Wednesday, August 19, 2009

Suap-suapan

Haaa....lupa gak dipublish.....harusnya dipublish bulan lalu gak pa pa deh...lebih baik telat daripada gak dipublish sama sekali

Emosi bikin produktif menulis.....hahahaha.....melampiaskan kemarahan kali yaaaa

Masih nerusin curhat yang kemarin-kemarin.....

Saya sejak dari jaman dulu kala suka dianggap aneh kalo pergi ngurus-ngurus ini itu sendiri.....kata temen saya, urusan birokrasi di Indonesia menghabiskan waktu....biar cepet....suap ajaaaa *tentu nyuapnya bukan pake nasi kuning tapi pake duit*

Siapa sih yang gak sendu....alias seneng duit....semua juga suka duit....tapi entah kenapa, dari dulu saya suka gak rela kalo uang saya harus dibayarkan buat suap sana suap sini.

Dari jaman harus bikin KTP dilanjutkan dengan SIM (kan bikin SIM harus punya KTP), semua beneran saya urus sendiri. Orangtua saya soalnya cukup ketat urusan suap menyuap ini....pantang katanya, bikin SIM pake nembak....coba urus sendiri, biar kamu tau susahnya dapet SIM.

Dimulailah perjuangan saya dengan bikin KTP, yang dimulai dengan bikin surat dari RT/RW, lanjut ke kelurahan, trus ke kecamatan. Bersyukur, kantor kelurahan dan kecamatan daerah saya letaknya gak terlalu jauh, tapi tetep aja, bikinnya memakan waktu berhari-hari, terutama di kecamatan....dengan alasan....camatnya rapat Emang rapat tiap hari gitu? tapi begitu jadi...puas banget rasanya, karena saya cuma keluar duit buat angkot saja, plus uang resi KTP...paling bayar uang cap buat kas RT/RW....yang itu sih saya ridho banget ngasihnya....wong RT/RW kampung saya kan memang tidak kaya.

Lanjut bikin SIM....sebetulnya saya bikin SIM barengan dengan rombongan dari sekolah mengemudi....berhubung sekolah mengemudi saya hanya sekolah mengemudi kampung (waktu itu terhitung di kabupaten, tapi alamat rumah saya kodya) akibatnya kami beneran bikin SIM yang mengikuti alur normal dari mulai pemeriksaan kesehatan, isi formulir, masuk ruang ujian, ujian praktek (mana dulu ujian praktek jauh banget....di Jl. A. Yani...sementara bikin SIMnya di Jl. Jawa) trus balik lagi dan antri buat difoto, lalu nunggu SIM jadi. Jadi hari itu seharian penuh saya bikin SIM, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

 Tapi sudahnya bangga banget punya SIM, karena beneran hasil perjuangan sendiri,gak pake suap-suap, yang pasti....saya dapet ilmu berlalu lintas yang benar,  dan beneran berguna saat saya beberapa kali ditilang serta ditabrak orang, karena saya paham hak saya, jadi beberapa kali lolos dari tilang, karena bisa mendebat Pak Polisi iseng, dan memaksa penabrak yang nakal mengganti kerusakan.


Trus urusan sekolah apalagi....dulu kan SD saya hanya SD sederhana di dekat sungai cikapundung yang kalo banjir, pernah bikin sekolah berlumpur selama berhari-hari. Dulu sih masuknya gak pake suap menyuap, karena memang siapa saja asal lulus tes (berupa pegang kuping kiri pake tangan kanan melewati puncak kepala), langsung diterima....gak perlu bisa calistung lagi...lagipula, usia saya waktu itu sudah 6 tahun 5 bulan....dianggap cukup umur masuk SD.

SMP dan SMA pun dilalui dengan lancar....soalnya masuknya pake sistem NEM, melenggang terus deh....bahkan kuliah.


Lulus kuliah.....wah....saya beneran disuruh ngelamar sendiri....bahkan ke kantor tempat papa saya kerja....soalnya kata ibu saya....kalo masuk kerja pake dibantu-bantu gitu, kapan bisa mandirinya. Cuma ibu saya melarang saya melamar kerja ke kantor beliau....karena....beliau sebagai Kepala Urusan Kepegawaian, tahu persis...parahnya urusan lamar-melamar pekerjaan di kantor beliau itu.....kalo bukan titipan pejabat, jangan harap diterima.

Tapi jangan harap karena ibu saya KaUr Peg....jadi ikut-ikutan terima suap juga...untuk hal tersebut, beliau cukup tegas....tidak terima suap-suapan deh....takut gak berkah katanya


Hahaha....kalo suap-suapan kayak foto di atas sih....mauuuuuu



35 comments:

Q s said...

ak... aaaak.. *mangap*

fery kathy orchidea mumtaaz said...

ayah tio sekarang gendutan yaaaa ?

fery kathy orchidea mumtaaz said...

ibutio, kacamata ayahtio miriiiip sama kacamata PakGendut dulu...

Susi . said...

*sumpel babah pake ricis*

Susi . said...

haduuuuhhh...memaaannggg.....sejak kerja jadi fasilitator, jadi gendut soalnya makan enak mulu kalo pelatihan-pelatihan :D

fery kathy orchidea mumtaaz said...

belom lagi ibutio jago memasak....

arie alina said...

:D.... suap menyuap kayak di foto maah.. asoy..

ophoeng, jeh! said...

Hehehe... di kantor pulisi selalu ada papan peringatan: Dilarang pakai Jasa calo. Tapi selalu ada saja godaan dari yang bisik-bisik: mau dibantu urusin gak? ;D)

Ema Yudistira said...

mau komen sm yg lg suap2an..., deeuuhhh jd inget tuhh...skrg disuap pake makanan tp yg bikin ibu tio.., papanya nunggu dihidangkan aja ya.hehehe

yohana halim said...

Mau dong di suap......ama kue ibutio...:P

wietski selaludihatimu said...

semoga makin banyak yang anti suap, amin

imgar imama said...

bikin sim kalo lewat calo itu suap juga gak ?

ninik harmini said...

Bener bgt mba uci..
semua kalo hasil jerih payah sendiri, jd lebih puass banget..

UmmiMia Mia said...

sip, enakan juga makan sendiri drpd disuapin

natnat thea said...

aw bu susi dan pak sonni...

yulianto yin said...

hiaaa...botonyaa hahahahaha....

Ida Wajdi said...

ayah dan ibu tio alay, ngahahahahaha

Siti Mulyani said...

suap suap lagi mau teh? heuheuee...sama rasanya ga rela yah ngasih even 10 ribu..disini fenomenanya kalo mau ngajuin pinjaman untuk syarat2 nya bikin permohonan ket gaji..(nyecep), ke koprasinya kalo goal nyecep.. ihh padahal itu uang kan pinjaman bukan hadiah dsb..parahnya itu menjadi biasa..cape dehhh

winda sri hartati said...

tapi klo lewat jalan rusa pake carnival mah acan tiasa yah? heuheuheuheu....

bikin ktp di kec. buah batu situ cepet lho, sehari udah jadi asal persyaratannya lengkap dan benar *bangga bikin ktp sendiri dot com

vierly juanita said...

Nice story... g jg sama apa2 disuruh ngerjain sendiri gara2 papaku anti suap2an. fotonya cucok bgt tuh ma ceritanya....hehehe

Linda Fitriwati said...

Jangan mau disuapin pake tangan kiri Ci hehehe. Saya juga mo cerita ttg suap2an masuk sekolah di Depok ah...

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

Secara umum sama teh, keluargaku juga anti suap-suapan, eksepsi untuk SIM ding....:D
So, sampe sekarang, aku juga risih kalo ada saudara/rekan/kenalan yang minta dicarikan orang dalam untuk daftar sekolah, kerja dsb, aku gak sanggup, secara aku dulu juga selalu pake jalur resmi....
Tapi alhamdulillah sekarang sejak era presiden SBY, kepolisian dan kantor layanan publik (kelurahan, kecamatan) tuh hebat, gak seperti dulu yang susahnya amit-amit, belum lagi punglinya.
Sekarang tanpa perlu suap-suapan, KTP dan SIM sehari selesai........

Dinar Ardanti CaraSehatAlaMe said...

iyah sayah juga demen suap2an .. cinta malah ;)

kusumariyadi junior said...

Ah jadi mau disuapin bakso :(

Coni Immanuel said...

suap menyuap udah budaya mendarah daging ibu Tio...
saya pas bikin SIM di sini juga dipersulit hehehe.

Yayi Poerwoko said...

eh itu potona butio yah?

TomInta Family said...

mun suapna huap lingkung mah resep nya Ci...unforgetable moment hehehe...

Yunita Caroline said...

aku bikin KK+KTP baru habis 150rb >.<
nitip ke RT-ku, jadinya 10hari...itu pake bonus ada salah entry data
jd kudu di ulang lagi...arggghhh

Agnes Tri Harjaningrum said...

haha fotonya lucu sus :-), duh soal suap, kemaren bikin SIM sukses ga pake suap, tp giliran nyetir di jakarta kena tilang hiks hiks maap kefefet, abis dah mau balik ke nl, akhirnya melayang deh goceng. beneran nih susah buat konsisten meuni tergantung sikon, payah deh diriku. Tp susi hebat! teruskan perjuanganmu nak hehe

blanthik_ ayu said...

*mangap sexy...nunggu disuap kapkeks butio* ekekekekekek

Di' the Wonderwoman said...

Acara suap-menyuap sih kalau pengalamanku urusannya sama sekolah. Tapi dulu ortuku anti suap-menyuap. Jadi dulu aku pernah apes, nilai2ku bagus karena jerih payahku, eh bbrp teman dapat nilai bagus karena bocoran dari guru yg mereka ikutan lesnya. Curang! Yah, suap-menyuapnya dalam bentuk ikutan les gitu.

Pas jaman kuliah semester 1 yg paling ngeselin kasusnya. Udah ujian capek2, mikir dgn susah payah, ditunggu2 nilainya, eh dosennya bilang kertas ujian bbrp dr kami dibuang pembantunya. Apa benar tuh? Terus bilang ke kami (lumayan banyak tuh yg kena hilang), kalau mau gerakan cepat "tahu sendiri lah bagaimana" atau yg memilih methode biasa, silahkan alias ujian ulang. Aku waktu itu sampai ikutan rapat bareng diajakin patungan nyari barang suapannya. Aku, terus terang nggak mau dan nggak sudi, toh bukan salahku kok kertas ujian kami hilang. Tapi bbrp teman nggak mau ujian lagi dan ngasih bbrp barang. Denger dari kawan, ada yg ngasih blackforrest ke si dosen dan dia dapat B (Blackforrest = B). Gimana kalau ngasihnya barnag yg diawali abjad A, bakalan dpt A dong. Aku dan segelintir teman ikutan ujian lagi dan dapat C saja. Sebel!

hilda purnamasari said...

hhehehee...suap ama nasi kuning aahh :) makasih teh Susi tulisannya

Peni Astiti said...

adeeeuuuhh!! sekarang masih suap-suapan kayak gitu, gaaaa? *aku mah ga ada adegan suap-suapan da ga pake upacara adat... hahaha*

ratna kurnia sari said...

Waduh mengenang masa lalu nieh ..... dulu suap2n sekarang gantian nyuapi anak ..... bapak nya ??? Nyuap sendirie..... wwkwkwkwwkk

Kumayl Abiyyu Akbar said...

dikira mau bahas kasus suap ijazah doktor di Jerman, ternyata bukan :-D

ibutio mirip sama kaka sepupu saya deh di foto itu. Orangnya bos bakul kue juga!