Monday, March 10, 2008

Petai dan Belahan Jiwa

Saya tulis ini gara-gara pertanyaan Oom Ophoeng di sini.
Gak tau sejak kapan saya suka petai. Sepertinya sejak lahir , soalnya makanan yang familier dengan saya sampe sekarang adalah Petai.
Bau sih, sesudahnya, tapi gimana ya...namanya juga suka.

Sejarahnya saya suka petai...ternyata setelah bertahun-tahun...yang punya "dosa" mengaku juga.

Jadi waktu saya balita, suka nongkrong di dapur, melihat Uyut(alm) dan tante saya memasak dan makan-makan, karena gemas, tante saya suka iseng ikut menyuapi saya dengan petai bakar...eh..keterusan.

Kalo ada yang nanya, kenapa suka petai...hmmm susah bilangnya. Petai itu candu...... makan gak cukup sepiring. Kata nenek(alm), saya dulu waktu kecil kalo makan petai suka sampe "kamerkaan" alias kekenyangan.
Memang rasanya agak pahit, tapi entah kenapa dimakan sama makanan apa saja cocok klop.
Salut saya sama Stella yang sudah berani membuat terobosan dengan Sushi Petai...hahaha..gak bakal ada di Jepun sana juga.

Saking sukanya saya pada petai, membuat ketar-ketir nenek saya...lelaki mana yang suka sama gadis bau petai...hahaha...gimana kalo saya sulit dapet jodoh gar-gara kebiasaan "buruk" itu.

Tapi ya begitu deh...anjing menggonggong, kafilah berlalu.....nenek saya sibuk "berkicau" soal mengurangi kebiasaan makan petai...saya sih cuek bebek, makan petai jalan terus....tarik mang...

Sampai satu hari...saya bertemu sama seorang pemuda...cie...di sebuah acara KIH di gunung Halimun. Saya gak pernah menyangka, dari pertemuan di g. Halimun itu, dia akan berkunjung ke rumah. Kunjungan terus berlanjut, sampai suatu hari, kami harus ke Bogor untuk menghadiri presentasi acara sewaktu di gunung Halimun.
Sampai di Bogor...laper dong...maklum, berangkat dari bandung jam 4 sore, sampe Bogor sudah waktunya makan malam, diajaklah saya ke warung nasi goreng di sekitar Warung Jambu.
 
Sebetulnya weekend adalah jadwal saya menikmati petai... tapi... hihihi... gengsi dong...mosok kencan pertama makan petai...gak lucu, hari pertama udah langsung ketahuan kebiasaan "buruknya"
Akhirnya saya putuskan pesan nasi goreng biasa, sementara si dia masih sok milih-milih...eh gak taunya...."Pak, yang satu porsi lagi, nasi goreng pete saja"

Hwa.....beneran langsung tidak bisa pindah ke lain hati deh, saya saat itu
Ternyata saya sudah menemukan belahan hati untuk urusan petai ini. Akhirnya malam itu jadi deh saya makan nasi goreng pete berdua
Pulang dari Bogor...gak sabar langsung menelpon nenek saya (saya panggil Nini)...."Ni, Nini gak usah khawatir lagi....saya sudah menemukan lelaki penggemar petai juga"

Jangan tanya betapa senangnya hati nenek saya...weekend berikutnya, saya dan dia pergi ke rumah nenek, langsung disuguhi petai bakar, sambal terasi, asin sepat, lalab segar plus nasi panas....slrup..

Tahun-tahun berikutnya ketika saya berkesempatan untuk mengunjungi rumah calon mertua di jakarta...hwa saya lebih kaget lagi. Ternyata di rumah camer...semuanya adalah penggemar berat petai...
Kalo lebaran, di kulkas sudah sedia sekantung plastik besar petai kupas....

Petai juga banyak membantu saya sewaktu menjalani bulan-bulan awal kehamilan. Saat ngidam yang disertai muntah-muntah hebat...bisa diredam tuh dengan petai...hehehe...bener lho...ini serius Oom Ophoeng...
Entah kenapa, kalo makannya pake petai, mual-mualnya hilang

Sekarang kami berdua sudah mulai mengajarkan kebiasaan makan petai kepada Tio....hehehehe...soalnya dia lama-lama "kabita" juga lihat ayah ibunya makan petai bersama.
Tapi....masih blom terlalu suka...katanya pahit....hihi...biarlah waktu yang akan mengajarkan...

Jadi...makan petai? siapa takut! tapi jangan lupa, siram dengan air yang banyak kalo abis pake toilet
(gambar diambil tanpa permisi dari wikipedia)

48 comments:

ienas Tsuroiya said...

hahhaah..seru banget ceritanya. kalo aku dulu gak doyan pete gara2 lihat ada ulat mungil di dalamnya...

Suatu ketika, pas main ke rumah temen kuliah, sekeluarga doyan petai, aku sedikit "dipaksa" ikutan makan petai. Meski semla nolak2, lama2 nggak enak juga, akhirnya ikutan makan. Eh, keterusan..sekarang malah jadi doyan (meski gak sampe fanatik seperti dirimu, heheee..)

Susi . said...

eh..petai berulat pertanda petai yang manis...hehehe

ophoeng, jeh! said...

Benerrr itu. Sekalian dimakan ajah uletnya. Jangan dilihat, langsung... happ! Telan ajah, cocol dulu pake sambel. Hehehe..... hayu atuh, kapan mulai didaptaran para anggota PPP, Paguyuban Pendoyan Peteuy?

ophoeng, jeh! said...

Saya kira itu foto pete lagi dijemur, dibikin asinan kayak sawi asin kering itu lho, Sus!

ophoeng, jeh! said...

Hehehe.... ternyata beneran toh, Sus? Hebat juga ya, cinta kilat lewat nasi goreng pete! Kemaren merayakan HUT 8 tahun, masaknya all about pete dong? nasi goreng pete, sambel goreng pete, lodeh pete, lalap pete, dibakar, dikulub, dipisang (digoreng, maksudna), telor dadar pete, sushi pete (minjem resepnya Cik Stella).

Coba atuh, sok mulai latihan bikin risol, pastel, kroket, lemper, isina sambel goreng peuteuy, Sus? Jengkol-na doyan oge, Sus?

antie nugrahani said...

hah? sushi petai?? hihihiii.... aku ngebayangin dulu rasanya ya ibutio :D

Susi . said...

gak terlalu, Oom...mungkin karena gak biasa masak di rumah

Susi . said...

silakan klik ke linknya Stella deh, ada segala macem dari pete..hehehe

Susi . said...

enggak, pas lagi gak ada pete...nih baru tadi beli lagi....blom diapa-apain...

Ema Rahmah said...

bbrp minggu ini sy lagi hunting pete di toko cina deket rumah, gak ada euy...pdhallg pengen balado udang pete...bagi atuh peuteuyna...

Susi . said...

bagi? silakan, ada banyak nih...sekantong kresek gede....:D

Tina Amalia said...

si Babap juga penggemar petai berat t'Si... untungnya disini juga banyak, jadi tidak sempet menderita... hahaha

Coni Immanuel said...

hahah, Oom Ophoeng jadi ketua yak.
btw, bu Tio, kalo abis makan pete,
makan 1 tablet vit. B.
itu kamar mandi nggak akan bau.
cobain deh :)

fedi andina said...

hidup petai!!! saya juga doyan banget ama petai, apalagi yang pake kulit, digoreng kering lalu dibelado, aduhh mertua lewat nggak peduli!!!

ophoeng, jeh! said...

Eh, iya. Saya lihat di RM Sederhana, pete dengan kulit-kulitnya dirajang kasar, dimasak balado, dikasih ampela ayam. Enak juga tuh!

Wiwie ... said...

Gampang koq ngilanginnya. Tiap abis makan pete, langsung makan jengkol *saran dari penggemar berat jengkol* :D

Mama's threeboys said...

Petai oh petai .... meski nikmat membawa sengsara tapi aku sukaaaa banget .... hehehe

Dian "Lain Sendiri" said...

Itu beneran jodoh namanya ya, Sus. Sampai2 dipertemukan yg suka petai juga, sekeluarga lagi. Hebat!!!! Hahaha...unik bin ajaib deh ceritamu.
Kalau pete, aku nggak suka. Kayaknya ortuku suka sih makan seidkit2 aja dicampur sambel goreng. Itu aja aku sisihkan semua. Nah, kalao petenya petai cina alias lamtoro gung, mau sekali, Sus. Dibikin botok, direbus gitu aja sampai yg mentah, aku panjat deh pohonnya demi, hahaha.

Hani Louisville said...

Wah senang deh ketemu jodoh sesama penggemar petai! Saya jadi ingat petai kampung di daerah Temanggung, kebetulan Mbah nanam sendiri dan satu kampung memang hobi berat makan petai...dari nasi goreng petai sampai semua sayur dan ikan dipetein hehehehe, untung suami sekarang dikasih petai nggak protes ihik....kerupuk jengkolhayu lancar ajah:)

belly pancasakti said...

hidup pete! :)
udah pernah coba kabau, Ci? dewanya keluarga pete-jengkol tuh..
waah.. yg ini lebih dari yg dua itu deh... termasuk 'jejak' yg ditinggal kan setelah menikmatinya..

Mimin _nih said...

emang disiram byk2 bisa ilang baunya mbak?
*suka mau muntah kl masuk kamar mandi bau pete*

yuke virlianti said...

kata Abah mertuaku minum B kompleks/ cocacola/ bikarbonas setelah makan pete biar ngga bau ... pete ngga bisa didefinisikan tapi dinikmati....

Dewi Joris said...

Ya ampun mbak Susi, ternyata penggemar petai berat ya hihihihihi....kita ada kesamaan dalam memilih jodoh yang ada hubungannya dengan makanan. Aku tuh penggemar bakso dan rujak. Waktu SMA pernah sakit hati karena cowok yang aku suka dan waktu kencan pertama ternyata mencela ke dua jenis makanan yang aku suka ini. Sampai pada akhirnya aku ketemu JJ, lha....waktu kami jalan bareng pertama kali makan siang sama temen-temen lain lha kok dia mesen rujak sama bakso katanya lagi nggak enak badan pengen yang seger-seger....waaa langsung deh samberrrrrrrrrrrrrrrrrrr kekekekekekekekekekeke...satu lagi JJ penggemar minyak kayu putih sama seperti diriku makanya cucokkk kali yaaaa

Ena Lubis said...

sekali lagi kukatakan... lebih baik makan lobak ketimbang petai... huaaaaaaaa.... ^_^

Ena Lubis said...

ini judule, cinta datang dari perut ya jeung... hihiihihihi...

ophoeng, jeh! said...

Kayu putih buat tambahan saus kecrotin bakso?

ophoeng, jeh! said...

Kabau? Baru dengar nih. Coba bikin cerita dan fotonya dong, biar yang lain pada tahu.

sherry andriani said...

stujuh....:))

sherry andriani said...

duh pete emang tiada duanya...teringat kalau dulu aku benci pete sampai sma kelas 3. Lalu dicekokin sama pacar saat itu yg doyan bgt pete..sampe mau muntah awal2nya...tapi emang niat "ngracunin" ya si mantan itu, saat itu dibikinin bbrp versi, pake dibikin perkedel kornet pete, atau digoreng dan dikecapin cabebwgtomat, terus deh samape aku bosen...sampe akhirnya, bbrp bulan kmudian jd kecanduan malah.....
malah yg tadinya doyan jengkol jadi ga terlalu fanatik lagi..btw mbak tau julang jaling ga? sejenis pete/jengkol dari lampung/palembang...atau kabau nama di palembang....duh itu enak nya ngelebihin pete deh..digeprak, goreng kering kayak kerikil dan dibaladoin..suamiku yg benci pete aja kalau makan itu nambah terus......btw aku makan pete jarang2 sekarang, takut pas mau ktemu sama org, paling sebulan 3x.....tapi emang enak yah...

evida kartini said...

sebenernya saya dari kecil paling gak demen sama yang namanya petai. tapi pernah, waktu pulkam ke padang, tinggal di rumah tante yang suami istri pada kerja. pas lg sendirian ditinggalin lauknya cuma nasi putih sama balado pete. itu petenya satu piring penuh dicabein tanpa lauk apapun. whoaaa...bingung banget kan. Mo gak dimakan ntar laper, ya udah terpaksa kudu dimakan. Ternyata oh ternyata uenaaaaakkk banget sampe kecanduan gitu.

Saya paling suka pete digoreng pake kulit2nya trus dicabein atau dicampur sama dendeng balado, wuiiihh bisa abis deh semua petenya sama saya :-p

Tapi, disini syusyaaaaaahhhhh dapetin petenya, hampir mustahal mustahil, huhuhu :-(

Mita Suntana said...

waaaaaaahhh jadi inget, dulu di kebon rumah kakek (alm) ada pohon pete n jengkol yang gedeeee banget! kalo lagi pada panen pete bisa dapet 5 runtui yang gede n jengkol sampe 3 karung (dari 1 pohon) sampe kadang pusing berhubung keluargaku gak terlalu suka ma pete n jengkol.. coba dah kenal saat itu yah, bisa dibagi2 deeeeeeeeeehhh

Susi . said...

hihi...gak terlalu mempan tuh kalo buat diriku...kalo suami sih, baunya cuma bentar...

Susi . said...

Udah bisa diambil kesimpulan nggak Oom Ophoeng? bahwa separo penduduk dunia adalah pemakan petai....hahaha

Yenny Syahbuddin said...

wah....klo aku malah lebih suka jengkol , klo pete sampai detik belum bisa masuk tuh..., beda klo rendang jengkol he..he..

Mita Suntana said...

aku sempet dapet kiriman dari cirebon, isinya kentang, pete n teri.. enaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkk

Lily Dewata said...

ternyata mb Susi ketemu jodoh gara2 pete ;-)
tp emang pete itu enak koq ...

Neneng Ceriwis said...

wuah... ceritanya romantis banget :D
dipersatukan oleh peuteuy...

ophoeng, jeh! said...

Hehehe... masih tunggu, belon semua contacts anda kasih suara votingnya tuh.

"Aaada Orin!" Orin! said...

Hihihihihiihihihihihihi....

Ezra Thadeus Karundeng said...

Hihihihi.......tosss dulu aaah sesama pemakan pete

yulia sekar said...

sesama penyuka peuteuy..dilarang menggangu...give me five...
susi konon katanya,anak anak sesekali emang kudu di kasih peuteuy,,biar jangan cacingan..

fitri bunda'nya double "A" said...

kalo masak sambel goreng atau lodeh, pasti aku kasih pete biar sedep ... cuma untuk memakannya, belom bisa ...

ophoeng, jeh! said...

Doyan juga, Yul?
Coba cup cake pake center fill-nya creme de la pethe, ijo-ijo warnanya, pasti seksye sekalee!

ophoeng, jeh! said...

Cacingan sih kagak, tapi uletan 'kali ya. Hehehe... peteuyna aya uleutna, jeh!

mamaiko - said...

Ha ha ha Mbak Lutcu abizzz,

yulia sekar said...

bener kali gitu ya pak..?hahaha...

belly pancasakti said...

gimana mau cerita & fotoin ya? pokoknya dahsyat dari berbagai aspek deh, rasa, sensasi dan jejak yg ditinggalkan, termasuk bikin kembung perut kalau makan kebanyakan. saya makan kabau terakhir sekitar 5-6 th yll, sampai sekarang belum ketemu lagi...whoaaa.. jadi mendadak ngidam kabau nih.
saya coba googling semalam, coba lihat di www.dusunlaman.net, disitu ada ulasan ttg kabau, yg emang khas sumatera banget.

va nukman said...

huaduh.
judulnya bikin aku makin kangen sama sang belahan jiwa yg juga suka makhluk ijo ini. huaaa....