Sunday, December 16, 2007

Akhirnya....

Beneran berasa mimpi.... udah sekitar 10 tahun kebelakang, nyari-nyari buku ini. Cari di Gramedia, udah gak dicetak lagi.
Beberapa waktu lalu, di milis Funky Mom, ada seorang Mom yang nyebut-nyebut buku ini, jadi keingetan lagi. Mbak Dini, seorang member FM yang juga kerja di Gramedia, trus memberi alamat email bagian nonfiksi, supaya kami bisa mengirim email untuk memohon supaya buku tersebut dicetak ulang.

Hari ini, pulang dari jalan-jalan ke taman ganesha, trus diundang icip-icip sate Ponorogo sama mbak Rina Rinso di jalan Burangrang, terus lanjut ke Palasari, biasa...ke toko buku Ampera

Niat semula adalah beli buku Bartimeus trilogy, tapi blom ada, pas mau pulang...pandangan saya jatuh ke tumpukan buku anak-anak, dan...di sana ada buku Kumpulan Cerita Anak-anak karangan Hilda Boswell, yang sudah bertahun-tahun saya cari-cari!

Nggak pake nawar lagi, saya beli buku ini dengan harga hanya Rp. 15.000 saja, soalnya buku bekas. Tapi dari kondisinya masih sangat bagus, untuk ukuran buku yang sudah berumur 26 tahun.

Masih ada catatan di halaman pertamanya, ucapan selamat natal 1981 dan tahun baru 1982 untuk Kristin, dari mama dan tantenya...hehe beneran buku bekas nih.

Buku ini adalah buku cerita favorit saya waktu kecil. Sampe kira-kira kelas 6 SD, buku ini masih ada. Pas renovasi rumah, buku ini tertumpuk-tumpuk dan hilang entah kemana, padahal beberapa buku lain dari masa kecil saya, masih bisa ditemukan.

Apa yang bikin buku ini menarik? hehe, saya baru nyadar hari ini ketika membuka kembali buku ini, ternyata isinya adalah kumpulan dongeng anak dari penulis terkenal dunia, ada CS. Lewis, HC. Andersen, Charles Dickens, ada cerita Heidi dan Stuart Little juga.
Dulu sih waktu kecil gak terlalu merhatiin siapa yang nulis, pokoknya isi ceritanya seru-seru aja.

Nah dua cerita ini yang jadi favorit saya

Kisah si Kaki Peri...ceritanya tentang sebuah kota yang semua penduduknya berkaki besar, semakin besar kakinya, semakin terpandang. Suatu hari, putra bungsu raja di sana lahir dengan kaki kecil, diberi nama kaki peri, sehingga dikucilkan. Saat sedang bersedih, tiba-tiba ia mendengar percakapan peri yang bercerita tentang mata air yang bisa mengecilkan kaki..
dan juga cerita tentang seorang putri yang berkaki besar hingga dikucilkan. Karena merasa senasib dengan dirinya, si kaki peri mencari putri berkaki besar tersebut dan mengecilkan kakinya. Sang putri berterima kasih, dan bercerita kalau dia jadi berkaki besar karena merendam kakinya di mata air yang ada dekat istananya. Jadilah si kakiperi menikah dengan putri tersebut, dan mereka bergantian mengunjungi kedua orangtua mereka dengan bantuan kedua mata air tersebut. Jika akan berkunjung ke istana kaki peri, mereka berdua mencuci kakinya hingga besar, dan jika hendak mengunjungi orangtua sang putri, mereka mencuci kaki mereka menjadi kecil kembali.

hihi...seru kan...apalagi dulu bacanya masih usia SD.

Cerita yang kedua, Pinkel dan Tukang Sihir Wanita.... ceritanya tentang seorang anak bernama Pinkel yang rajin yang memiliki 2 kakak yang malas. Suatu hari mereka harus pergi mencari pekerjaan, dan dijalan bertemu dengan seorang nenek sihir yang memiliki lentera emas, kambing bertanduk emas, dan jubah emas.
Saat mereka meminta pekerjaan, Tukang sihir menyuruh Pinkel dan saudaranya untuk mencari pekerjaan di istana raja.
Di istana, Pinkel yang rajin diterima sebagai pelayan istana, sedangkan kakaknya bekerja di kandang kuda.
Karena iri, kakak Pinkel bercerita pada raja tentang penyihir yang memiliki benda-benda dari emas tersebut, dan mengatakan bahwa Pinkel-lah yang bisa mengambilnya.
Nah...ini bagian favorit saya...Pinkel sangat cerdik dan berhasil mengambil ke tiga benda emas milik tukang sihir tersebut. Sampe diulang-ulang deh bacanya....hehe soalnya untuk anak kecil seumur saya dulu, si Pinkel itu cerdas banget.
Akhir cerita...Pinkel menikah dengan putri raja, dan kemudian menjadi raja...happy ending..

Duh seneng banget deh, malam ini bisa mendongeng cerita favorit masa kecil saya pada Tio...

30 comments:

yulia sekar said...

ngiring bingah....susi disini cerita2 seperti itu penting deh..kayaknya soalnya sampe tua ceritanya melekat banget,apalagi cerita rakyat..huh..ntar di sekolahan di bahas tuh...

sofi andriani said...

ah buku ku yang ini juga ilang tak ada jejak hiks.

Regina B said...

kayaknya dulu aku punya buku yg isinya kumpulan dongeng HC Anderson dan yg lainnya jg. Cuma gak inget sampul depannya spt apa. Tapi emang cerita2nya menarik banget :D

Ema Yudistira said...

sama2 suka karangan HC anderson dll nih...., kalo uadh baca cerita2 itu hayalan kita serasa berada dlm dunia yg dicritakan ya...:), disini untungnya buku2 tsb banyak dijual..

Dark Dark said...

Uciiii... aku juga dulu punya buku itu... duuuh... jadi kangen...

Maya Ekatrina said...

wahhh... Mba Susi emang hebat deh...masih inget cerita waktu kecil, kok aku ingetnya cuman cinderela ama putri salju yak??? kekeke...

Dinar Ardanti CaraSehatAlaMe said...

mbak eeeemmm ... kalo minta Candy Candy gimana ya ? ^_^

Susi . said...

iya...tapi kayaknya anak sekolah sekarang gak pernah lagi didongengin di sekolahnya...

Susi . said...

Kalo HC Andersen sih banyak...udah dicetak ulang sama gramedia...cuma harganya bikin glek deh.....terakhir lihat Rp. 75000, padahal tipis

Susi . said...

hikhik...sama.....tapi cerita dari buku ini agak lain...sedikit menghayal gitu... jadi seneng aja...

Susi . said...

hmmm itu dia...toko yang jual buku bekas termasuk dalam korban kebakaran beberapa bulan lalu....saya sampe nangis darah deh...soalnya banyak buku kuno kecengan saya yang terbakar...tapi klo ada nanti dikabarin ya....

Eighties Maniac said...

mbak, kalo ada lagi, minta tolong, titip beliin juga dooong... (sirik juga nih)

Susi . said...

oke...kalo nemu lagi ya...udah pesen-pesen sih ke pak sasmita yang punya ampera, kalo ada lagi, ada yang mau beli

Monica M said...

aduhh, mba hebat bisa nemuin buku ini :(( susah bgttt nyarinya...bruntung pisan dech bisa nemuin huhu...pengen jg nih buku...kira2 cari dimana ya :-?

Susi . said...

saya masih pesen ke toko tempat saya nemu buku ini, kalo ada lagi, tar dikasih kabar

lucky sutanto said...

wah aye juga penggemar buku2 dongeng, pengen deh dpt juga, apalagi terbitan yg luaamaaa kayaknya lbh oke deh. apalagi sekarang udah pny anak 2, pgn dongengin mereka ama dongeng2 H C Andersen dll.Mauu dooongg kl ada yg minat jual...

sparkling saint said...

mba...

berbunga berbuah said...

buku punyaku di curi aku doain semoga kualat tuh bangsat buku ... untung 20 tahun kemudian dapet gantinya tapi edisi Ingris nama cetakan pertama ladi .. aku dapet buku tsb via E-bay dari england sedangkan aku sendiri sekaran udah 15 tahu hidup di Jerman

berbunga berbuah said...

satu lagi...mohon di kasih tahu ya kalau buku tersebut di cetak ulang sama Gramedia.. buat rekan rekan yang bisa menghubungi Gramedia usulin dong agar buku tersebut dicetak ulang pasti laku deh karena banyak yang ingin memiliki buku tersebut buat orang dewasa sebagai nostalgia atau bakalan hadiah bagus buat putra putri atau keponakan atau buat rekan kecil lainnya

Susi . said...

oh...sudah....saya sudah kirim email, juga pernah kontak dengan beberapa editornya, tapi masih banyak pertimbangan kali ya....berhubung banyak sekali buku baru yang juga antri naik cetak

zubaidah nuraini said...

iya, saya juga selalu inget buku kumpulan dongeng itu, saya baca waktu kecil. ada si kaki peri, pinkel yang cerdik, putri api dan pangeran air (judulnya menerobos api kalau tdk salah), menuju dover, terus ada anak pembersih cerobong yang menjadi bayi air (judulnya lupa). kalau bisa dicetak lagi dong ... sekarang mau beli juga tidak ada di toko. mbak mau tdk scan bukunya lalu diupload? kangen pengen baca ... ^_^ thanx

maya sari taufiek said...

Halo, salam kenal
saya maya, senang ya ketemu buku itu saya udah mencarinya juga 4 tahun ini, kalau tidak keberatan bolehkah saya juga melihatnya...., kalau tak keberatan boleh kah kita ngobrol, terima kasih

zubaidah nuraini said...

mbak, kalo masih ada buku lainnya saya mau dong ... waktu SD saya juga baca buku itu, masih inget bener tentang cerita anak kecil yang terbuat dari salju itu (judulnya kalo ga salah putri salju) ... jadi pengeeen ...

febby zelitha said...

halo ibu tio..duuh.. beruntung bgt deh bs nemu buku ini lg.. ini jg buku favorite saya wkt kecil, tp hilang ga tau kmn.. pdhl ini hadiah dr ayahanda tercinta waktu kenaikan kelas. didalemnya ada cerita si kaki peri, menerobos api, putri dan kacang polong, dll.. kalo ada yg tau dmn saya bs ngedapetin buku ini lg tolong kasih info ya... soalnya ini buku cerita yg paling bagus yg pernah saya baca... butio klo ada lg aku mau yaa..

chibi hilda said...

Ayo kita dukuuuung GPU untuk menerbitkan kembali buku Kumpulan Dongen Anak Sedunia by Hilda Boswell!!
Buku saya sudah hilang entah kemana.. hiks
Inilah buku yg menemani masa2 tersulit kanak-kanak saya, ketika org tua saya bercerai, kala itu.
Benar2 buku yg bagus, ilustrasinya jg kereeen...!!
Saya masih ingat hampir semua ceritanya, dan yg paling saya suka adalah Putri Api dan Pangeran Fluvius

Mari bergabung di grup fesbuk untuk mendukung GPU agar menerbitkan kembali buku ini http://www.facebook.com/group.php?gid=94034425986

Salam ^__^

Winter Violet said...

Hi Ibu Tio, saya juga mencari buku ini lama banget ... masih ada gak yach? kalo ada hubungi saya di vannessa_vio@yahoo.com, thankssss bgt ..

dianingsih roesdi said...

aku jg punya buku ini, ampe robek2 deh.... :)

dewi prima said...

salam...teteh yg baik... buku HB nya ada kembarannya ga??? kalau ada tolong saya d hubungi ya... ini buku favorit saya jg ...saya pinjamkan teman tapi tak kembali... isinya bagus...buat saya bacakan ke anak2 saya...terimakasih.

Unknown said...

Saya juga dulu waktu SMP punya buku cerita itu gambarnya baguuuussss dan cerita baguuuussss
Saya muter2 nyari buku itu utk anakku tapi nyari dimana ya??

Diana said...

Dulu waktu saya SD, saya pernah sakit gejala typhus jd harus istirahat lama dirumah, biar saya ngak bosen ibu saya beliin buku ini.......sampai skrg sy masih teringat2 cerita dan gambarnya yang bagus2....serasa ada di dunia lain...hehhehe...sayang buku ini hilang entah kemana dan sekarang saya lagi hunting untuk punya buku ini....beli dimana ya....

Diana...