Thursday, October 18, 2007

Ibadah Ramadhan Tio yang pertama

Meskipun Tio lahir di bulan Ramadhan 5 tahun lalu, tapi keinginan untuk berpartisipasi dalam menjalankan ibadah Ramadhan baru mulai tahun ini. Sebetulnya dari usia 2 tahun, Tio sudah dikenalkan dengan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan, misalnya Puasa (dari sahur sampe buka), tarawih, zakat dan tadarus; tapi baru tahun ini Tio mulai paham tentang puasa.

Peran ibu guru di sekolah juga sangat penting, sejak 2 bulan sebelumnya, murid-murid sudah diberitahu jika bulan Ramadhan sudah dekat. Jadi sejak jauh-jauh hari Tio sudah mempersiapkan diri untuk ikut berpuasa. Niat puasa dan doa buka puasa sudah diajarkan di sekolah. Saya nggak terlalu repot menjelaskan tentang puasa, karena Tio masih ingat tentang sahur dan buka, tapi tahun ini Tio bertekat untuk ikut puasa meskipun hanya sampai jam 10 saja. Karena melihat semangat Tio, maka sebagai Ibu yang akan mendampingi Tio beribadah, saya juga ikut menyiapkan diri, karena harus pergi ke mesjid menemani Tio setiap malam (soalnya ayah Tio lagi keluar kota awal ramadhan kemarin)

Akhirnya bulan yang ditunggu tiba, pada malam 1 Ramadhan, Tio tidur lebih awal supaya bisa bangun sahur. Jam 3 Tio sudah bangun, masih ngantuk, tapi semangat ikut makan sahur, soalnya kata ibu guru kalo puasa harus sahur dulu (hehehe..lebih nurut sama bu guru deh..)

Tio gak mau makan sayur, tapi cuma mau makan semur ayam sama kering kentang aja. Buat nambah seratnya, makan mangga sepiring, plus vitamin buat "dopping".

Karena anak sekolah di Indonesia libur di hari-hari awal Ramadhan, maka hari pertama puasa, Tio nggak sekolah. Habis sahur, saking semangatnya, Tio nggak tidur lagi, jadi aja terus belajar membaca Qur'an pake buku Iqro dan mengulang pelajaran sekolah. Udah beres, terus nonton jejak Rosul di televisi, trus pagi-pagi masih semangat ikutan ibu mencuci baju.

Tapi dasar anak kecil, jam 9 udah rewel....laper...katanya. Setelah ditahan-tahan, akhirnya jam 10 pagi buka deh. Tapi trus puasa lagi....sampe jam 2 hehe, soalnya jam 2 udah laper lagi. Jam 6 sih tetep ikutan buka, malah semangat, makan kolek pisang sampe 3 potong.

Malamnya, terus tarawih deh. Tahun ini tarawih Tio yang pertama di mesjid (tahun sebelumnya nggak bisa bawa Tio ke mesjid, soalnya mesjid yang deket rumah belum jadi).

Seperti biasanya, awal Ramadhan, mesjid penuh sesak, sehingga Tio kebagian tempat di pelataran mesjid. Mana angin lagi besar-besarnya pula, jadi saya mesti bekal baju hangat dan sarung, supaya Tio nggak keanginan. Selama 5 hari berturut-turut, angin kencang bertiup setiap tarawih, untungnya selepas seminggu, jumlah jamaah mulai berkurang, jadi akhirnya kami bisa tarawih di dalam mesjid. Tapi jangan harap Tio bisa ikut 11 raka'at lengkap, paling hanya 4 raka'at selanjutnya duduk nonton anak-anak SD yang kejar-kejaran di belakang mesjid atau.....akhirnya tidur kecapean. Tapi nggak apa-apa, yang penting Tio udah kenal tarawih.

Seminggu menjelang Idul Fitri, Tio ikut ayahnya bayar zakat di mesjid. Memang masih belum ngerti sih, tapi yang penting tau aja dulu, kalo sebagai orang muslim yang mampu, kita harus menyisihkan harta kita untuk fakir miskin.

Begitu deh sedikit cerita ibadah Tio....mudah-mudahan tahun depan bisa nambah waktu puasanya dan nambah raka'at shalat tarawihnya. Insya Allah.....

5 comments:

yusy sriwindawati said...

tapi Alhamdullilah yah udah ngerti en mau puasa juga....wah syukur banged sebagai Ortu-nya...

Susi . said...

Iya, mbak...Alhamdulillah mau belajar semuanya, puasa, tarawih dan tadarus....bayar zakat juga

molly maulina said...

hebat euy io..yg penting semangatnya yaa ..insyaAllah taun2 yang akan datang lebih hebat lagi deh ;)

Janti Cahya Purwadi said...

lutu ih dia pake baju biru...serba mini tapi pas ama badannya kecil...
hebattt...kalo dia mau ikutan puasa...

Three Little Pigs TLP said...

Salut sama Tio juga ibunya dong. Tahun depan semoga bisa lebih lamaan ya, puasanya. Lowell belum ikutan puasa. Tapi kalo solat (sama adiknya) udah ngerti/udah ikutan (kadang kadaaang..)