Monday, February 23, 2009

Ketika Emak-emak dilanda Demam Facebook

Gencarnya berita tentang Facebook, ternyata bikin semua orang merasa ketinggalan jaman kalo gak bikin account dari situs pertemanan ini. Ternyata.....emak-emak di sekolah Tio juga pada tidak mau ketinggalan bikin account Facebook.

Katanya sih, bermula dari omong-omong waktu arisan (catatan : saya gak ikut arisan, soalnya kalo saat nungguin anak, lebih suka berkeliaran di pasar daripada nangkring di sekolah...jadi ketinggalan daftar) ternyata, para ibu itu memutuskan pada bikin account facebook dengan alasan biar gak kalah sama temannya. terutama dari sekolah lain *halagh*

Trus bagaimana dengan saya sendiri? ya...tentu dong....sebagai blogger, punya juga account FB ini. Punyanya udah cukup lama sih....waktu itu Dessi, teman SMA saya yang ngajakin...dan Dessi ini dengan setia menjadi teman saya pertama dan satu-satunya di FB selama berbulan-bulan berhubung saya gaptek berat...gak ngerti si account itu harus diapain...tidak seperti Multiply yang begitu diulik, langsung mengerti.

Jadi....berbulan-bulan account FB saya nganggur gak keruan...hahaha, sampai akhirnya, berteman dengan gerombolan Kutu Buku Gila yang mengajak saya bermain packrat di FB. Sejak itulah, account FB saya mulai sering dilirik, repotnya...sekarang sudah dalam tahap KECANDUAN sama si packrat ini .

Berhubung acara mengumpulkan kartu di packrat ini perlu waktu lama...maka sambil menanti si kartu-kartu itu dijual di pasar bebas...saya mulai berkelana dari account FB satu teman ke teman lain...eh...nemu teman SD, SMP, SMA, sampe kuliah bahkan teman-teman MP juga.

Mulai ngeadd...hahaha....itu telat banget bisanya juga....dasar lemot....kebetulan Facebook memperkenalkan new facebook yang lebih nyaman dipakai. Apakah saya dapet teman baru? enggak juga...hahaha...ternyata teman saya tidak mengenal IBUTIO....maka...berdasarkan saran teman saya...digantilah nama saya menjadi nama asli sesuai KTP...hasilnya....hwaaaa.....teman saya bertambah jadi sekitar 500 orang dalam waktu 2 minggu saja.....ternyata selama ini, teman-teman saya "memending" (halagh...bahasa apa pula) permintaan pertemanan saya, karena bingung....gak kenal sama IBUTIO, tapi kok ya....pernah satu sekolah.

Eh...trus...apa hubungannya dengan emak-emak di sekolah Tio?
Berhubung akhirnya kami saling tukar id, maka saling meng-invite-lah kami sesama pengguna Facebook ini. Saya sih biasa aja...sampe rumah, trus invite, trus diterima...tapi....apa yang terjadi besoknya di sekolah? Heboh besar.....hahahaha....ternyata, para ibu itu kaget dengan status teman saya yang ada sekitar 700an (bulan lalu). Katanya....sombong bener sih mamanya Tio...temen udah 700 aja masih nambah lagi....lhooooo.....gimana sih...katanya ngajak temenan.....bukan salah saya kan kalo teman saya ada 700.

Repotnya...setelah itu saya jadi bahan perbincangan karena dicap sombong dengan jumlah teman yang ratusan itu....tapi ya mau gimana lagi....memang itu teman saya semua....kan ada teman TK, teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah S1, teman kuliah S2, teman di LSM, teman-teman kenalan baru dari MP, teman dari milis-milis, trus teman seperjuangan....ya kalo mereka invite, di approve dong...masak mau ditolak karena teman saya udah 700. Ternyata mereka tuh merasa tidak diperhatikan, berhubung teman saya banyak, sampe gak sempat mampir ke wall mereka. Lah...memang saya jarang mampir ke wall teman saya di FB, berhubung account aktif saya sebetulnya yang ada di sini, di multiply. FB hanya sekedar mempertahankan silaturahmi dengan teman yang biasanya sulit mengakses multiply. Apalagi saya baru berreuni dengan teman-teman lama, maka FB dengan fasilitas tag fotonya bisa menjalin kembali silaturahmi.

Jadi.....heran juga...sebetulnya bikin account FB buat apa sih? buat pamer temen? buat ikutan trend?....ah saya mah gak mau repot-repot deh....account FB buat saya sekedar cari teman lama dan main Packrat tentu....silakan kalo ada yang menuduh saya sok pamer teman ato apa, ya memang kenyataannya teman saya banyak, masa harus sok milih-milih teman di FB *geleng-geleng kepala*

Gak tau deh...apa kata ibu-ibu itu besok...berhubung status teman terbaru saya di FB ada 829 orang....mungkin....besok kalo ada yang nanya account FB di sekolah, saya bilang gak punya aja gitu ya

btw: kalo kemarin-kemarin MP agak-agak sepi bukan karena saya selingkuh dengan FB, tapi memang MP sempat sulit diakses...sekarang sih Alhamdulillah lancar lagi









91 comments:

budi sutomo said...

add aku dong di fb, he..he..he..

Susi . said...

lah..udah kan? *liat daftar teman*

yohana halim said...

hahahahaha......eta mah judulnya sirik tanda tak mampu atuh....hehehhehe

Susi . said...

iya....tadi teh sampe bete....karena mereka masih heboh....eh...aku udah ngeadd si ini...aku udah ngeadd si itu....dan aku akhirnya diem aja di pojok sambil buka2 account plurk, MP dan FB di hape (LOL)

Susi . said...

udah ah....kan aku dah bilang....jangan cari ibutio...gak pada kenal...hihihi...kalo susi pasti ada :D

Rachmah Setyawati said...

* emang kumpulan ibu2 macam itu gak punya kerjaan lain apa ya? selain menggunjingkan orang?? ...

Susi . said...

makanya saya agak dikucilkan, mbak...karena saya memilih berjalan-jalan di pasar buku palasari sambil menunggu anak, daripada ngerumpi atau shopping ke pusat perbelanjaan....di pasar buku saya bisa numpang baca, trus bisa hunting buku bekas dengan tenang...plus sarapan katupek kapau (LOL)

Rachmah Setyawati said...

* embeeerr... setujuuu, aku pun saat putriku SD sekarang jg gak berani banyak nongkrong lama2, karna aku lihat kumpulannya rada tak "sehat juga". Mending jemputnya pas waktu yg ngepas banget ama dia pulang, jadi langsung cabut pulang. Bisa ikutan jadi reseh kita nanti'... tobaat..padahal jangan jadi reseh , dosa kita jg udah bejibun...ampuuun ;)

dynoz thea said...

hihi... kalo saya invite... nambah lagi dong...
:D

Susi . said...

biariiinnnn.....biar pada iri semua deh :D

Susi . said...

naa...itu dia...kan saya kalo pulang dulu kejauhan...baru nyampe rumah harus pergi lagi ngejemput...jadi biasanya saya pilih sembunyi di pojok kebun aja...internetan diem-diem...hihihi

dydy dydy said...

ibutio sombong deh ga pernah mampir di wall saya...:P

Susi . said...

(LOL) iya...abis postingannya sama dengan di sini

ophoeng, jeh! said...

Ini dia biangnya, ketahuan nih ya.

Pantesan MP jadi sepi sunyi senyap sekarang, Uci.
Rupanya pada lagi kecantol ama yayang baru ya? :D)

Susi . said...

ih...kan udah ditulis di bagian bawah....MP sulit diakses beberapa minggu lalu...hehehe....sekarang tampaknya mulai lancar...yang pasti...speedy di bandung beberapa waktu yang lalu juga sempat dangdutan... putus-putus mulu...jadi susah mau upload-upload

Susi . said...

btw....Oom punya account FB juga? :D

Ag P. said...

saya disini saja ah... :)

ophoeng, jeh! said...

Upload susah, tapi mbok iya-o mampir-mampir ke waroeng ophoeng sekedar ngupi atawa nyoklat gitu lho, Uci. :D)

ophoeng, jeh! said...

Banyak yang ngundang untuk buka account FB, tapi saya juga gatek - gagap teknik, jadi males ah, Uci.

Dulu ajah, buka account MP cuma supaya bisa baca MP temen-temen, eh, belum juga sempet belajar dan ngisi MP-nya, sudah dilabrak orang yang kenal di milis sebelah. Makin males ajah. Belakangan, sampai-sampai saya dibuatkan MP oleh Yuli si Ratu Cup Cake itu, baru saya 'terpaksa' belajar. Malu atuh ya, sudah dibuatkan tapi ndak diisi-isi.

Susi . said...

banyak fotonya....susah bukanya juga....:D sekarang sering buka pake hape, Oom...jadi suka susah loadingnya

Nining Purches said...

Iya sih kadang suka heran juga FP dipake seperti ajang kompertisi dan trend... Bukankah itu ajang silaturahmi? Saya sendiri meski punya account FB tapi lebih betah di MP. Kalau FP cuma buat menjalin silaturahmi dengan teman-teman sekolah dan teman wartawa. kalau Multiply lebih kerasa sebagai ajang pertemanan 'beneran' mangsudnya untuk saling komunikasi saling tukar cerita, foto, resep, atau komentar. Kalau di FB mah cuma kadang aja ngetag/ditag atau kirim salam, apa kabar doang...

antie nugrahani said...

aku sih ga ngapdet mp lagi karena emang udah bosan, hihihihi....

"Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis" said...

di FB tuk cari teman2 lama
dan semua teman di FB saya kenal
seneng ajah sih...
cuma jadi kurang produktif yah, mbak.
jadi malas nulis
jangan2 cuma tuk akuw doang kasus males ini
hehehe

Dely d'Lisle said...

ibu tio... a.k.a susi...ngedadak autis aja kalo ketemu para ibu yg susah di mengerti, FB dan MP yaa dua2nya buat silahturahmi dan keep temen2 yg ada dari dulu dan skrg.. soo feel free buat menikmatinya lagi.

Vin Wong said...

hahaha... aku juga dah diajak2 ama temen sd dulu, tapi blm mau buka account:p gimana kalau aku langsung buka trus invite ibutio?? biar nambah jadi 830 contactnya, hehehehe...

Jane Albertina said...

ih...ga mikir nih yang komennya :) ...sombong tuh klo Ibu Tio laporan ...hello para emak2 pengumuman.. temen saya udah 700 lho..udah lihat belum? .kamu baru berapa temennya? he...he...
Hayang seuri...sirik ajah he..he..

fitri bunda'nya double "A" said...

hi hi hi ... kenapa sich, ibu-ibu yang kumpul2 sambil nungguin anaknya itu selalu bercitra negatif ? ..
untung disini sekolah gag bolek ditungguin sama sekali walo masih PG juga ... so, ga ada dech itu kumpulan ibu-ibu yang nongkrong di sekolah ...

eniwei, soal FB ... buatku itu cuma saran untuk mencari teman lama saja ... MP tetep the best'lah ...

Lygia Nostalina said...

heuheuheuheu...teh uciiii, kalau aku belum jadi contact di Fb kan ? coba deh celingak celinguk lagi..hihihi......add aku ya teh......biar nambah jadi 900 !

Bunda Estherlita Suryoputro said...

saya tetep milih2 kontak walau di FB terutama yang cowok...
kalau gak kenal di MP atau didarat atau bukan teman sekolah tetep emoh...
Biasalah kalau males buka MP bukanya FB...
maklum akses yang cepet ajah.
Tapi MP tetep the best lah biar kemarin aku hampir kena fraud disana....

Afifah Ahmad said...

sama pisan, k'lo di mp buat curhatan he..he..he

Reka Gayantika said...

Facebook teh naon teh??? :D

alfi yasmina said...

banyak teman malah disebut sombong? logika yang aneh.

Rita Sosrosoemarmo said...

hahahahahaha Ibu Tio, semoga biar nambah lagi temannya

Dany Primanita Kartikasari said...

wakakaka udah bu, cuekin aja. :D

Yenni Hartati Svensson said...

Cuekin ajaaa Teh susi...biarkan mereka membaraaaa...hhihihihih

Wiwie ... said...

Wadauw...kelakuan emak2 seqaleeee....
Itu yg bikin aku malesss nganter anak ke sekolah waktu masih di tanah air. Jadi ngapain atuh fesbukan teh kalo ternyata tiap hari juga bisa ketemu? Lucu...

Meidya Derni said...

Resiko punya banyak teman yach :-)

SiMbok Piti said...

ada ada ajah hehe

Peni Astiti said...

haha, bukannya ibutio selingkuh sama plurk juga? hihi..
bu, saya tuh cari FB ibutio pake nama Ibu Tio, pantes ga nemu-nemu..sampai ibutio sendiri yang kasi tau nama plus udah ngeadd saya..

wayahna weh, bu... ibutio terkenal
mereka sirik karena ibutio punya temen segambreng... hihihi..
sabar, ya, bu!

Gunawan Widjaja said...

toss!! iya lucu . . . namanya juga orang sudah lama punya account yah wajar dong temannya sudah banyak


Gunawan Widjaja said...

lha aku temannya banyak . . . dan gak pernah mampir2 paling juga ke orang yang itu2 juga mampirnya

Caroline Atmadja said...

lucu ceritanya Mbak...lihat ah packrat itu apa sih....meluncur

Uci - said...

Gaul salah, gak gaul salah :D

Fifi Ruskandar said...

Hehehhehehe emang neeech si FB lagi nge-top ... sy juga punya cerita ttg FB ... ntar yaaaaa .... :)

dewi widya said...

he3...ada2 aja yaaa....wah aku jadi minder nih ma mba Susi ...temenku cuma 50 an...ketahuan g gaul yaa....

Ida Wajdi said...

banyak temen kok dianggap sombong*sungguh aneh*

Regina B said...

aku ada FB jg tapi mainly sodara2 karena mereka gak bermain di MP. FB accountku aja sempet nganggur lama krn sama spt dikau, bingung gimana pakainya.

dina sudjana said...

saya mah selektif, maklum sanes selebritis.. kira2 orang asing alias teu kenal mah tara di tampi..tos pusing kanu dipake jualan.. trus nga invite tapi tara daek nanya.. rrrrrrrrrggg langsung tandukan...

Dian, Mumu Darrell said...

sampe sekarang aja FBku ga diapa-apain sama mba...gaptek...hihihihi

mila savitri said...

membingungkaaan...keknya mereka harus mereview lagi tujuan mereka ikutan fb tu buat apa seeeh? *ikut gemesss....*, tenang aja teh, anjing menggonggong kafilah teuteuup jalan...gak usah hirauin omongan2 gak penting gitu...move oooon....and keep on packrating hahaha...meskipun aku gak tau apa itu packrat...aku sih baru ikutan pet society aja teh hehehe...;p

lila shusilawati said...

brarti ci, emak2 itu gak kenal friendster... karna banyak2an temen itu jaman friendster sekali...
bhwahahahaha....
(sebuah analisa yang sungguh ngaco sekali dah...)

yulianto yin said...

susah ya Butio hehe...ngga diterima invite-nya dicap sombong, diterima juga dicap sombong...serba salah hahaha...
mereka iri kali Butio karena ngga punya teman sebanyak itu hehe

Iin Sidharta said...

hihihi... mungkin mreka pikir Teh Uci pilih2 temen... temenan di FB banyak, tp gak mau nongkrong & ngerumpi di skolah... aku juga bercitra kayak gitu kok di skolah, padahal aku cuma gak betah diem... rasanya badan sakiitt smua kalo duduk manis berjam2 gitu... tp biarlah jalan2 ke palasari kan nambah ilmu, drpd duduk2 gak jelas... kata bu guruku... "malaikat juga bingung mau ngasih rejeki lewat mana kalo cuma duduk2 ngabisin waktu, ngobrol gak jelas". BTW sepertinya kita belom friend di FB... kqkqkq...

tita ernita said...

he..he..aku mah enggak ikutan virus FB bukan sombong atau apa (ha..ha..) tapi kalau maalah IT ya itu tadi Lemottttttttt...hebad euy teh..jangan jangan hari ini dah 1000 temennya...he..he..he

dinny kus andiany said...

aih dasar ibu2, anteup we lah dipikiran ge asa teu penting kan?????

Mbak Yulfa said...

Hadduuhh... trus ibu-ibu itu kalo pulang jemput sekolah, pasti gak langsung nyiapin makan siang buat anaknya, tapi terus online buat ngecek teman FBnya teh uci udah 1.000 belom ya? Trus besoknya dirumpiin lagi dah. Begitu seterusnya.... Tio, minta mama pindah sekolah aja ya, Jang.

dewi wakkary said...

abisan ibu lebih ngetop dari artis. ini teh ibu-ibu di sekolah Tio yang dulu apa sekolah baru? beneran ibu-ibu arisan deh

natnat thea said...

aku kemarin menghapus orang2 yang tak kukenal di FB. hahahaha

Susi . said...

sama...di FB itu menjaring teman lama yang gak ngeMPi

Susi . said...

add....hehehe....abis gimana ya...pegal kan duduk makan baso di sekolah....mending jalan kaki ke pasar...biarpun sampe sana makan juga, tapi kan balik laginya jalan kaki lagi...hehehe...

Susi . said...

bukan iri...belum terbiasa jadi selebritis *gubrak*

Susi . said...

ah...yang itu mah bukan selingkuh...cuma main-mainan sepanjang hari (LOL)

Susi . said...

iya...saya nikmati saja lah

Susi . said...

oh...dari kemarin aja sudah nambah sekitar 10 orang lagi...hihihi

Susi . said...

gak tau tuh....emang yang ribut itu cuma segerombolan yang tampaknya bikin geng sendiri sih...sama ibu-ibu lain mah biasa aja tuh :D

Susi . said...

di sini juga gak nongkrong di sekolah...gak boleh...tapi ada tiap nganter dan jemput, trus kalo anak-anak udah masuk, pada ngumpul di manaaa gitu

Susi . said...

tambah....siapa takutttt :D

Susi . said...

sama, mbak...apalagi kan di FB lebih pribadi sifatnya, jadi yang beneran kenal aja

Susi . said...

hahaha....kok tetehnya gak diajak fesbukan? jarang ketemu sama mamanya Nashwa :D

Susi . said...

masalah belum terbiasa mungkin, Mina :D

Susi . said...

kabarnya mereka punya FS...apa temen mereka di FS juga cuma yang itu itu aja kali ya (LOL)

Susi . said...

yang dulu sih gak masalah, karena mereka dulu buta internet...kalo yang sekarang pada ngakses internet dari rumah, tapi banyaknya sih berniat jualan

Agnes Tri Harjaningrum said...

wah segitunya ya ibu2 ituh :-) padahal aku malah senang sp hari ini masih bisa bertahan ga tergoda ikutan fb, yippiii :-) Pa kabar sus, eh liburan summer ini aku pulang, ketemuan yuk or ajakin kursus2 bikin cake yg pake airbrush2 gituan dong sus, apakah di bandung ada? ngiler pengen bisa neh hehe

Susi . said...

summer teh iraha? hehehe...di sini lagi usum hujan :D

Agnes Tri Harjaningrum said...

juli suus, pkknya mau yaa diajakin kursus :-)

Ina Inayah said...

ha ha ha....ceritanya menarik mbak, banyak yang begini soale, maksudnya sok tiba2 sirik bilang yang enggak-enggak....ya udin biarin ajah!

Vera Permata Sari said...

Lucu juga.. lom pernah ngalamin ketemu emak-emak begini.. ato akunya yang ga gaul kali ya? he he he

Ike Hermawan said...

He he...segitunyaaaa....cuek aja Teh...:))

endang paloepiningrum said...

Whahaha...iya bener, saya juga sempat keranjingan FB gara2 MP sulit bukanya..
account FB nya apa mbak? ntar aku add ya.. kali saya jadi teman ke seribu.. ;))

Dwi Mariani said...

wuah..kasus yang sama..di sekolah cuman aq doang yang punya FB..tapi para ibu2 jadi penasaran, trus ikutan, lha lantaran emang ga ngerti..jadi ngomel2 . Emang beberapa waktu lalu MP sempet susah dibuka..makanya temen2 aq pindahin ke FB...lha sekarang dah lancar, balik lagi dah.. MP buat tempat resep, lagu dan curhat2an...kalo FB buat haha hihi sambil nyari temen2 lama...duh..ga nemu2 lagee..

rizkyIstiyana selfira said...

hihi..ini yg dinanti akhirnya teh uci cuap2 jg soal FBnya.. dan akhirnya teh uci rajin absen d MP lagi..yippiieee..
bener teh, FB cmn bwt silaturahmi. tp ga cmn emak2 soalna uwa saya yang udah 60 taun lebih juga ketularan virus FB *geleng geleng..*

Susi . said...

kalo cuma join aja tanpa banyak tuntutan sih gak apa-apa...ini mah...jadi temen aja meni ribet pisan....eh....mereka tertarik bikin MP...*gawat*

Susanti Hidayat said...

Wakakak... aya aya wae ibu ibu teh. Jadi weh barusan ngecek profil Uci di FB, pengen tau bener nggak udah lebih dari 800.Hehehe...

Susi . said...

tepatnya 835 :D

arfi binsted said...

aku dah keluar dari FB :) just want to simplify my life. terlalu banyak ini itu. ga sempet lagi ngatur waktunya. banyak amat ampe 835 hihihihi popular girl.

kartika binakasih said...

dinda Uci..... boleh minta di add juga gak... *eh udah belom seh..?* Emang susyah yha kalo jadi seleb... dari komen MP yang segambreng gini aja udah ketauan deh kalo dikau ituw memang selebriti di dunia maya... hehehehe... selamat yha..... tapiii efbeh emang bikin nyandu... apalagi bisa dibuka pakek hape... friendster, flixter, plurk cuma di daftar doank akhirnya nganggur n kalo ada yang minta add jadi temen ditolak semua... abis gak kenal... kalo di efbeh kalo gak sodara yha temen lama.... sekarang isinya reunian meluluw... xixixixixi... *lho... jadi ikutan curhat.......*

Ira Silva said...

Ihihihiks... kirain cuman aku aja suka ngga nyaman kalo jemput anak-anak trus ngobrol ngalor ngidul sama ibu2 yang laen... btw... fb emang bikin nyandu apa lagi kalo dah mulai reuni dan ada foto jadul... :p

TomInta Family said...

yaolooooo............ banyaknya temen di Fb aja jadi omongan?
kirang damel panginten ibu2 teh nya?
ya udah nangkring di palasari aja ci... nitip buku deui nya hehehehe

senny syahfinar said...

Tehhhhh.....kumaha damang.....? :)

maria lubis said...

aku udah jadi emak-emak belum ya? hihihii

Enci Bianglala said...

hehe..teh uci kan selalu aku kagumi karena kenal sama semua orang, haha..ga heran facebook-nya 800-an...dasar ibu-ibu..udah teh, ka pasar weh! berburu buku :D