Wednesday, October 28, 2009

Suatu Siang di Kantor Sebuah Maskapai Penerbangan

Air Asia yang aneh....biasanya gak ada masalah buat bayar kartu kredit (karena memang harus bayar pake kartu kredit), eh.....mendadak kartu kreditnya ditolak. Katanya ada gangguan.....tapi kan repot, karena harus bayar manual di kantor perwakilannya.

Jadilah saya berangkat ke kantor perwakilan Air Asia....harus nunggu dulu karena masih 2 pelanggan yang sedang dilayani. Pelanggan pertama beres, nah....pelanggan kedua ini yang menarik buat dibicarakan

Tentu saja kedua orang ini menarik perhatian, karena mereka memakai seragam suatu instansi, tapi bukan seragamnya yang bikin menarik....tapi permintaan mereka pada Layanan Pelanggan yang membuat saya ingin ketawa sekaligus ingin menjitak mereka berdua. Begini kira-kira percakapan mereka :
Petugas Air Asia      : "Selamat siang, ada yang bisa kami bantu?"
Oknum pegawai        : " Selamat siang....begini, Mas....saya kan sudah pesan tiket untuk pulang pergi ke kota A, nah.....masalahnya di tiket ini kan tertulis saya pulang tanggal 1"
PAA                        : "Terus masalahnya apa, Pak?"
OP                           : "Masalahnya.....bisa nggak, tanggal kepulangan di tiket ini nanti ditulis tanggal 14?"
PAA                        : "Oh...maksudnya mau ganti tanggal kepulangan? bisa, Pak...hanya ada tambahan biaya sedikit"
OP                           : "Bukan itu maksud saya, saya tetap pulang tanggal 1, tapi, bisa tidak di tiket ditulis tanggal kepulangan jadi tanggal 14?"

Dueeeerrrr...... halah.....ternyata si oknum pegawai ini mau ngajak kolusi.
Huh....jadi pengen nimpuk beneran deh....kok bisa....pulang tanggal 1 minta ditulis tanggal 14....emang beli tiket bis antar kota apa? ini kan tiket pesawat....ada-ada saja. Eh....tapi biar ini tiket bis antar kota.....tetap gak boleh sembarangan mengganti tanggal begitu kan.

Itu antara tanggal 1 sampe 14 memang si bapak itu mau ngapain coba? kata teman saya....jangan berprasangka buruk ah......yeeee.....gimana gak berprasangka buruk, orang niatnya aja sudah buruk bukan? mau "menipu" tanggal begitu.

Yang jadi pikiran saya......itu bapak-bapak berdua, apa gak malu sama seragamnya ya? kok gak ada malu-malunya, berkolusi di depan umum begitu.

Atau memang orang sekarang urat malunya sudah putus semua?

Akhirnya memang kedua orang itu pulang dengan kecewa karena permintaannya ditolak....tapi.....sttt.....jangan bilang-bilang.....sebetulnya kan urusan pelaporan tiket air asia justru bisa diatur, karena tiketnya berbentuk e-ticket. Syukurlah kedua bapak itu gaptek....padahal, sebetulnya tinggal ganti saja tanggal kepulangan sebelum dicetak, toh tinggal ngeprint di rumah saja kan. Gak kebayang kan, kalo mereka canggih dalam urusan teknologi.....bisa-bisa harga tiket yang tercantum di e-ticket ini dimark up juga.

Sewaktu melayani saya, si petugas masih geleng-geleng kepala melihat kelakuan mereka...trus sedikit curhat, kalau hal ini sering terjadi di kantor mereka, apalagi para pegawai itu memang berasal dari instansi di gedung sebelah yang saat ini sering disorot media.

Yah....begitulah....kejadian itu membuat saya semakin tidak respek pada para pegawai berseragam itu, bagaimana bisa mereka menegakkan keadilan, kalo urusan tiket aja harus dimanipulasi segala.

Maaf....curhat gak penting banget beginilah....kalo setrikaan menumpuk....bukannya menyetrika malah online

43 comments:

  1. hehehehehe......hare gene..masih ngajak kolusi....malu lageee....hehehehe peace ahh

    ReplyDelete
  2. Dah, buruan tuh seterikaan dikerjain lagi.
    Awas ya, ntar tak lapurin (ke siapa ya?), ngakunya nyeterika, padahal mah OL oge tah!

    ReplyDelete
  3. lagi setrika ya ? boleh titip gak ? *gak nyambung*

    ReplyDelete
  4. *lempar Imgar pake sepatu ceko*

    ReplyDelete
  5. duh....lupa....harusnya direkam ya....hihihi....padahal instansi tersebut kabarnya jago dalam hal rekam merekam

    ReplyDelete
  6. gak ngaku-ngaku sedang nyetrika.....tapi malas nyetrika ini sih :D

    ReplyDelete
  7. kek nyah byk pns mental nyah kek gt, mb...
    org yg mb liat itu blm canggih ajah ;-D .. lha, temen aq yg pns crita mrk bs dgn gampang dpt tiket sesuai tanggal yg diminta, lengkap dgn boarding pass asli... padahal mrk ga pernah naek itu flight... *gubraaks*

    ReplyDelete
  8. hahaha..aya2 wae-nya sus...
    tp lucu juga sih..hehehe
    setrikaan mah kirim aja atuh ke dewa..lgsg bereess....

    ReplyDelete
  9. sekarang mah jauh ngambilnya....da Tio sekolah deket rumah sini....hoream macer-macetan ka buah batu :D

    ReplyDelete
  10. bu tio lagi nyetrika bapak2 itu ya? :D

    ReplyDelete
  11. kan justru karena mereka gaptek, jadi minta tulung sama petugas Air Asia... kalo mereka ga gaptek, ga perlu ke sana buat minta diubah tanggal, kan? hehehe....

    ReplyDelete
  12. Hahahaha jadi semakin pengin tahu instansi mana hahaha

    ReplyDelete
  13. Hahahahaaaa budaya ini memang sudah sekarat Bu. Indonesia harus mau maju membenahi bersama PRnya yang gini2 ini

    ReplyDelete
  14. lhoo..??? knapa ga ditimpuk beneran..?????? :D

    kalo ada aku, pastinaaaa tak timpuk beneran tuuuu... jiaaaahahahhahaha...

    ReplyDelete
  15. duh itu bapak2 ya ..
    gak malu sama pangkat
    sama baju
    sama keluarga
    udahgitu bodoh pula
    hahahahaha
    makanya pak jangan gaptek
    kalo saya yang jadi sekretarisnya sih semua bisa diatur pak ... hahahahaha untuuuuuungggg gak pernah punya boss kayak gitu

    ReplyDelete
  16. Udah gaptek, month kolusi pula, oalah...

    ReplyDelete
  17. aku mau reimburse tiket jalan2 kemaren aaaahhh... *cari maklum* :D

    ReplyDelete
  18. reimburse ke siapa? :D

    ReplyDelete
  19. padahal kenapa mereka gak lepas seragam dulu sebelum mempermalukan korps ya ?

    ReplyDelete
  20. Untung pegawai nya juga gak nakal.
    Ada temanku yg kerja di ticketing cerita kl ada "temannya" yang punya usaha "mengusahakan" perubahan jadual ampe mencetak boarding pass..duoooh....temanku juga cerita kl ticket2 bekas itu bs dijual, untung GA bisa laku 50-100rb, soal nama dan tgl yg berangkat bisa diganti....
    Dan katanya kebanyakan konsumennya ya yg suka pake seragam gitu....*miris*

    ReplyDelete
  21. proyek suka gitu, teh. uangnya kan suka gak cukup buat kegiatan (dipotongi pajak pula kan), misalnya pelatihan dengan pelatih dari tempat lain. kan pelatih dikasih honor, sesuai permintaan mereka, kan, sesuai keahlian mereka. tapi di project suka dikasih limit, yang biasanya seuprit banget (sesuai SK Menkeu). karena gak cukup buat bayarin si pelatih, dicarikan dari pos lain, lalu gitu lah, dinaikkan lah harga tiketnya, diperpanjang lah (pura-puranya) waktu pelatihannya. sometimes, me-mark-up sesuatu sama sekali bukan karena ingin ngambil duitnya, tapi karena kebutuhan.
    sama dengan pengadaan barang proyek. kita pesan sesuatu dengan spec jelas, pas nulis harga harus di-mark-up bisa sampai 100%, karena katanya harus membayar ini-itu lah. kalo kita mark-up-nya di bawah 40%, barang yang datang suka jauh banget di bawah spec yang diminta.

    ReplyDelete
  22. coba kalo teh uci yg ngadepin mereka. Kebayang tandukna kaluar hihihi...
    Kumaha damang teh Uci?

    ReplyDelete
  23. iya ada travel agent yang mau, tuh. dikasih fee, tentunya. makan uang gak bener deh.

    ReplyDelete
  24. Uci..abis enakan bergossip sih drpd nyetrika hahahha...nyetrika mah bisa di tunda yg penting curhat dulu mumpung masih hangatttt !! ^_^

    ReplyDelete
  25. mestinya elo rekam tuh Ci, terus kasih ke stasiun TV deh..^_^

    ReplyDelete
  26. bingung...buat apa tuh bapak mesti ganti2 tgl....

    ReplyDelete
  27. masih tanda tanya tuh bapak2 mau ganti tanggal dalam rangka apa tuh... niat baik ato niat buruk..duh semoga gak menimbulkan masalah deh

    ReplyDelete
  28. gaptek kok mau kolusi,bisa2 malah ditipu berabe dia..

    ReplyDelete
  29. gak apa2 bu tio . . jadi kita tahu bahwa adak kelakuan oknum2 yang gak jelas itu

    ReplyDelete
  30. Lagi mikir, ngapain ya diundur tgl tiketnya? Kan pulang tetep tgl 1? Mikir baeknya : oh, org bujet baru ngeluarin duit ganti per tanggal tertera. Tanggal 1 blm butuh duit, tgl 14 butuh duit.... Hahhhha

    ReplyDelete
  31. hahahaha....kok kalimat penutupnya gituh ? bikin ketawa aja niy mb Susi :))

    ReplyDelete
  32. hahhahahh , teh kepikiran selama tgl 1- tgl 14 mau ngapain aja yah ?? jangan2 ke istri muda kali xixiixixi halaahhh diperbuas ;))

    ReplyDelete
  33. Butio mau liburan kemana nih ? Oleh oleh ya

    ReplyDelete
  34. *** Habis geli & gemez baca postingan mbak Uci, lebih geli lagi baca komen Teh Syanti - yg akhir2 ini sering posting status gemez ttg masalah teman makan teman , jadinya sekrang berkomentar ttg istri muda...hiaaaa

    Pizz Teh Tie...

    ReplyDelete
  35. waduuh, syerem amiirrr :(

    ReplyDelete
  36. udah sono nyetrika aja, butiooo, kekekeke

    ReplyDelete
  37. ehehhe kali ya itu biar dikira masih masuk kantor ampe tgl 14 tp sebetulnya udah wes2 tgl 1....

    ReplyDelete
  38. aiiih cam macam sajah....

    ReplyDelete
  39. Hahaha... gaptek mau nipu xixixixi...

    ReplyDelete
  40. kenapa cari maklum? kan yang biasa reimburse itu rahib
    hahahahaaaaa

    ReplyDelete
  41. jadi begini ya.....on line melulu...kapan nyetikanya ..hehehhe piss ah...ps: teh kamana wae....

    ReplyDelete
  42. tuh nya pengalaman ga enak lagi sm airasia, saya waktu itu cm telat cek in sejam sebelumnya ga bole terbang..dasar geblek.. kan masi bisa lari :(

    ReplyDelete