Wednesday, February 28, 2007

Lontong Kari Gg, Kebon Karet

Rating:★★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Jl. Oto Iskandar Dinata, Gg Kebon Karet Bandung
Lontong Kari di Gg. Kebon Karet (jualan sejak th 1966) ini memang ngangenin. Bagaimana tidak, soalnya Mama saya sudah kenal jajanan ini sejak bekerja di Deppen tahun 1974 yang kantornya hanya beberapa langkah saja dari situ.

Kayaknya sejak balita saya sudah diajak makan di situ. Trus, hampir setiap menjemput mama ke sana, pasti deh mampir dulu buat makan siang di situ. Favorit saya, lontong kari sama es campurnya.

Lontong karinya porsinya cukup, nggak terlalu besar, daging pake daging sapi, nggak alot. Rasa Karinya pas, nggak terlalu tajam dan pedas bumbunya, malah agak manis jika menurut lidah saya. Disajikan dengan taburan kacang kedele dan ditaburi emping.

Es campurnya betul-betul menjadi favorit saya…. Isinya sebetulnya biasa saja,terdiri dari potongan cingcau hitam, irisan kolang kaling, sagu delima, potongan kelapa muda sama alpukat. Yang membuat beda, es batunya nggak diserut tapi dikepruk, sehingga masih ada bongkahan2 es yang bisa dikunyah….. trus yang betulan membuat saya tersenyum adalah siraman susu kental manis coklat……Pada jaman itu kan nggak ada tukang es campur yang pake SKM coklat (karena saya nggak suka SKM putih)


Kadang kalo lagi nggak mau es campur, minumannya jus alpukat….hmmmm beneran beda, soalnya pake sirop mocca.


Sudah sekitar 10 tahunan nggak jajan di situ, soalnya kantor mama dipindah paksa ke jl. Sukarno Hatta oleh pihak PJKA. Kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi si lontong kari tersebut. Kunjungan ini betulan spesial, karena kali ini saya datang bersama suami dan anak……(terakhir ke sana masih mahasiswa)

Hmmmmm tempatnya nggak banyak berubah, betulan masih sama plek-plek sama ingatan saya sebelumnya. Cuma harganya sekarang jelas sudah mengikuti jaman, seporsi lontong kari harganya 7500, sedangkan kalo yang special (pake telor) 8000, es campur dan jus alpukatnya juga masih ada 5000 perporsi.

Saya betul-betul menikmati makan di sana, sambil termehe-mehe, inget masa lalu, saat makan di sana sama nini dan aki (sekarang dua2nya dah alm), sambil nunggu mama pulang…..

Puas rasanya, soalnya Tio dan ayahnya juga ternyata cocok sama rasa lontong kari. Malah Tio betul-betul menikmati es campurnya dengan alasan sama dengan saya……pake susu coklat dan bongkahan es batu yang bisa dikunyah……

Eh….ini review apa nostalgia……hehehe….nggak pa pa….review sambil sedikit nostalgia.

Lontong kari Gg. Kebon Karet ini sekarang dah buka cabang di mall BEC sama the Kiosk Setiabudi Supermarket.

Hehe…sampe lupa…..Gg Kebon Karet ini ada di jalan Oto Iskandar dinata, nggak jauh dari Gedung Pakuan(Gubernuran). Mungkin banyak orang lebih tau Kartika Sari jl Kebon Jukut…..nah nggak jauh lah dari situ.

Tips…..kalo mau langsung ke Gg. Kebon Karet, pasti susah cari parkir di situ….parkir saja di sebuah toko pembuat plakat yang ada di sebelahnya. Ada tulisannya kok……tempat parkir umum…..tinggal jalan dikit.

Slamat mencoba……

7 comments:

Bunda Estherlita Suryoputro said...

Mudik kemarin aku juga kesini....
karena waktu aku smp tahun 71 udah sering jajan disini....

cyjo beruang said...

Hiyaaa.. aku belom pernaaah... hahaha... :)

Edsel's Mum Chien said...

Jadi mau pulkam nih......... Entar pulkam cari Susi ya jadi tour guide.Met kenal ya .

Susi . said...

Hehehe.... ayo mbak Joice....ke bandung lagi.....

mau dianter?....mangga....

Ema Yudistira said...

wah ini mah kenangan ku jaman SMP.., kalo pulang dicoba lagi ach....

amut amut said...

Wadowww...kayanya enak nih...mana aku doyan banget lagi sama lontong kari...teteh, bikin acara kuliner khusus Bandung aja mirip kaya acara wisata kulinernya Pak Bondan hehe..:)

imgar imama said...

ini makanan sejak jadul.
skrg banyak cabangnya di berbagai fudkort. tetep enak dan mantabbb