban...
TFS ya teh...

dewi wakkary said...

akhirnya tuntas sudah cerita yang bu? lengkap dengan segala kekecewaan. nggak bisa ngebayangin anak-anak TK yang harus menahan lapar sampai bandung

Susi . said...

masihhh...hehe

Susi . said...

iya deh...untung aku orangnya memang sompral begini...nekad...tapi klo aku ikut...kayaknya itu orang travel..aku jongkroking kelaut juga

Yenny Syahbuddin said...

hmm..urusan anak sd yang piknik2 model gini udah lama saya gak pernah setuju apalagi sekarang2 dimana harga bbm yang naik dlsb-nya. kadang-kadang para ibu2 kurang empati buat yang lain...apalagi klo anaknya juga baru kelas 1 atau kelas 2....

Susi . said...

sama-sama mbak Uci...klo buat anak-anak sih saya selalu mendahulukan faktor kenyamanan dan keamanan

Susi . said...

iya...aku memang keras kepala....syukurlah

Susi . said...

iya...makanya saya teh keukeuh memperjuangkan....kalo dah gini, anak-anak yang susah

Susi . said...

tuntas...tas...tas...kasian memang....

endang paloepiningrum said...

Ortu Vs yayasan, ortu vs travel agent, akhirnya ortu vs ortu.. hihihi..
Untung udah batal dari awal.. ortu2 yang plin plan akhirnya tetep rugi.. :D

Susi . said...

iya....soalnya kadang yang pengen piknik memang orangtuanya aja....saya malah salut sama orangtua di SD pasir pogor, tetangga sekolah Tio....di hari yang sama mereka memang berencana piknik ke waterpark ancol juga, karena pertimbangan anak kelas satu dan dua SD masih harus didampingi orangtua, bahaya soalnya main air....orangtua murid kompak...sepakat dibatalkan saja...gak ada ribut tuh...

Susi . said...

iya...sebalnya memang ada ortu yang bermuka dua...kesekolah ngomongnya manis, dibelakang ngejelekin, trus sekarang...kecewa kannn

Bayu Amus said...

gak usah repot2 bersihin nama baik segala macem, bukti udah berbicara ya bu? =)

Q s said...

tuh kan... apa kata butio... :D

Susi . said...

bener, Bay....makanya aku menolak ketemu ketua yayasan...capek dehhh

Susi . said...

emang ibu tio bilang apa? :D

molly maulina said...

eleuh kebayang kasian anak2 yg ikut piknik :(

Susi . said...

iya...ih....separah-parahnya piknik kereta kita kemarin itu, gak separah ini....hehe....emang piknik kemarin kita itu parah ya:D

Linda Fitriwati said...

Ya ampun ternyata panjang ceritanya ya Ci...
Kasian amat anak2 itu kelaparan dan gak nyaman. Pasti pada runsing.
Untung Tio gak jadi ikut.

Ida Wajdi said...

aaah, puas rasanya ternyata ending memang tidak menyennagkan, meski kesian juga temen-temennya Tio itu:D

Susi . said...

iya..bersyukur...ibunya keras kepala begini...hehe...tapi memang jadi ribut berkepanjangan sih....

Ibu Ranger Harley said...

duh.. kesian anak2nya dong klo kyk gitu...
:((

Susi . said...

sedih aja, Ida...sebetulnya gak ngedoain jelek....tapi ternyata emang kejadian....

Susi . said...

yah...itulah yang saya perjuangkan dari dulu itu...biar anak-anak tidak menderita

Dyah Wahyu said...

untung sih boleh..tapi profesionalitas jg ditunjukkin donk.
anak TK lagi ...duh trenyuh :(

Susi . said...

makanya...sekarang lagi survey nyari TK yang gak bikin acara piknik begini....

Ibu Ranger Harley said...

duh.. anak TK.. pergi jauh..
kelaperan pula...

kejaaaaaaaam!!
kejaaaaaaaammm!!

(secara di sekolah Ardi, pas porseni aja makanannya ampe 2x!! )

dydy dydy said...

tk mana sih? di black list ajah

Susi . said...

saya juga kalo bikin tur, bukan untuk anak-anak nih....yang namanya makanan itu mengaliiirrr, soalnya kepuasan orang itu terletak di perutnya :D

Susi . said...

hihi...ada spanduknya gede banget di depan kompleks margahayu raya... spanduk merah kuning...yang mengiming-imingi bahasa inggris, komputer, dll....kasian..banyak yang tertipu :(

antie nugrahani said...

butio... pindah ke sekolah si ulet aja tuh... eh, tapi jauh ya, di pasir impun....

Atina G said...

Wah masih baek semua ortunya yah. Anak TK gitu sampe kelaparan dari sarapan pagi, makan siang, makan malam juga, harus dituntut itu. Dah melanggar perikemanusiaan.
Dipihak lain, koq bisa yah pada tega, at least si penanggung jawab harusnya langsung ambil uang dari koceknya buat beli sesuatu untuk makan anak-anak, toh dimana-mana ada warung dan resto kan disana. Bener2 tidak manusiawi.
Harus dimasukkan koran itu Mbak.
Aku yang baca aja mendidih banget rasanya. Soal bis masih yah...bisa dilupain dikit2, tapi soal menelantarkan anak itu yang aku ga bisa terima sama sekali.

Susi . said...

hihi..deket sini juga ada...pokoknya jauh-jauh hari diinterogasi dulu kepala sekolahnya soal program-programnya....gak perlu muluk-muluk...yang realistis ajah

Susi . said...

ya begitudeh.... orangtua di sini kan tipenya memang pasrah...susah juga... cuma pada bisa ngomong di belakang tapi gak berani untuk menuntut haknya....biar jadi pelajaran juga buat mereka

Stella Utomo said...

aduh kasian sekali...anak2x kelaparan.....
kmrn jalan2x ke sukabumi aja, aku dah takut peserta kelaparan malamnya....syukur2x ternyata masih cukup kenyang waktu sampai di jakarta :-)

Susi . said...

iya...saya juga kalo bikin tur begitu....selalu dibuat lebih di makanan...soalnya kalo orang laper, segala jadi...

Stella Utomo said...

setuju...yg paling penting ga boleh membiarkan peserta kelaparan.....

Syanti Dewi Erawati said...

waduh kasian ya teh yg terlanjur kudu ikut :) , payah pisan..

Neneng Ceriwis said...

wah, kita lihat aja reaksi sekolahnya gimana...
untung teh uci ngga ikut.... ngga kebayang kalau tio kudu kelaparan...

natnat thea said...

Sekolahnya di mana sih buTio? hih ngeselin. Kasih tau dong.

Welly Ferdinand said...

Wah.. sudah seperti yg saya duga dari cerita pertama udah ketahuan itu agen travel ngga beres.
Kok tega2nya ya bikin anak2 kelaparan begitu.. kalau orang dewasa masih bisa tahan kalau anak2 kan kasian.. duh jadi ikut sebel.
Sekarang setelah kejadian begini bagaimana nih pihak sekolah ? apa diem2 aja seolah2 ngga terjadi apa2 ? .. hehehe.

Ira Silva said...

Duh.. bener2 kejadian "yang diharapkan banget" turut sedih.. tuh.. kan.. kata saya juga.. percaya deh ama Susi...
iiiih....gemes denger ceritanya sampe 3 jilid gini. Alhamdulillah Sus, di sekolah anak gue nggak pernah sampe segininya, kalo piknik deket2 aja nggak terlalu ngeberatin jadi proyekan kayak gini.... :p

Dely d'Lisle said...

Akhirnya.... tanpa membersihkan nama baik, semua orang bisa jelas melihatnya. Gemes banget ma pengurusnya.... fakta berbicara. Sayangnya masih banyak orangtua murid belom berani membela haknya.. semoga jadi pelajaran deh tuh.

Yunita Caroline said...

emangnya TK skrg akhir taon ajaran pake piknik2 gini?
mending pentas seni, nampilin hasil pendidikan anak2 di sekolah tsb
jd tambah ilmu niy, utk survey TK buat Angie

Arie - Bunda Icha Anakku Sayang said...

makasih sharenya Teh..kebenaran pasti akan terungkap ya Teh..:)

Tina Amalia said...

Tuh...kan...apa kata saya....
kalo permulaannya udah enggak beres pasti kesananya juga kacau deh.... :(
yg harus bersihin nama itu yg ngurusin travelling ke Ancol dong ahhh.... :D

Iqbal Z said...

Kok bisa gitu sih pihak sekolah dan travelnya ...
Tuntut ajahhh

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

Minta sekolahnya membersihkan nama mereka sendiri mba hehehehe…..alhamdulillah Mba Uci memilih keputusan yang benar-benar tepat…

Susi . said...

hehe..makanya kalo tur sama saya...budget terbesar selain bis adalah makan...snacknya aja bisa 3 kali plus ada ini itu

Susi . said...

iya...sekarang pada misuh-misuh semua

Susi . said...

hehe...aku tak mungkin kelaparan....karena daku kalo bepergian, minimal ada roti tawar satu pak (udah diisi selai dll), lontong, risoles, timbel, abon, kentang kering dan sejenisnya...blom biskuit, susu, buavita... hehe... pokoknya pergi sehari sama seminggu sama aja :D

Susi . said...

hehe...adalah....

Susi . said...

konon kabarnya guru-gurunya pun diam tak berdaya....ah....pusing deh...

Susi . said...

iya...besok saya sama beberapa temennya Tio yang kemarin gak ikut piknik mau piknik ke taman lalu lintas :)

Susi . said...

iya...biar ortu lain belajar juga....belajar membela diri, membela haknya sendiri...

Susi . said...

taun kemarin pentas seni....tahun ini pengen beda...piknik...

Susi . said...

terima kasih...

Susi . said...

hehe...leres Teh....da abdi mah teu ngurus nanaon...ngurus Tio wungkul

Susi . said...

huh...dari kemarin2 sudah saya tuntut kok...tuntut pertanggungjawaban

Susi . said...

iya syukurlah....padahal sempat terombang-ambing...di satu sisi kasian Tio...untungnya hari minggu kemarin udah jalan-jalan,jadi dia sudah cukup senang

Yenni Hartati Svensson said...

>semoga menjadi pelajaran buat yayasan dan buat orang tua murid yang seneng bermuka dua seperti teteh bilang tadi....
bravo....ternyata apa yang teteh bayangin tsb, benar terjadi.....

Ibu Ranger Harley said...

kapan2 klo mbak pergi2 aku ikyuut dong..
:P

UmmiMia Mia said...

kasian ama sih, nyiapin anak TK jalan2 koq ga prof gitu
anak2 kan perlu makan yg cukup, masa ampe siang baru makan, ga sarapan
ikut sebel, teh Uci

Dessy Ojong said...

aduh.. kasihan sekali anak-anak kalau sampai larut begitu pulangnya..

Siti Mulyani said...

karunya ka barudakna ihhhh.. tega pisan eta nya...emang pihak sekolahan teu merasa rugi kitu?? orang yayasan ikut teu teh?? apa mereka mah beda fasilitas na??

duhh kesian deh anak2

Evin DCh said...

kasiannya anak2 dikorbankan buat kepentingan yayasan n keuntungan travel.. paling skr mereka yang sibuk membersihkan namanya dengan pembenaran2 versinya sendiri, hih cape deeehh..

Peni Astiti said...

berarti keputusan teh uci udah oke! naluri ibu yang tak terbendung...
halah, ngomong apaan sih, ini... hahahaha...

Dany Primanita Kartikasari said...

ooo bersambung ternyata... wah mbak, kalo udah gitu sih, hajar aja travelnya... kirim ke surat pembaca.

mila savitri said...

sebel banget ama pihak2 yang mo untung sendiri gitu, gak pake otak dan perasaan deh gmn dampaknya buat konsumen, in this case si anak2 itu...huuh aku ngbayangin klo anakku digituin langsung kugetok tu orang travel...btw harus blajar ni ma ibutio biar bisa kritis n tanggap, biar gak dirugiin...oiya, ada peran IOM kah disitu? biasanya kan IOM jadi penjembatan masalah2 ky gini...

Wiwie ... said...

Heran, yang mau piknik kan anak2, yg mau bayar kan ortunya anak2, kenapa dari awal nggak diserahkan ke forum ortu? Lagian, ortu juga pasti punya kebijaksanaaan, bikin patungan untuk ngongkosin para guru supaya bisa ikut serta kan?
Untuuuuung Tio nggak jadi ikut ya? Terus gimana tuh anak2 yg ikut piknik, apa nggak jadi pada sakit tuh gara-gara makannya nggak bener?

Ayi Purbasari said...

wah seru ceritanya nih Ci, sampe 3 sequel
mentang2 dealing sama emak-emak, sangkanya akan pasrah aja (gggrrrgghh)
ga boleh begitu doung..

masak piknik anak dijadikan bahan cari untung..

btw kalo piknik sih emang suka ga bagus makannya, tapi kalo sampe kelaparan gitu mah ah terlalu!

Ayi Purbasari said...

btw lagi Ci (masih geregetan)
anak TK ngapain piknik jauh? ripuh !

dan ga usah pembersihan2 diri itu ya Ci; akan secara substansi dan cara, ga ada yang salah kan?

Susi . said...

iya....sedih kan...

Susi . said...

hihihi...emak-emak kan gitu...segala dibawa

Susi . said...

iya...makanya saya selalu cerewet soal makanan...anak-anak kan suka rewel kalo bepergian

Susi . said...

iya...saya juga udah pertanyakan dari awal....kenapa harus memaksakan nonton police academy? demi tiket gratiskah? saya sebetulnya maksa pergi ke seaworld...yang tidak dibatasi jam masuknya. Police academy itu ada jam main-nya jadi terikat sekali

Susi . said...

wah.....abdi teu tataros....sigana mah ikut....tapi da dapet fasilitas sama

Susi . said...

emanggg....saya mah jelek juga da udah gak ada di sana lagi....itu sekolah kan seumur-umur ada di sana, apalagi pemilik yayasan adalah orang ternama di daerah sini....ya....itu urusan dia lah...

Susi . said...

hehe...tapi bener juga sih, Peni....kadang emang saya milih ngikutin kata hati

Susi . said...

kalo saya kemarin ikut ngalamin ya saya kirim....udah dikomporin kok....hehe...dasar "penghasut"....hihihi.. udah bilang ke ortu murid yang kecewa.....kita berhak kok nulis di surat pembaca...biar tau rasa...

Susi . said...

itu dia..... saya kan sekretaris IOM....trus temen saya yang sama-sama vokal itu juga wakil IOM... kami berdua keukeuh....berupaya sekuat tenaga menggagalkan kerjasama dengan travel itu.....eehhhh.... ketua IOM itu kan temen pengajian pemilik yayasan....jadi....menjelang hari H malah berbalik membela sekolah.... susahhh....

Susi . said...

itu juga yang saya omongkan dari awal....duit ya..duit saya...trus soal ngongkosin guru...uh....kami itu orang tua murid yang tau diri....masak guru disuruh bayar.....trus kalo perlu kami ongkosin juga buat jajan-nya plus juga anak-anaknya (sekolah lain juga gitu)...waaa....blom wawancara anak-anak:)

Susi . said...

Teh...jaman sekarang orang piknik ke ancol itu justru enak makan-nya....karena kebanyakan daripada pusing, travel-travel itu ngasih pilihan makan di McDonald, A&W, Hokahoka Bento ato timbel yang ada di restoran situ.....jadi pasti enak kok....
huh...memang....disangkanya emak-emak cuma bisa pasrah....

Susi . said...

hehe...udah survey ke 3 TK...semuanya gak ada acara jalan jauh ke ancol ato keluar kota manapun... makanya udah yakin banget nih, pindah sekolahnya.
Ah...saya memang udah gak perlu bela diri....udah kejadian....hehe...

yulianto yin said...

weleeh.....kan apa ibu tio bilang....hehehehhehe

Susi . said...

hihi...ibutio bilang apa?

yulianto yin said...

hihihi....iya ya ibutio bilang apa ya??....*kaboooorrrrr......nyang punya dateeeeeng

Ida Wajdi said...

gehu siram aja pake air bekas cucian ikan butio:p

Monike San said...

tp yg begini ini, memang bisa ketebak kok..
kalo awalnya ga beres, pasti berakhir engga beres..
ada yg bilang, jangan ambil prasangka buruk.. tp entah kenapa, for me, itu selalu terjadi.. kalo sudah dimulai dengan engga baik.. engga pernah berakhir dengan baik jg :|

Susi . said...

ah...jangan...kasian....disiram coklat cair aja.....ih....itu lebih kejem....karena coklat cair kan panas....

Susi . said...

itu juga pengalaman saya....juga intuisi..ceile....tapi bener kok....dari awal udah terlihat gak beres...jadi saya memilih ngikuti naluri ajah...

Atiek Arief said...

Baru baca nih Ci.. juga cerita2 sebelumnya..
Bener2 nggak profesional Travel Agentnya. Lain kali usulin pake TAnya sekolah anakku (yang sama dengan sekolah anaknya adikmu itu lho..).. Udah terbukti oke, tiap tahun sekolah anakku pake dia selalu memuaskan. Sampe ke Jogja juga servicenya sangat memuaskan.
Tapi.. itupun kalo bisa usul ya, takutnya ntar pihak Yayasan jadi nggak dapet apa2..

Susi . said...

huh...saya udah keluarkan Tio dari sekolah itu....malah kata mama saya...udahh....nanti ke ancolnya numpang asih putra lagi aja....hehe....apalagi kalo panitianya mbak Atiek :D

Ira Silva said...

sigap, mantap segera.. semangat Si....!!!
*kompor mode on*

Susi . said...

daripada anakku menderita..sekolah kacau...gurunya aja pada keluar

Ira Silva said...

100
hihihih

Ira Silva said...

iya. setuju.. mendingan keluar ajah... :p
lagian anak TK dibiarin laper sampe jam 3 sore abis itu nggak makan malem kalo besoknya pada sakit apa travel mo tanggung jawab?? huh.. payah tuh

Susi . said...

haaa...Ira ikutan berhitung....

yuke virlianti said...

mmm... ikut prihatin teh... law off attraction... akhirnya kejadian juga

Dany Primanita Kartikasari said...

sebenernya si ga papa dijadikan bahan cari untung, asal jangan merugikan si konsumen. Selama konsumennya terpuaskan, pasti juga konsumennya ga akan sayang sayang bayar lebih. Jadi sama sama untung.

Lies Adjeng said...

baru mau nanya, cerita akhirnya gimana :-D
kasian ya Teh, anak-anak itu....btw spanduknya masih ada gak?
mau liat aaah ^_^

maria lubis said...

menunya shawarma dan pratha kari kambing? hihiiii

maria lubis said...

ohhh ... tio homeschooling aja, gurunya tante keren ini. dibayarnya pake kue-kuenya ibutio. mau teh uci? hihiiiiiiiiiii

Jane Albertina said...

untung ibu Tio ga goyah tetep pada keputusan ga akan ikut...hati kecil bisa kerasa sih ya..kalau udah bakal nggak enak ke sananya...

imgar imama said...

jadi pengen ke ancol.. :D

yohana halim said...

hah....tuh kan apa kata ibutio.....dasar si bapak travel @$%$#@$%......yayasannya dodol...minta dirimu klarifikasi nama besar...harusnya situ deh yang klarifikasi.....hidup ibu tio....
mbak inget nggak yang dirimu cerita di sekolahnya tio ada anak yang tampangnya beda karena dia mah mirip arab ? terus temen2 tio gak mau ajak main karena mereka bilang itu "cina"...aku dah smell something fishy about that school....kok kejadian kayak gitu bisa sampai terjadi......memang ada pengaruh orang tua, tapi....sekolah sebenarnya punya kesempatan besar buat menanamkan nilai2 universalitas ke anak2 diusia TK gitu.....

Susi . said...

iya, bu Yuke....kejadian....

Susi . said...

iya...betul...saya juga orang dagang....jadi ngerti banget kalo dagang harus untung....mahal gak pa pa....asal puas....lhaa...ini udah mahal...mengecewakan

Susi . said...

ada kok....masih berkibar....ada 2 di jalan margacinta situ...deket borma yang deket rumah saya, sama deket margahayu raya

Susi . said...

huh..klo itu sih, saya juga mauuu

Susi . said...

memang udah ada rencana kok.....buku homeschooling plus segala macem udah dipersiapkan.... bisi wae nanti Tio mogok sekolah.....disekolahin biar gaul....

Susi . said...

iya...hari saya mengundurkan diri itu, suami emang telpon....gimana kalo mundur aja...kok kayaknya ada yang nggak enak

Susi . said...

yuk....

Susi . said...

hehe...itu cerita bagian berikutnya....

dinny kus andiany said...

Duh karunya pisan eta barudak, mudah2an sakola Tio nu baru mah lebih baik, btw dah dapet skul buat Tio teh????

Susi . said...

barudakna sih senang...cenah...tapi emak-emakna....jadi keluar uang lebih banyak buat beli makanan di sana sini

Ira Silva said...

diantoooossss....
jadi penasaran... bisa jadi cerita bersambung ginih...
kalo Tio dah keluar crita doong gmana kluarnya, reaksi orang2nyah...
pasti ada drama lagi...
*haus nonton sinetron dan gosip* kekekkeke

Atiek Arief said...

Seep deh.. boleh. boleh.. aku sih seneng banget, ada temen ngerumpi sepanjang jalan.. hehe.. nanti ikut keluarga pak dokter aja ya.. Biasanya aku kalo pergi juga daftarnya ber-5. Padahal yang sekolah tinggal satu. Lumayan khan, ada yang ngurusin, nggak usah mikirin apa2 lagi, dan suamiku nggak capek nyetir.

Susi . said...

oho..jelas, mbak...aku kan dulu ke dufan juga ikut rombongan asih putra...gak mengecewakan...soalnya makan di mcD...kapan..kapan?? meni semangattt

Dessi WULANDHARI said...

Aku belum pernah sekalipun ke DUFAN.. :(

Susi . said...

ah...masa sih?? waktu sama anak-anak 92 tea gak ikut???

Dessi WULANDHARI said...

kapan? engga, blom pernah ke DUFAN
Ada² aja halangannya, yang sakit, ada acara lain, mobil mogok, ujian, tiba² dines kantor, aya weehh yang bikin ga jadi.

Tapi kata² temen², kantor kami pindah ke Ancol, di Pasir Putih, deket DUFAN.. hihihihi..

Susi . said...

ohh...waktu ke seaworld tea gak ikut ya? yang ketemu sama senior kita tea

Susi . said...

lhoo...bukannya dari dulu di situ? saya ama Yulia pernah nyari jurnal kelautan di situ

Dessi WULANDHARI said...

ndak ikut eyke.....

Dessi WULANDHARI said...

eta mah dulu LP2O LIPI atau LON LIPI

Di deket situ, sebelahan sekarang kantornya ama LIPI, gedung baru, blom setahun pindahannya dari MT Haryono. Kalo Pak Menteri mah di Gambir...

nanik dwiastuti said...

kesian dong anak2nya.... mendingan tur kereta api kemaren ya teh? :D

Susi . said...

haha...Tio kan memang jadi kecapean pulang dari tur kereta itu

Echy NS said...

wow..buntutnya jadi begono yah..

Elly PS said...

kita ambil hikmahnya aja ya mama tio...

Susi . said...

batul Teh..

dinar liebe said...

jadi pelajaran ya buat orangtua murid,
cari sekolah yang aware sama anak lah..
tfs...

Susi . said...

hehe...sudah, Bu...sekarang Tio dan mamanya sudah sama-sama happy